07 June 2016

Introduction to Lettering

Introduction to Lettering. Sejak akhir tahun 2015 lalu, aku mulai belajar hand lettering, setelah melihat karya-karya  master lettering di Instagram. Hand lettering itu merupakan seni menulis indah, atau yang biasa kita kenal dengan kaligrafi, tapi lebih mengarah ke kaligrafi modern, yang tidak kaku harus mengikuti aturan-aturan kaligrafi. Karena namanya hand lettering, sudah pasti pengerjaannya menggunakan tangan dengan media pensil, pena, kuas atau yang lainnya.

memulai lettering, lettering untuk pemula, basic lettering, lettering for beginner, www.indahprimadona.com


Kalau di luar negeri, kaligrafi modern ini biasanya digunakan untuk keperluan pernikahan, seperti menulis alamat pada amplop undangan. Iya alamatnya ditulis tangan, dengan tulisan berukir indah. Mungkin di Indonesia tidak ada kebiasaan seperti ini, jadi lettering atau kaligrafi ini digunakan untuk keperluan lain seperti untuk membuat kartu ucapan, atau menulis quote yang disukai dan dijadikan penghias dinding.

Aku belajar lettering secara otodidak dengan melihat tutorial yang banyak bertebaran di dunia maya, terutama Instagram. Salah satu letterer yang aku ikuti yaitu Sharisse dari Pieces Calligraphy. Sharisse mengajarkan lettering untuk pemula melalui video tutorialnya di youtube. Aku mengikuti tutorialnya dari awal, dan ternyata tidak semudah yang dilihat, hehehe.

Untuk memulai belajar lettering, tentu saja kita harus punya peralatannya, yang paling penting yaitu pena dan kertas. Aku belajar lettering menggunakan brush pen, karena waktu tinggal di Jepang, brush pen ini mudah ditemui.

memulai lettering, lettering untuk pemula, basic lettering, lettering for beginner, www.indahprimadona.com

Pena

Seperti yang aku bilang tadi, pertama kali aku belajar lettering, aku menggunakan brush pen, atau pena dengan ujung berbentuk brush atau kuas. Kalau di Jepang, pena seperti ini banyak ditemui, karena mereka sering menggunakannya untuk membuat kartu ucapan, menulis dengan huruf kanji. Bahkan di sana juga ada pelajaran menulis kaligrafi kanji, dengan menggunakan kuas dan tinta khusus.

Brush pen ini adalah pena dengan ujung berbentuk kuas, dan sudah memiliki tinta di dalamnya, jadi lebih mudah dan praktis penggunaannya. Untuk macam-macam brush pen yang aku gunakan akan aku posting tersendiri. Cara menggunakannya hampir sama seperti menggunakan pena biasa, tapi untuk memudahkan mengendalikan pena ini, pegang pena agak ke tengah, tidak seperti memegang pena biasa yang dipegang mendekati ujungnya.

Selain itu, pegang pena dengan posisi yang miring, karena ujungnya berbentuk kuas, jadi kita ingin menulis dengan bagian pinggir kuas, untuk mendapatkan efek tebal dan tipis. Tapi ada beberapa letterer yang aku lihat memegang pena dengan cara yang sama seperti memegang pena biasa, jadi sesuai kenyamanan masing-masing saja. Ketika baru belajar lettering, sebaiknya membiasakan memegang pena terlebih dahulu, karena kuncinya adalah bisa atau tidaknya kita mengendalikan pena yang kita pegang.

memulai lettering, lettering untuk pemula, basic lettering, lettering for beginner, www.indahprimadona.com

Aku juga perlu waktu lama untuk berlatih memegang pena ini, jadi jangan menyerah ya. Cari cara memegang pena yang nyaman menurutmu. Ketika sudah bisa mengendalikan pena, proses belajar lettering akan lebih mudah.

Kertas

Kertas juga peralatan penting dalam lettering, mau menulis dimana kalau bukan di kertas, kan? Karena proses belajar pasti memerlukan kertas yang banyak, jadi gunakan kertas atau buku yang ada saja dulu, bisa kertas bekas atau buku yang sudah tidak terpakai.

Untuk memudahkan, gunakan kertas yang bergaris atau kertas polos yang digaris terlebih dahulu. Kenapa harus kertas bergaris? Supaya ketika menulis, kita bisa meletakkan huruf-huruf di posisi yang pas, jadi huruf-huruf tersebut akan terlihat rapi. Aku lebih suka menulis dengan kertas kotak-kotak, jadi bisa memperkirakan seberapa besar huruf yang dibuat.

Kalau punya dana lebih, mungkin bisa menggunakan kertas yang lebih bagus, seperti Rhodia yang sering digunakan para letterer. Tapi memang harganya lebih mahal, aku punya buku Rhodia berukuran kecil, aku beli seharga 300 yen atau sekitar 30.000 rupiah. Kertasnya memang lebih tebal, permukaannya halus dan cepat menyerap tinta.  Tapi semua kertas sih sama sebenarnya, pilih kertas yang tebal sekitar 80 gr, dan yang halus permukaannya.

memulai lettering, lettering untuk pemula, basic lettering, lettering for beginner, www.indahprimadona.com

Kalau sudah punya peralatan dasarnya yaitu pena dan kertas, bisa mulai belajar lettering dong. Yuk belajar bareng di tutorial lettering berikutnya.


Happy lettering ^_^


44 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Aiihh mba..itu tulisan tanganmu ya? cakep

    ReplyDelete
  2. Wow, cantik mbak. Ditunggu post khususnya ttg brushpen ini ya, seandainya bisa kasih info harga sekalian ^__^

    ReplyDelete
  3. Rapi bgt... saya mah ngeprint aja deh :D

    ReplyDelete
  4. aku juga suka lettering, tapi ngga pernah "secantik" lettering dikau dan emak gaoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah gak percaya :D, aku juga ngefans sama emak gaoel ^^

      Delete
  5. Pen brush ada di tobuk gramed gak ya,Mba?
    Saya baru liat yang namanya pen brush.

    ReplyDelete
  6. Suka ngiriiii kalau lihat orang bisa lettering Mbakkk..

    Dari dulu kata-teman-teman sih tulisan saya bagus dan rapi, cuma kalau udah urusan tulisan indah (ada kan pelajarannya dulu di sekolah?) saya nyerah.. susyaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba dulu mbak irly, sama sebenernya kayak pelajaran di sekolah dulu ^^

      Delete
  7. bagus mba, bisa jadi kegiatan asik saat Ramadan nih :)

    ReplyDelete
  8. Butuh kesabaran dan pantang menyerah dalam belajar seni menulis ini ya, mbak Dona. Saya sering melihat film Jepang dan menulis begini sering juga tampak pada film tersebut. memang sangat indah dan rapi ya, padahal menulisnya pakai kuas dan tinta, harus hati-hati karena kalu salah nggak bisa dihapus :)

    Kalau saya sih entahlah, nggak sabaran orangnya hihi. Sukses buat mbak Dona dan letteringnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kaligrafi kanji lebih susah menurutku, banyak aturannya

      Delete
  9. Kebanyakan ngetik, jarang latihan tulis tangan, akhirnya tulisan tangan saya lebih jelek dari tulisan para pembuat resep (tidak terbaca semua) ya, lebih mirip bekas tapak ceker ayam kali, hihi....

    ReplyDelete
  10. Akkkkk kereenn swlaluu dan rapiih

    ReplyDelete
  11. aihhhh mbak kembangkan terus bakat mu mbak, tulisannya cantik secantik blog dan orangnya

    ReplyDelete
  12. Lettering, hmmm kemudian keinget jamannya SD waktu kita dikenalkan tulisan latin. Dan semuanya kudu punya buku halus, istilah untuk buku kotak-kotak. Yang fungsinya persis seperti mba Donna paparkan di atas.

    Dan saya paling sukaaa pelajaran itu hahaha, duh kalo mampir ke sini bikin ngiler bawaannya pengen nyoba lagi. Tapi oh tapi, niat itu pada ngumpet ke manaaaa yak >.<

    ReplyDelete
  13. hand lettering, seni tulis yg indah jadi kepingin bisa berkreatifitas

    ReplyDelete
  14. wah kukira tempelan hihi.. bagus.
    jadi ingat dulu pernah belajar kaligrafi arab sampai beli pena khot dan tintanya dalam botol kaca

    ReplyDelete
  15. Lettering ini cocok ya mb kalo misal mau nulis kartu ucapan via tulisan tangan ndiri

    ReplyDelete
  16. Rapih banget mba tulisannya. Kalo saya pernah sok-sok-an lettering pake pulpen waterproof, hasilnya mlebermleber :DDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kertasnya kurang menyerap tinta mbak, kualitas kertas pengaruh lho ^^

      Delete
  17. Baru pertama main kesini dan aku terpesona sama layoutnya.. cakep-cakep banget..
    Ajarin aku lettering dong, mbak. hehee :D

    ReplyDelete
  18. kirain lettering itu modal tulisan tangan yang bagus aja,, ternyata ada tekniknya juga yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku dulu juga ngira gitu, bahkan sering niruin tulisan orang biar mirip, ternyata bukan gitu >_<

      Delete
  19. kreatif bgt ya tulisan tangan nya Mbak .....

    ReplyDelete