02 November 2016

[Review] Brush Pen untuk Lettering

[Review] Brush Pen untuk Lettering. Awal mula aku mengenal brush pen lettering yaitu ketika aku masih tinggal di Jepang, kurang lebih setahun yang lalu. Sebelum mengenal brush pen lettering, aku tidak pernah tahu apa itu brush pen, yang aku tahu hanya pena biasa untuk menulis. Brush pen itu adalah pena seperti pena pada umumnya, yang membedakan hanya bagian ujungnya saja yang berbentuk seperti kuas, jadi sudah ada tinta di bagian dalam pena. Menurutku lebih praktis menggunakan brush pen daripada menggunakan kuas biasa, karena tidak perlu repot menambahkan warna pada kuas setiap saat.

Tahu kan kalau di Jepang menggunakan huruf kanji? Dan untuk keperluan tertentu seperti menulis kartu ucapan, mereka menggunakan kuas bahkan brush pen untuk menulis huruf kanji. Jadi brush pen ini sangat mudah ditemukan di toko-toko stationary di Jepang. Ini merupakan satu keuntungan buatku yang waktu itu baru belajar brush lettering, bisa mendapatkan brush pen dengan mudah dan dengan harga yang murah. Karena ketika baru belajar brush pen lettering ini, kita akan sering menggunakan brush pen untuk latihan, dan tidak jarang bisa merusakkan brush pada pena. Jadi rasanya sayang kalau harus membeli brush pen yang mahal.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com


Aku belajar brush pen lettering dengan melihat akun-akun instagram para letterer, kebanyakan berasal dari Amerika. Dan rata-rata mereka menggunakan brush pen merk Tombow, merk Jepang sebenarnya. Sebagai pemula, aku juga pengen dong menulis menggunakan brush pen yang digunakan para letterer itu, sehingga aku hunting bermacam-macam merk brush pen untuk membandingkan hasilnya.

Tombow

Tombow ini merk alat tulis yang berasal dari Jepang, yang sering kita jumpai biasanya penghapus atau corrector pen merk Tombow. Merk ini banyak dijumpai di toko-toko stationary di Jepang, pastinya dong. Ada dua macam brush pen merk Tombow yang aku punya, Fudenosuke (hard tip dan soft tip) dan Dual Brush Pen.

Tombow Fudenosuke ada dua macam, hard tip dengan ujung brush yang kaku dan soft tip dengan ujung brush yang lebih lentur. Aku membeli brush pen ini di supermarket dengan harga sekitar 300 yen atau 30.000 rupiah. Aku lebih suka menggunakan fudenosuke yang soft tip, karena ujung brushnya yang lebih lentur sehingga lebih mudah membentuk garis tipis dan tebal yang kontras. 

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com
  • ujung brush kecil
  • tekstur brush kaku
  • cocok untuk pemula
  • hanya tersedia warna hitam
  • hasil tulisan kecil

Tombow Dual Brush Pen adalah pena dengan dua ujung, yang satu berbentuk brush dan satu lagi berbentuk fine tip. Ukuran pena ini lebih panjang daripada pena pada umumnya, dan ini yang membuat aku agak canggung ketika pertama kali menggunakan pena ini. Brush pen ini yang sering digunakan oleh para letterer di instagram, dan beberapa di antara mereka adalah brand ambassador merk ini, disponsori oleh Tombow Amerika, dan tentunya mereka punya koleksi lengkap brush pen ini. Karena itu aku juga tertarik untuk membeli dan mencoba.

Sayangnya di kota tempatku tinggal tidak ada toko stationary yang menjual Tombow Dual Brush Pen, aku menemukan pena ini ketika mengunjungi Umeda Sky Building di Osaka. Kebetulan di depan gedung Umeda ada toko stationary, dan ketika aku masuk banyak dijual brush pen berbagai merk. Tapi koleksi warnanya tidak lengkap, dan kalau mau memesan warna lain harus menunggu selama satu minggu, jadi aku hanya membeli warna yang tersedia. Harga satu pena yaitu 250 yen atau sekitar 25.000 rupiah.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com

  • panjang pena melebihi ukuran pena biasa
  • ukuran brush besar
  • tekstur brush lentur seperti kuas
  • banyak pilihan warna
  • bisa digunakan untuk mewarnai
  • hasil tulisan besar

Sakura Koi Coloring Brush Pen

Sakura ini juga merk stationary terkenal di Jepang, biasanya merk untuk cat air atau pensil warna. Sakura Koi Coloring Brush Pen ini juga sering digunakan letterer di instagram, dan sayangnya aku juga tidak menemukan pena ini di kota tempatku tinggal selama di Jepang. Aku membeli brush pen ini ketika pergi ke toko buku Gramedia di kota Palembang.

Sakura Koi Coloring Brush Pen ini hampir mirip dengan Tombow Dual Brush Pen, tapi hanya dengan satu ujung dan ukuran pena yang lebih pendek. Harga satu pena ini yaitu 18.000 rupiah, tergolong murah menurutku.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com

  • ukuran brush besar
  • tekstur brush lentur
  • tersedia banyak warna
  • bisa untuk mewarnai
  • hasil tulisan besar


Pentel Touch Sign Pen

Pentel merupakan brand yang sudah terkenal sejak dulu, biasanya untuk merk cat air atau krayon. Aku membeli Pentel Touch Sign Pen ini di toko 100 yen di Jepang, jadi harganya terbilang murah dibandingkan merk yang lain, sekitar 10.000 rupiah, tapi khusus warna hitam. Kalau membeli di toko stationary. harganya 150 yen atau sekitar 15.000 rupiah, dan tersedia beraneka macam warna.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com

  • ukuran brush kecil
  • tekstur brush kaku
  • cocok untuk pemula
  • tersedia banyak pilihan warna
  • hasil tulisan kecil

Zebra Sign Pen

Zebra merupakan merk pena terkenal, dan merk ini juga memproduksi brush pen. Ada tiga jenis brush pen keluaran zebra, yang ukuran kecil, medium dan besar, tapi aku hanya membeli yang ukuran medium. Brush pen zebra ini juga aku beli di toko 100 yen di Jepang, jadi harganya sekitar 10.000 rupiah.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com

  • ukuran brush medium
  • tekstur brush lentur
  • cocok untuk pemula
  • hanya tersedia warna hitam
  • hasil tulisan medium

Snowman Brush Pen

Merk Snowman ternyata tidak hanya untuk spidol saja, sekarang juga sudah ada brush pen keluaran Snowman. Komunitas lettering Lampung Menulis pernah mengadakan workshop lettering untuk pemula, dan kebetulan aku bisa hadir mengikuti workshop tersebut. Workshop ini gratis, dan para peserta mendapatkan satu brush pen merk Snowman ini, jadi aku tidak tahu berapa harga jual pena ini.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com

  • ukuran brush besar
  • tekstur brush sangat lentur menyerupai kuas
  • hasil tulisan besar dan tebal

Copic

Copic merupakan merk stationary yang biasanya digunakan oleh orang yang hobi menggambar, terutama menggambar komik. Jadi Copic ini memproduksi beraneka jenis pena khusus untuk menggambar, salah satunya brush pen. Aku beli pena ini di toko stationary di Jepang dengan harga sekitar 300 yen atau 30.000 rupiah.

Pena ini memiliki dua ujung, yang satu berbentuk brush dan satu lagi berbentuk agak kotak. Sepertinya sih ujung satunya juga bisa untuk lettering, tapi aku belum pernah coba.

brush pen, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com

  • ukuran pena tebal
  • ukuran brush besar
  • tekstur brush tidak kaku tapi juga tidak terlalu lentur
  • hasil tulisan besar dan tebal
  • tidak cocok digunakan pada kertas tipis karena akan tembus 
  • ada aroma tinta ketika digunakan

Artline Stix

Aku sering lihat letterer yang pakai brush pen ini, dan tertarik melihat bentuk penanya yang unik. Brush pen ini berbentuk segitiga, tidak seperti pena lainnya yang berbentuk bulat seperti pena pada umumnya. Selain itu ada aksen bulatan di dua sisi pena.

Aku membeli pena ini di toko online, dengan harga 10.000 rupiah per pena. Ini adalah brush pen termurah yang aku beli. Bisa dipakai untuk pemula karena harganya terjangkau dan penanya enak dipakai.

brush pen, artline stix, lettering, tombow, sakura koi, pentel touch, copic, snowman, zebra, brush lettering, www.indahprimadona.com


  • pena berbentuk segitiga
  • ukuran brush besar
  • tekstur brush agak kaku tapi masih fleksible
  • hasil tulisan besar
  • cocok untuk pemula
  • tersedia banyak pilihan warna

Masing-masing brush pen memiliki karakter sendiri, jadi setiap pena akan memberikan rasa yang berbeda ketika digunakan. Aku suka yang mana? Semua aku suka, karena berbeda-beda hasil yang diperoleh berbeda juga. Gunakan sesuai kebutuhan, ketika mau menulis huruf yang kecil, gunakan yang ukuran brushnya kecil, dan juga sebaliknya.

Beberapa jenis brush pen bisa ditemui di toko buku Gramedia, tapi sepertinya hanya di kota-kota besar saja. Jadi kalau ingin membeli brush pen ini bisa melalui toko online. Sudah banyak toko online yang menjual peralatan lettering, diantaranya Artlinx Store, My Art Shop dan Craftic id.

Sebenarnya masih banyak merk brush pen lain yang belum aku coba, belum ada budget untuk beli brush pen lagi, atau ada yang mau sponsorin?  Hehehe. Kalau sudah mencoba brush pen merek lain, postingan ini akan aku update untuk menambah review brush pen ini.

Sudah punya brush pen untuk lettering? Berarti sudah bisa memulai belajar lettering. Untuk pemula, belajar dimulai dari dasar, yaitu berlatih membuat stroke, yang merupakan dasar untuk membuat huruf-huruf nantinya.

Happy lettering ^^

post signature


67 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. wah bagus ini pena ya, makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Makasih Mbak Dona ilmunya, jaman kecil pernah diajarin alm Bapak tapi bukan menggunakan brush pen melainkan spidol warna, jadi untuk mendapatkan ketebalan yg berbeda harus ditebali manual. Lalu pernah suatu kali, spidol besar yg hitam itu dipotong ujungnya jadi menyerupai brush pen. Seperti para pelukis kaligrafi tapi kami berdua gunakan untuk menulis huruf dan angka. Asyik sepertinya ya ilmu yg satu ini. Jadi ingin belajar lagi dari awal. Mbak Dona ayo dong bikin videonya, tutorial buat pemula. Nanti tag aku juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah pernah bikin video tutorial yg untuk pemula mbak, nanti aku tag ya
      kalau yang ditebali manual itu namanya fauxcalligraphy, bisa nih nanti untuk ide postingan hehehe

      Delete
  3. Oh wow, ternyata buat lettering emang banyak peralatan tulis alias brush yg digunakan ya mba. Keren banget! Selalu salut sama orang2 kreatif karena aku orangnya ngga kreatif XD

    ReplyDelete
  4. Cocok buat bikin kaligrafi juga kayanya ya, Mbak? :D Jadi pengen punya jua. :D

    ReplyDelete
  5. Aku sering liat tombow di youtube Mba Dona, nampak enak gitu buat yang baru belajar hehe
    Yang aku punya baru yang koi aja, soalnya itu gampang didapet di Bandung.
    Anw harga pena2 ini di jepang murah banget yaah, kayanya pengen borong setoko aja deh bawaannya :3 hehe

    www.destywidy.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau duitku banyak mau kuborong semua lho hehehe
      tombow sama koi gak jauh beda sih makenya, yang beda cuma harganya >_<

      Delete
  6. saya kok belum nemu ya di Balikpapan, kurang dahsyat kali nyarinya.
    Di rumah ada artline, tapi kurang suka sayanya. Pengen punya yang sakura atau snowman atau copic. Semoga ntar saya berhasil dapetin itu deh.
    Makasih ya mbak Indah share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang artline kayak apa ya? belum pernal liat aku
      coba beli online mbak

      Delete
  7. WAHHH makasih banyak ini mak Dona kerenn sharing jenis2 pen nya
    aku tertarik sama yang copic itu kece kayaknya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang copic itu enak banget makenya, tapi sayang suka tembus kalo di kertas biasa

      Delete
  8. Merk Copic, salah satu ujungnya mirip pen'nya Stabillo ya mba.
    Lumayan lama nih gk mampir ke blog ini, makin cantiiiik. Suka liat foto2nya, hasil craftnya apalagi ^^

    ReplyDelete
  9. pennya bagus2, pengen bisa lattering jugaa :3

    ReplyDelete
  10. Wiii keren mbak 😄 jadi pengeen nyobain semuanya 😂 tapi lagi gaada budget

    ReplyDelete
  11. Haloo, mau nanyaaa.. kalokita gambar pake crayon trus pengen bikin lettering pake brush pen, bakal nyata ga brushpennya diatas krayon? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku belom pernah nyoba kalo dasarnya crayon

      Delete
  12. Mantep mba 😂 harganya beda jauh sama di sini. Apalagi copic 😂 bisa berlipat2 harganya kalo di sini mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rata-rata pada bilang kalau copic itu paling mahal ya

      Delete
  13. Di sekitar sini, Rancaekek, Bandung, ane cuma baru nemu Snowman. Itupun gak sengaja dan gak niat beli. Karena mendadak tertarik, ane beli satu buat uji coba. Hasilnya keren, mungkin karena ane baru pakai brush pen. Ane coba buat tulisan Jepang dan Arab. Tapi di toserba sini harganya cukup murah, cuma 7 ribuan.
    Setelah itu ane coba cari artikel tentang brush pen dan ini yg pertama kali ane baca. Terima kasih infonya. Nanti coba cari lagi brush pen yg lain, mungkin aja ada yg lebih cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba ya, biasanya sih nanti jadi penasaran sama brush pen yang lainnya :)

      Delete
  14. Kak saya mau tanya
    Saya masih pemula& sy menggunakan brushpen sakura koi, kemudian waktu sy coba bikin lettering kenapa ga bs tebel tipis ya kak hehehe
    Jadinya tebel semua
    Apakah ada saran/ tips & trik dalam menggunakan brushpen jenis ini kak? Trimakasih:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. triknya cuma waktu menulis mbak
      waktu menarik garis ke atas, penanya gak usah terlalu ditekan
      waktu menarik garis ke bawah, penanya ditekan, jadi garisnya lebih tebal
      kalau baru mulai belajar memang belum jelas kelihatan beda tebal tipisnya, kalau sering berlatih nanti bisa kelihatan beda
      semangat ya mbak ^^

      Delete
    2. nah iya sama kaya Rosa, kok nulis pakai brush pen hasilnya ga beda sama kalau nulis pakai pen biasa XD masih ga bisa nulis yang tebel tipis huhuhu

      Delete
    3. kalau sering latihan pasti nanti bisa keliatan bedanya, perhatikan juga teknik pegang penanya ya ^^

      Delete
  15. Kak, kalo di Bandung adanya di toko apa ya?

    ReplyDelete
  16. Barusan beli snowman pen brush di toko merah jogja, harganya 6000an. Di tokopedia ada yang jual 85.000 untuk 12 warna, ya sekitar 7000an per buah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya snowman memang paling terjangkau ya harganya

      Delete
  17. Kak mau tanya dong, kan aku beli koi coloring brush pen, terus aku makenya kasar gitu kak wkwkwkw jadi ujungnya sedikit amburadul gitu, kalo dipake gabisa bikin garis tipis kak, jadinya garis gede gede mulu, ini bisa dibenerin gak ya kak, apa aku harus beli baru lagi(tekor)? Mohon dijawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahuku sih gak bisa dibenerin, emang harus beli lagi hehehe
      kalo mau yang lebih murah bisa coba snowman :)

      Delete
  18. Yah kak 😂😂😂 makasih ya ka untuk jawabannya

    ReplyDelete
  19. kalau boleh tau merk brush pen yang dipake di video tutorial itu apa ya mba ?

    ReplyDelete
  20. mba kalo beli online biasanya dimana ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas udah aku kasih link tokonya, rata-rata di IG ^^

      Delete
  21. Makasih ya Mbak infonya, lumayan buat newbie kayak saya bisa pertimbangan milih merek dan jenis brushnya. Tolong terus share info brush lettering ya Mbak, semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnya kalau bermanfaat, jangan bosan mampir ya mbak :)

      Delete
  22. Beli nya di jepang mana ya? Kalau misal di tokyo tempat yang bagus buat beli handlett dimanaya? Mksh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi belum pernah nyoba cari di Tokyo, tapi biasanya di toko buku ada bagian stationary, bisa dicari di sana ^^

      Delete
  23. mbak, di jepang di toko apa ya?? sama di daerah mana?? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu beli di toko buku atau di daiso, dulu tinggalnya di kitakyushu, tapi di seluruh jepang ada sih :)

      Delete
  24. Mbak.. brush pen ini bisa dipakai buat nulis di permukaan kayu nggak ya?

    ReplyDelete
  25. kalau di gramed itu ada nggak ya?
    susah banget nyarinya ><

    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gramed di tempatku adanya artline, koi brush pen tapi gak lengkap warnanya, sama snowman, kalo gramed di kota besar biasanya banyak pilihan merknya

      Delete
  26. wuhuu ini yang lagi aku cari2 buat belajar handlettering.. makasih mbak dona infonya.. btw mau nanya mbak kalo untuk kertasnya sendiri ada kertas2 khusus ngga sih untuk belajar handlettering ? takutnya kalo make kertas biasa belepotanlah tintanya, tembuslah dll.. maaf newbie soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pake kertas apa aja, tapi memang bagusnya pakai kertas yang tebal
      aku biasanya pakai rodhia

      Delete
  27. Mba Dona, ya ampun seneng banget liat ada yg bergelut di hand lettering dan kaligrafi, aku juga baru mulai belajar beberapa bulan yang lalu sambil belajar menggambar dengan cat air. Sukses mba, thx info art shop nya ya, I'm happy :)

    ReplyDelete
  28. cukup mahal untuk kantong anak SMA yha:v
    saya suka sekali dengan warna" brush pen apa lagi menulis dengan brush pen itu sendiri:)
    rasanya ingin membeli semua warna tetapi harganya yang sangat mahal membuat saya harus menabung lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli merk snowman yang murah, beli satu warna aja dulu buat belajar, kalau sudah bisa baru deh koleksi warna yang lain
      semangat ya ^^

      Delete
  29. Halo ka, mau nanyaa nihh, aku punya tombow dual brush pen, tapi tuh di buku buat aku gambar masih nembus :( padaha bukunya 70 gram tapi tekstur nya emang agak kasar bukunya. kira2 apa ya yang ga tembus lebih bagus dari tombow dual brush pen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 70 gram memang tipis, aku biasa pakai rhodia, kertasnya halus dan tebal jadi gak mudah tembus
      pakai sketchbook yang tebel juga bisa, aku biasa pakai merk artemedia
      semoga membantu ya ^^

      Delete