25 December 2016

5 Postingan Paling Populer Tahun 2016 di www.indahprimadona.com

5 Postingan Paling Populer Tahun 2016 di www.indahprimadona.com. Tidak terasa sebentar lagi sudah masuk tahun 2017, bagaimana resolusi di tahun 2016? Dan akhir tahun begini biasanya sudah mulai memikirkan apa rencana atau keinginan yang ingin dicapai di tahun depan. Untuk memudahkan membuat resolusi tahun berikutnya, sebaiknya sih kita melihat apa saja pencapaian kita di tahun ini, jadi kita bisa membuat rencana yang benar-benar matang.

Untuk membuat resolusi atau cita-cita bagi blog ini di tahun berikutnya, aku mau flash back dulu postingan-postingan di blog ini yang banyak diminati selama tahun 2016. Di tahun ini memang jumlah postingan di blog ini tidak terlalu banyak. Bisa dibilang tahun ini sepi postingan, bisa posting sekali seminggu saja sudah bersyukur. Karena di awal tahun aku pindah kembali ke Indonesia, jadi lebih fokus mengurus pindahan daripada mengurus blog. Dan kehidupan di Indonesia juga masih adaptasi, terutama ritme kegiatan sehari-hari, jadi blog masih belum terpegang sepenuhnya. Diantara postingan yang tidak banyak itu, ada 5 postingan yang memiliki view paling banyak selama tahun 2016 ini.

postingan paling populer tahun 2016, postingan terpopuler 2016, postingan terhits di 2016, populer tahun 2016, www.indahprimadona.com


5 Ide Crochet untuk Manfaatkan Benang Sisa


Postingan ini berisi ide-ide crochet yang bisa dibuat hanya dengan menggunakan benang-benang sisa. Bagi yang hobi merajut pasti punya banyak kumpulan benang-benang sisa, kalau dibuang sayang tapi kalau mau digunakan untuk membuat project yang besar tidak cukup.

Di postingan ini aku memanfaatkan benang sisa yang aku miliki untuk membuat karya-karya yang bisa dipakai sehari-hari, seperti bros, pembatas buku, dan coaster. Jadi benang yang menumpuk itu bisa berkurang dan menghasilkan karya yang bermanfaat.


postingan paling populer tahun 2016, postingan terpopuler 2016, postingan terhits di 2016, populer tahun 2016, www.indahprimadona.com

Review Brush Pen untuk Lettering


Di tahun 2016 ini aku juga mulai belajar lettering, terutama lettering menggunakan brush pen. Aku penasaran mencoba berbagai macam jenis dan merk brush pen. Ternyata yang mau belajar lettering tidak sedikit lho, jadi aku membuat review tentang brush pen yang aku gunakan.

Setiap brush pen memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing. Ada yang brushnya lentur dan ada yang kaku, ada yang ukurannya besar dan ada yang kecil. Bagi yang baru memulai belajar lettering dan masih bingung mau membeli brush pen yang mana, bisa membaca review ini sehingga tidak salah membeli brush pen yang harganya tidak murah.

postingan paling populer tahun 2016, postingan terpopuler 2016, postingan terhits di 2016, populer tahun 2016, www.indahprimadona.com

Introduction to Lettering


Postingan ini merupakan panduan untuk yang mau belajar lettering. Di sini aku menjelaskan tentang apa itu lettering, dan apa yang bisa dihasilkan dari belajar lettering. Postingan ini termasuk yang banyak dilihat, berarti memang banyak yang tertarik dengan seni lettering ini.

Di postingan ini aku bahas apa saja yang harus dipersiapkan atau alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk belajar lettering, terutama brush pen lettering. Ini postingan awal banget dari series lettering yang aku tulis di blog, dengan harapan bisa membantu kamu yang ingin belajar dan mendalami lettering.

postingan paling populer tahun 2016, postingan terpopuler 2016, postingan terhits di 2016, populer tahun 2016, www.indahprimadona.com

Basic Brush Lettering Tutorial


Masih dari series lettering, postingan ini berisi tentang dasar-dasar memulai belajar lettering. Belajar lettering itu tidak dimulai dari huruf, tapi dari basic stroke, yang nantinya akan digunakan untuk membentuk huruf-huruf.

Di sini aku menjelaskan tentang basic stroke yang bisa kamu pelajari, untuk latihan melemaskan tangan dan membiasakan tangan dalam memegang brush pen. Supaya tidak bingung mengikuti latihan yang aku paparkan, aku juga menyelipkan video tutorial basic stroke yang bisa kamu lihat dan mempermudah praktek.

postingan paling populer tahun 2016, postingan terpopuler 2016, postingan terhits di 2016, populer tahun 2016, www.indahprimadona.com

5 Tradisi Tahun Baru di Jepang


Postingan ini pas sekali dengan tema tahun baru yang akan segera datang. Kamu bisa membaca apa saja sih yang dilakukan masyarakat Jepang dalam menyambut tahun baru. Biasanya tahun baru identik dengan acara yang meriah kan, seperti kembang api. Tapi masyarakat Jepang tidak melakukannya.

Selama aku tinggal di Jepang, tahun baru itu ya sama seperti hari-hari biasanya. Tidak ada pesta kembang api atau acara yang berlangsung sampai pagi. Jadi mereka ngapain aja sih kalau pergantian tahun? Baca postingannya ya biar tidak penasaran.

postingan paling populer tahun 2016, postingan terpopuler 2016, postingan terhits di 2016, populer tahun 2016, www.indahprimadona.com

Kalau dilihat dari postingan yang paling popular di atas, memang sebagian besar bertema hobi atau craft. Ya memang aku suka craft, jadi kalau menulis tentang craft pasti lebih detil dan lebih maksimal. Karena itu bagi kamu yang mau membuat blog, tulislah apa yang benar-benar kamu sukai ya. Dan kalau aku lihat postingan dari tahun-tahun sebelumnya pun, postingan yang bertema craft memang memiliki lebih banyak view daripada postingan bertema lainnya.

Satu tulisan popular lainnya bertema travel, yaitu tentang Jepang. Negeri matahari terbit ini memang jadi idola sebagai tempat wisata yang ingin dikunjungi, karena itu banyak yang ingin tahu tentang apa saja yang berhubungan dengan negara ini. Semoga saja ada kesempatan lagi berkunjung ke Jepang, jadi bisa membuat tulisan lagi yang berhubungan dengan tempat wisata yang ada di Jepang. Doakan ya ^^.

Dari flash back ini bisa disimpulkan bahwa pembaca yang berkunjung ke blog ini lebih banyak membaca postingan bertema craft atau hobi. Karena itu untuk tahun depan mungkin postingan dengan tema ini akan lebih banyak muncul. Aku masih mau meneruskan series lettering, mungkin akan mulai belajar menulis huruf dan menulis kata atau kalimat. Atau mungkin kamu punya request bahasan untuk tema lettering?

Untuk tema kerajinan lain seperti merajut, akan tetap ada karena memang ini yang paling banyak dicari. Atau aku bikin series khusus untuk belajar merajut ya? Kira-kira ada yang berminat? Sebenarnya sudah lama direncanakan tapi belum terealisasi.

Tema lain yang mungkin akan tetap ada yaitu tema yang berhubungan dengan blogging. Karena masih ingin terus belajar ngeblog, dan juga berbagi ilmu blogging dengan yang lainnya. Bukan membahas hal-hal yang rumit sih, karena aku juga baru tahu sedikit, yang sederhana saja, yang bisa diterapkan oleh siapa saja. Kalau membahas kode-kode HTML itu sudah banyak ahlinya, aku pun belum paham, jadi yang mudah dipahami saja ya, terutama buat para ibu-ibu blogger.

Harapannya sih tahun depan blog ini lebih banyak isinya, lebih banyak jumlah postingannya dari tahun ini. Aamiin. Semoga yang menulis juga selalu diberi kesehatan, jadi bisa memberikan ide-ide tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca. Dan semoga pengunjung blog ini juga semakin banyak, dan semakin bertambah ilmu dan pengetahuannya setelah membaca postingan-postingan di blog ini. Aamiin. Kalau kamu, apa harapanmu di tahun depan?

Happy New Year ^^




27 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. kenapa kalau BW ke blog perempuan itu saya suka terkesima sama desainnya dulu ketimbang tulisannya ya... =) bukan berarti tulisannya nggak menarik, cuma gambarnya suka eye catching lebih dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena perempuan itu selalu memperhatikan penampilan ^^

      Delete
    2. Iya ya. Kalau urusan desain, blogger perempuan desainnya ketce semua yah. Kadang bikin pangling kalau udah berkunjung ke blog perempuan. Selalu ada sesuatu yang memukau pengunjung blognya.

      Delete
  2. Wahh saya jadi berkaca ke blog sendiri, kalau punya nya Kaka ke craft, kalau saya beragam mbak, memang blog saya cuma punya 2 tema, review dan tips, direview ada sederetan yg populer, yg tips juga begitu terutama tips2 berbau personal.

    Tahun depan saya mau mAntapkan branding di review biar makin banyak dapat uang sampingan

    ReplyDelete
  3. Semua postingan populer kakak rapi dan cara menjelaskannya santai. Jadi enak dibaca. Pantas aja populer. Hehe.

    ReplyDelete
  4. semoga tahun dpn bisa lebih semangat ngeblog lg ya mba :) jd pengen cek jg postingan terpopuler tahun ini hehehe

    ReplyDelete
  5. Hmmm, lihat judulnya jadi penasaran. Orang pada bikin posting populer 2016. Semacam kaleideskop gitu yak. Keren.

    ReplyDelete
  6. image untuk judul posting..keren2 yah.... hurufnya bagus-bagus...

    ReplyDelete
  7. Memang ya mbak, postingan yg ramai biasanya yang kita banget. Soalnya nulisnya jauh lebih detil jadi rasanya pun lebih tersalurkan hihi

    ReplyDelete
  8. Semoga apa yang diharapkan tercapai, Aamiinn
    Sama bunda, harapku ke blogku juga semoga jumlah postingannya lebih banyak dari tahun ini ,terus pengunjung blog juga semakin banyak, ^^

    wahh bunda indah, aku jadi terinspiasi juga buat postingan kayak gini ehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin terima kasih doanya mbak Dwi, semoga mbak Dwi juga ya ^^

      Delete
  9. Aaah belum bisa buat hal yg sama..wong baru ngeblog aja bulan Oktober :D wkwkwk....
    Suskes ya kak :)

    ReplyDelete
  10. Saya dulu suka merajut (crochet) mbak nggak dipungkiri kalo pas googling sering nyari artikel tentang crochet. Jadi memang bisa dibilang tulisan tentang kerajinan crochet banyak diminati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga sampe sekarang masih suka cari artikel tentang crochet ^^

      Delete
  11. semoga sukses terus ngeblognya

    ReplyDelete
  12. Wahh saya jadi berkaca ke blog sendiri, kalau punya nya Kaka ke craft, kalau saya beragam mbak, memang blog saya cuma punya 2 tema, review dan tips, direview ada sederetan yg populer, yg tips juga begitu terutama tips2 berbau personal.

    Tahun depan saya mau mAntapkan branding di review biar makin banyak dapat uang sampingan

    ReplyDelete
  13. kak,aku suka sekali tulisan kakak ini.

    ReplyDelete