04 January 2016

5 Tradisi Tahun Baru di Jepang

5 Tradisi Tahun Baru di Jepang. Selamat Tahun Baru 2016! Ah tidak terasa sudah tahun baru lagi, sudah tahun 2016, semoga tahun ini lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, semoga yang belum tercapai di tahun lalu, bisa segera tercapai di tahun ini, dan semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Aamiin.

Gimana nih acara perayaan tahun barunya? Pasti seru-seru ya, ada yang bakar jagung, nonton kembang api, kumpul-kumpul bareng keluarga, atau bahkan tidur pulas, kayak aku hehehe. Setiap orang pasti punya cara yang berbeda-beda dalam merayakan pergantian tahun, tiap negara juga beda-beda tradisinya, termasuk di Jepang.

perayaan tahun baru di setiap negara pasti berbeda-beda, perayaan tahun baru di Jepang terbilang unik dan berbeda dari yang lain, perayaan tahun baru tanpa kembang api, tanpa tup terompet, tanpa macet, www.indahprimadona.com


Perayaan tahun baru di Jepang itu sepi, tidak ada bedanya dengan hari-hari biasanya. Tidak ada kembang api, tidak ada tiup terompet, tidak ada jalanan macet, dan tidak ada acara hiburan sampai harus bergadang. Terus gimana cara masyarakat Jepang merayakan tahun baru? Ada beberapa kebiasaan atau tradisi perayaan tahun baru yang selalu dilakukan oleh masyarakt Jepang.

Long weekend

Setiap akhir tahun pasti waktunya liburan, biasanya pada akhir Desember sampai awal Januari. Kalau tahun ini libur dari tanggal 29 Desember sampai 3 Januari, ini untuk aktifitas kantor atau perusahaan, kalau anak sekolah sudah mulai libur sejak tanggal 23 Desember. Waktu libur ini dimanfaatkan untuk berlibur atau berkumpul bersama keluarga merayakan tahun baru.

Bersih-bersih

Mungkin tidak semuanya melakukan bersih-bersih, tapi ada beberapa yang menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan. Maksudnya bukan bersih-bersih sekali dalam setahun ya, tiap hari pasti bersih-bersih dong, tapi yang ini khusus membersihkan semua sudut rumah sampai cling, sebelum tahun baru tiba. Jadi ketika tahun baru, rumah sudah bersih, nyaman dan semangat untuk memulai hari-hari di tahun yang baru.

Makan Soba

Soba adalah jenis mie khas Jepang, yang berwarna agak gelap. Tradisinya nih, pada malam tahun baru yaitu tanggal 31 Desember, mereka makan mie Soba ini, bisa makan di rumah atau di restoran Soba. Bentuk mie Soba ini panjang, dan dengan makan mie ini, mereka berharap akan diberi umur yang panjang.

Pergi ke Kuil

Ini adalah tradisi utama pada perayaan tahun baru, pergi ke kuil, berdoa untuk pengharapan di tahun yang baru. Biasanya kuil-kuil yang besar akan ramai dikunjungi, dan berdesak-desakan, karena itu biasanya kegiatan ke kuil ini diadakan mulai dari tanggal 1 Januari sampai sekitar tanggal 3 Januari, supaya tidak terlalu ramai dan tetap khusyuk beribadat.

Mengucapkan Selamat Tahun Baru

Kalau ini rata-rata semua orang melakukannya ya, apalagi di sosmed, pasti isi timeline penuh dengan ucapan selamat tahun baru. Begitu juga dengan masyarakat Jepang. Kalau bertemu dengan kenalan di tahun baru mereka pasti mengucapkan selamat tahun baru, dengan sedikit membungkukkan badan. Selamat tahun baru dalam bahasa Jepang yaitu 'Akemashite Omedetou Gozaimasu', dan biasanya dibalas dengan mengucapkan 'Kotoshi mo Yoroshiku Onegaishimasu'.

Seru ya mempelajari kebiasaan perayaan tahun baru yang berbeda-beda, dan bisa dicontoh juga, tapi yang positif aja ya. Kalau kamu perayaan tahun baru ngapain nih?

Happy New Year ^^


54 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Tahun baru kemarin saya kumpul dirumah bersama keluarga, ortu, adik dan keponakan...makan-makan : bebek bakar, gurame bakar, kerang rebus dan jagung bakar, dan itu semua dimasak sendiri lho mbak Dona..seruuu pokoknya... :)

    ReplyDelete
  2. Pasti yang paling disambut yang long weekend, lumayan buat istrahat dikit.

    ReplyDelete
  3. wah keren, ada ya tradisi bersih bersih, klo disini dibudayakan tentu akan semakin apik negeri ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nita, bisa aja sih dimulai dari rumah masing-masing :)

      Delete
  4. tahun baru ada juga yg ngrayain dengan agenda rutin tutup buku di kantor mbak T____T

    ReplyDelete
  5. Kalau baca di komik doraemon, ada saling mengunjungi antar teman n keluarga, trus Nobita suka dikasi amplop isi uang dari paman sama bibinya hehehe. Btw mie soba enak nggak Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin juga sih, kayak kita lebaran trus pas kumpul semua bagi-bagi amplop gitu ya :)
      Ya kayak rasa mie biasa sih :D

      Delete
  6. Baru tau loh kalo di Jepang nggak ada tradisi kembang api dan tiup terompet. Pantesan kmrn mantengin snapchat'nya Keenan Pearce yg lagi di Jepang, kok adem ayem ajaaaaa hihihi.
    Tfs mbak, jadi tau deh skrg.
    Btw Selamat Tahun baruuuu, barokallah.

    ReplyDelete
  7. penasaran pengen nyobain mi soba dari dulu

    ReplyDelete
  8. happy new year Mbak Dona :)
    semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,amin..

    ReplyDelete
  9. tahun baru ganti kalender aja :D

    ReplyDelete
  10. Mi soba, pernah denger di tipi, bersih-bersihnya cukup menarik, Mbak..selamat tahun baru ya

    ReplyDelete
  11. Wah, sy blm pernah ngalamin pergantian tahun di sana.
    Iya ya kt pak suami wkt itu jg sepi, cm libur pjg dan digunain jalan2..

    Akemashite Omedetou, Mba ^-^

    ReplyDelete
  12. Wuiiii... Keren, kalau bersih bersih di indo juga ada deh kayaknya. Kayak keluarga gue. Mumpun libur dan anggota keluarga banyak dirumah makanya disuruh kerja bakti sama nyokap.... Hahaha

    Apa jangan jangan keluarga gue keluarga keturunan jepang? Wohoooo

    ReplyDelete
  13. Di Jepang kelihatannya seru banget. ^^

    Aku di rumah aja, liat kembang api tetangga

    ReplyDelete
  14. Cukup menarik disana, ya... apalagi yang bersih-bersih ituuu, pastinya semua serba teratur dan tertata kayanya. *kapan ya bisa kesana...? ngarep.

    ReplyDelete
  15. Perlu ditiru nih kebiasaan sambut tahun barunya. Kalo di negeri kita kan hbs tahun baruan pasti sampah di mana2 habis bakar2 uang eh kembang api, mubazir.

    ReplyDelete
  16. Gimana ya rasanya mie soba? Jadi pengen nyobain.

    ReplyDelete
  17. Berarti tempat makan mie Soba bakal rame banget ya... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Irly, waktu aku ke sana rata-rata udah di booking

      Delete
  18. aku taun barunya masuk kerja mba dona,, antimainstream.. hhee

    ReplyDelete
  19. Mungkin dari sebagian warga jepang tidak merayakan tahun baru, dilain tempat di daerah jepang mungkin ada yang merayakan tahun baru, pesta-pesta, kumpul bareng teman, dan sebagainya. :)

    Tahun baruku disini malah diisi dengan acara tutup buku.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmm mungkin juga ya :)
      Semua pada rajin tutup buku ya

      Delete
  20. di sini tradisinya bakar ikan dan bakar petasan :D

    ReplyDelete
  21. tapi asik, ya, kalau gak ada kemeriahan begitu. Kadang saya suka merasa bising. Terutama sama bunyi terompet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, suara petasan apalagi, yang pengen tidur jadi terganggu

      Delete
  22. Yang sama kayak di Indonesia, longweekend-nya yaa mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu yang paling penting ya mbak :)
      Biar bisa kumpul bareng keluarga

      Delete
  23. Makan ramen koc gx masuk mbak? ^_^

    ReplyDelete
  24. waah mba dona..
    saya pengen banget sekolah di jepang..
    doain bisa nyusul yaaa... :D

    ReplyDelete
  25. waah tradisinya unik yaa..ga ada kesan hura-hura sama sekali

    ReplyDelete
  26. Seru ya mbakk taun baruan di jepang..pingin liat tradisi perayaan yg berdoa di kuil..trus cewe2nya pake yukata kayak di film2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen liat juga sih, tapi gak berani masuk soalnya pasti rame banget >_<

      Delete
  27. Bersih-bersih rumahnya semuanya, Mbak? *pingin tahu yang ini secara aku tukang bersih-bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku sih gitu mbak, sampe sudut-sudut rumah yang biasanya gak disentuh juga dibersihin, jadi biar kelihatan cling kayak masih baru

      Delete