14 June 2016

5 Tempat Wisata Menarik di Kitakyushu

5 Tempat Wisata Menarik di Kitakyushu. Kalau punya kesempatan travelling ke Jepang, kota mana yang mau kamu kunjungi? Mungkin sebagian besar akan menjawab Tokyo, Osaka, Kyoto, atau bahkan ingin menikmati dinginnya Hokaido. Karena memang kota-kota tersebut sudah terkenal, dan memiliki tempat-tempat wisata menarik yang membuat kita ingin sekali mengunjunginya. Ya memang sih, aku juga pengen banget pergi ke kota-kota itu, setelah berkesempatan beberapa kali pergi ke Tokyo, masih ada saja tempat yang belum sempat didatangi, jadi kalau ada kesempatan travelling lagi ke Jepang, mungkin mau ke Tokyo lagi.

Tapi sebenarnya kota-kota lain di Jepang juga menarik untuk dikunjungi, lho.  Banyak tempat wisata yang juga terdapat di kota-kota kecil Jepang. Seperti kota Kitakyushu, kota tempatku tinggal selama menetap di Jepang. Kitakyushu berasal dari kata kita (utara) dan Kyushu (nama pulau di Jepang), ini berdasarkan letak kota Kitakyushu yaitu di sebelah utara pulau Kyushu.

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com

Kota Kitakyushu termasuk ke dalam Fukuoka Prefecture, jadi kalau ada orang Indonesia yang bertanya, tinggalnya di mana dan jawab di Kitakyushu, pasti mereka pada gak tahu, tapi kalau dijawab di Fukuoka, baru mereka tahu. Walaupun hanya kota kecil, tapi Kitakyushu ini kota yang nyaman, tidak ramai seperti di Tokyo, dan jam 9 malam jalanan sudah sepi. Kalau menurutku, Kitakyushu itu desa yang modern, walaupun kecil tapi fasilitasnya sudah lengkap, tambah nyaman sebagai tempat tinggal.

Meskipun hanya kota kecil, di Kitakyushu banyak terdapat tempat-tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi kalau ingin berlibur ke sini.

Green Park


Menurutku ini tempat wisata yang harus dikunjungi kalau ke Kitakyushu, di sini terdapat taman dengan padang rumput yang luas, cocok sebagai tujuan bersama keluarga. Green park bisa dikunjungi kapan saja, dari musim panas sampai musim dingin, dan setiap musim mereka punya event–event tertentu, misalnya melihat sakura atau bunga tulip di musim semi, melihat bunga cosmos di musim gugur, bermain air di musim panas terutama untuk anak-anak, dan kadang-kadang sering ada flea market yang menjual barang-barang dengan harga yang murah. Aku paling senang berkunjung ke Green Park ketika ada festival bunga mawar, karena mereka punya kebun mawar yang mekar dua kali dalam setahun, dengan beragam bunga mawar yang harum dan berwarna-warni.

Baca juga: Rose Garden

Padang rumput luas yang berada di tengah-tengah sering digunakan untuk piknik keluarga, makan bersama sambil bermain. Sekolah anakku juga sering mengadakan acara bersama murid dan keluarganya di tempat ini. Pepohonan yang tumbuh rimbun di sekeliling padang rumput ini menjadi tempat yang asik untuk berteduh dan bercengkrama. Selain di padang rumput ini, anak-anak juga bisa bermain di arena permainan anak, menunggang kuda poni, atau melihat kangguru. 

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com


Biaya untuk masuk ke tempat ini hanya 100 yen atau sekitar 10.000 rupiah untuk umum, dan 50 yen atau sekitar 5.000 rupiah untuk anak-anak. Bahkan biasanya mereka menggratiskan biaya masuk khusus pada hari anak untuk semua pengunjung. Jadi pada hari itu Green Park pasti ramai, tempat parkir yang sudah sangat luas pun bahkan tidak mampu menampung kendaraan lagi.

Takatoyama Park


Tempat wisata ini terletak di perbukitan, di sini ada spot khusus dimana kita bisa melihat pemandangan kota Kitakyushu dari ketinggian. Sepertinya inilah daya tarik utama dari tempat wisata ini. Di tempat ini juga terdapat padang rumput yang tidak terlalu luas, dengan pohon-pohon sakura di sekelilingnya, dan merupakan salah satu tujuan ketika bunga sakura bermekaran.

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com

Tapi paling asik kalau berkunjung ke sini ketika Hydrangea Festival dimana bunga Hydrangea bermekaran. Rata-rata tanaman yang ada di sini adalah Hydrangea, jadi ketika bunga-bunganya bermekaran, tempat ini terlihat lebih cantik dan berwarna-warni. Di sini juga terdapat tempat permainan untuk anak-anak, tapi terletak agak jauh dari tempat utama, dan tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat wisata ini.

Sarakurayama


Sarakurayama juga merupakan bukit tinggi, dan kita bisa menuju ke puncak dengan menggunakan cable car. Karena merupakan bukit paling tinggi di Kitakyushu, di puncak Sarakurayama ini terdapat beberapa pemancar milik stasiun televisi.

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com

Untuk naik ke puncak menggunakan cabe car, dikenakan biaya 1.200 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak-anak. Memang agak mahal, tapi selama perjalanan menaiki cable car, kita bisa melihat pemandangan kota Kitakyushu secara leluasa. Di atas bukit ini terdapat restoran kecil, dan akan ramai pada malam hari, dimana orang-orang menikmati hidangan sambil memandang lampu-lampu bersinar indah yang menerangi kota Kitakyushu.

Paling asik datang ke Sarakurayama ketka musim dingiin. Di kota Kitakyushu memang jarang turun salju, dan puncak Sarakurayama adalah satu-satunya tempat yang selalu ditutupi salju tebal ketika musim dingin. Jadi sebagian orang sering berkunjung ke sini ketika musim dingin tiba untuk bermain salju.

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com

Kawachi Fuji Garden


Ini adalah tempat wisata yang paling terkenal di Kitakyushu, kebun bunga Fuji atau Wisteria. Bunga ini mekar ketika musim semi, sekitar akhir April sampai awal Mei. Jadi tempat wisata ini hanya dibuka ketika bunga Fuji sudah bermekaran. Di awal Mei terdapat hari libur nasional yaitu Golden Week, dan tempat ini akan semakin ramai dikunjungi pada waktu tersebut.

Bagian yang paling diincar para pendatang adalah Wisteria Tunnel, lorong yang ditumbuhi oleh tanaman Wisteria yang menggantung, merupakan spot foto favorit, dan sangat jarang sekali sepi, jadi sangat susah mendapatkan foto hanya bunga saja tanpa pengunjungnya.

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com


Baca juga:  Wisteria Flower

Sebenarnya di tempat ini juga terdapat kebun pohon Momiji atau Japanese Maple Tree, dan bisa dinikmati ketika musim gugur, dimana daun-daun akan berubah warna menjadi merah. Tapi aku belum pernah ke tempat ini ketika musim gugur.

Pantai Iwaya


Yang ingin menikmati pemandangan laut biru, bisa berkunjung ke Pantai Iwaya. Pantai lebih seru dikunjungi ketika musim panas, menikmati segarnya udara laut. Pantai Iwaya ini masih alami dan terawat dengan baik. Di sini anak-anak bisa bermain pasir pantai atau bermain ombak di bibir pantai. Diperbolehkan untuk mengadakan barbekyu di sini, asal tetap menjaga kebersihan tempat ini setelah selesai.

jalan-jalan ke kitakyushu, kitakyushu jepang, wisata ke kitakyushu, travelling ke jepang, www.indahprimadona.com

Jadi yang punya rencana berkunjung ke kota kecil Kitakyushu, jangan khawatir, karena di sini juga banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak kalah cantiknya dengan kota-kota lain di Jepang.

Happy travelling ^_^


50 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. Wa..tempat rekomendasinya cantik-cantik

    ReplyDelete
  2. ya ampun baca postingan mba Dona ini semakin bikin aku mupeng pengen ke jepang T,T

    ReplyDelete
  3. Waaaaaa... yg lorong bunga itu cakep bangettttttt....

    ReplyDelete
  4. aaaaak.. cantik banget.. semoga suatu hari kami juga bisa ke jepang ya mak :D

    ReplyDelete
  5. ya ampuuun mbak, baca ini lgs gatel mau ngubah itinerary ku lagi :D.. february 2017 aku ma keluarga mw ke jepang.. tujuan utama sih kita mw ke shirakawa go, gara2 ngeliat fotonya pas musim dingin itu cakep bgt..ngingetin ama gbr karikatur dongeng christian anderson.. tempat2 lainnya sih kbnyakan themepark yg ada roller coaster extreme sedunia, krn aku pecinta wahana2 yg naikin adrenalin gini :D. tp itin yg aku buat blm fix 100%.. yaa kayak gini ini, kalo sempet ngebaca ttg tempat wisata ga biasa di jepang, jd pgn ngerubah ;p..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik ya mau liburan ke Jepang, kalau menurutku sih dimana aja di Jepang itu bagus, punya keunikan masing-masing :)

      Delete
  6. Whistlist saya tahun depan :D semoga terwujud hehehe

    ReplyDelete
  7. masyaAllah indahnya yaa...

    ReplyDelete
  8. widiiih tfs mbak. mau dong diajak ke japan..

    ReplyDelete
  9. Jepang ngga ada habisnya meski terus diexplore ya mbak Dona. Sepertinya setiap sudut kota Jepang adalah destinasi wisata deh. Serba indah, rajin, teratur dan terawat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Anjar, masih banyak yang belum sempet dikunjungi, semoga bisa ke sana lagi ^^

      Delete
  10. itu garden nya kece banget mbak

    ReplyDelete
  11. Salam,

    Tempat nya bagus bagus semua ya mbak, jadi pengen, tapi harus nabung lama biar bisa.. hihiii
    Kalo ke Jepang yang paling dipengen diliat dan disentuh bunga sakuranya mbak.. heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunga sakura kan khas Jepang ya mbak, berarti kalau ke Jepang pas sakura lagi mekar

      Delete
  12. Di pic TAKATOYAMA PARK itu keliatan asapnnya menganggu, tapi mungkin karena diambil dari jarak jauh, ada kesan indah dan nuansa nyaman berdiri dekat batang pohonnya.
    Pantainya emang sepi apa karena diambil disisi yang sepi. Soalnya saya suka pantai sepi, hehehe. Bisa jumpalitan deh kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya di Kitakyushu memang banyak pabrik mbak, jadi banyak asap, tapi tetep bebas polusi lho ^^
      itu pantainya memang sepi, karena ke sana bukan pas musim panas, kalau musim panas semua orang pada ke pantai :)

      Delete
  13. Paling cakep kawachi fuji garden itu ya,kl yg pantai mirip di Indonesia:)

    ReplyDelete
  14. Hua kawachi guchi garden indah banget bu ga bunganya kok bisa ngegantung ungu gitu ya mb dona
    Kayak lavender

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak salah sih tanemannya merambat kayak anggur gitu, jadi dibentuk kayak tunnel, dan ini bunganya wangi lho

      Delete
  15. Foto-fotonya bagus-bagus Mbak, aku suka lihatnyaaaa

    ReplyDelete
  16. Indah banget
    pegen jadinya ke sana walau dalam mimpi, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi semoga nanti bisa ke sana ya mbak, aamiin ^^

      Delete
  17. entah kapan bisa menjejakkan kaki ke Jepang, pingin ke sana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga secepatnya ya mbak ev, mendaki gunung Fuji ^^

      Delete
  18. Halo mbak... Salam kenal yaaa ... waaa blognya bagusss hihii .. nanti aku colek2 mau belajar boleh yaaa :) sukses blognya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbak riri, boleh nanti kita belajar bareng ya ^^

      Delete
  19. Jepang ini termasuk negara tujuan wisata yg ramah muslim ya mba, betul nggak? saya baca di halo jepang mulai menggeliat wisata ramah muslim misalnya resto halal bermunculan dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bahkan ada paket wisata khusus muslim juga
      kalau di Tokyo sih sudah banyak restoran halal
      bahkan sekarang mereka bikin skin care yang sudah ada label halalnya

      Delete
  20. Replies
    1. berarti ke Kitakyushu pas musim semi ya mbak :)

      Delete
  21. Ya..ampuuun Jepang itu banyak tempat menarik. pingiiin sekali bisa berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  22. Udah balik ke Indo Mba?
    Iyaaa itu yg wisteria, ngehits banget.

    Saya waktu itu cm bisa liat di Ashikaga. Soalnya jauh klo ke Fukuoka.

    ReplyDelete
  23. jadi kapan ya aku bisa ke jepang dan korea, kedua negara itu bikin aku mupeng, mengiri sama teman-teman yang sudah pada ke sana duluan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga secepetnya ya mbak ev, nanti jangan lupa ajak aku >_<

      Delete
  24. Pengen liat kawachi fuji garden & hanamiii 😆 Mana bentar lg bulan maret, sakura mulai bersemi... hmmm kapan jadinya aku ke Jepang, gagal mulu 😅

    ReplyDelete