13 February 2015

Crochet Doily

©indahprimadona

Aku suka banget bikin crochet doily, karena rata-rata bentuknya kecil jadi cepet nyelesainnya. Selain itu motif-motif untuk membuat doily juga cantik-cantik dan bermacam-macam. Pola doily sangat cocok untuk para pemula yang baru belajar crochet.

Untuk doilyku kali ini, polanya aku ambil dari salah satu buku rajut Jepang yang khusus berisi pola-pola doily. Aku pilih pola yang ini karena bentuknya yang seperti bunga. Pola ini tergolong mudah bagi para pemula.

©indahprimadona

Doily biasanya digunakan sebagai taplak meja, tapi biasanya untuk yang berukuran besar. Kalau doily kecil seperti ini untuk meja kecil disamping tempat tidur, atau meja kecil di teras rumah. 

©indahprimadona

Rata-rata doily dibuat menggunakan benang lace yang berukuran kecil dan jarum crochet yang khusus untuk benang lace. Biasanya banyak dibuat dengan menggunakan warna putih atau broken white, tapi aku suka yang lain dari biasanya hehehe. Aku suka menggunakan warna-warna yang cerah atau warna pastel seperti doilyku ini. Tapi usahakan menghindari warna benang yang sembur atau benang yang sudah warna-warni karena bisa mengalihkan perhatian, nanti malah fokus ke warna benangnya sehingga motif cantiknya jadi tidak terlihat.



post signature

12 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. cantiik.... aku jarang bikin doily, padahal kalo udah jadi hasilnya bisa cantik banget ^ ^

    ReplyDelete
  2. Cantik banget mbak!
    Dulu ibu saya juga suka bikin seperti ini, saya bisa karena diajari ibu :)
    tapi saya blom pernah coba pakai benang lace... seringnya benang siet/wol ya? saya buat tas, sweater..

    Liat karya mbak jadi pengen ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau dulu banyaknya pake benang wol...ibuku dulu juga ngajarin pake benang wol
      kalo sekarang sudah banyak macem benangnya :)

      Delete
  3. Keren banget Mak ^^ Bagusss. Warnanya soft dan nyenengin.
    Aku bisa merajut tapi cuma abal-abal. Gak bisa baca pola :D:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)
      hehehe kalo sering-sering praktek pasti bisa bikin yang bagus mak ^_^

      Delete
  4. mbak klo boleh di share patternnya doily mba hehehe

    ReplyDelete