26 February 2015

Martabak Manis

©indahprimadona

Sudah lama gak makan martabak manis, sejak pindah ke Jepang. Maklum disini gak ada tukang martabak hehehe. Eh nemu resep martabak manis di blog Ummu Fatima, dan kayaknya gak terlalu susah bikinnya, jadinya nyoba deh. Tapi aku bikinnya cuma pake wajan anti lengket biasa, daaaan tidak ada tutupnya, ya sudahlah yang penting coba dulu aja.

©indahprimadona

Bahan:
250 gr tepung terigu
75 gr gula pasir
2 butir telur
350 ml susu cair (bisa pake santan)
1 sdt ragi instan
garam secukupnya

Olesan:
Margarin

Taburan:
Gula secukupnya
Meses

Cara membuat:
  • Campur semua bahan jadi satu, lalu kocok dengan mikser kecepatan rendah sampai rata, diamkan selama 30 menit
  • Panaskan wajan, lalu tuang adonan ke dalam wajan, masak dengan api kecil saja.
  • Ketika pinggiran mulai mengering dan muncul lubang-lubang, taburi gula.
  • Setelah bagian atas mengering, angkat martabak dan letakkan di piring datar.
  • Bagi dua martabak, berbentuk setengah lingkaran, lalu olesi margarin selagi panas.
  • Taburi meses lalu tumpuk
  • Potong kecil-kecil
©indahprimadona

Aku pakai meses buatan Jepang, dan menurutku mesesnya kurang manis, lebih enak menggunakan meses merek Indonesia, kebetulan stok meses Indonesia lagi habis jadi beli meses di supermarket. Tapi suamiku bilang sudah pas kok manisnya, mungkin karena makannya sambil ngeliatin aku ya hehehe *gubrak*.

Happy cooking ^_^



post signature

14 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. hahahaha..bisa bisa^^
    aku juga suka sama resepnya ummu fatima,simpel bangetttt^^

    ReplyDelete
  2. Bisa ya pakai wajan anti lengket yang biasa. Kapan-kapan saya coba deh, anak-anak dan suami suka nih sama martabak manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa mbak, apinya kecil aja biar gak gosong
      selamat mencoba ya ^_^

      Delete
  3. Huaaa ngeliat ini jadi ngiler beneran Mbak. Duhh pinter masak pisan euy. ^O^
    Aku dulu sama ibuku bikin tapi gagal hasilnya. Sedih. Kok bisa bantat ya punyaku? :#
    *bantat: padat mengeras

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini aku juga baru belajar kok :D
      mungkin bisa langsung tanya ke ummu fatima :)

      Delete
  4. Wah, terima kasih mbak resepnya ^^

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. sering-sering masak aja mbak nanti lama-lama pasti bisa
      aku juga baru belajar kok ^_^

      Delete
  6. Keliatan enak mbak martabaknya :D
    Senengnya tinggal di Jepang :" Pengen suatu hari ke sana :"
    Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali
      ayo mbak maen ke sini nanti aku bikinin martabak :D

      Delete
  7. salam dari Surabaya untuk negeri Jepang di sana. ^.^
    wah, menyenangkan bisa di Jepang, juga pingin bisa ke sana :D
    dan untuk martabaknya, bisa ditambahkan ke resep nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali :)
      mudah-mudahan suatu saat bisa kesini ya ^_^

      Delete