12 December 2022

Selain Junk Food, Ternyata Makanan Berikut Menyebabkan Kolesterol Jahat Meningkat

Teman-teman pasti sudah sering mendengar tentang kolesterol. Orang awam pasti menghubungkan kata kolesterol dengan penyebab penyakit seperti jantung, sehingga harus dihindari. Tapi teman-teman tahu tidak kalau sebenarnya kolesterol itu diperlukan oleh tubuh.

makanan penyebab kolesterol jahat meningkat

Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga bisa didapat dari makanan yang kita konsumsi. Kolesterol diperlukan untuk membangun sel-sel baru agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Selain itu kolesterol juga diperlukan dalam proses pencernaan, pembentukan hormon dan pembentukan vitamin D.

Kolesterol itu terbagi dua, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolsterol jahat (LDL). Tugas LDL yaitu membawa kolesterol dari hati ke seluruh tubuh, dan sebaliknya tugas HDL yaitu membawa kolesterol kembali ke hati untuk dihancurkan. Nah yang sering menimbulkan penyakit yaitu kolesterol jahat (LDL).

Jadi sebenarnya kolesterol itu baik untuk tubuh ya teman-teman. Tapi jumlah kolesterol yang diperlukan oleh tubuh ada batasnya, dan jika jumlah ini melebihi batas normalnya, maka akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, dan akhirnya mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Penyebab meningkatnya kadar kolesterol

Jumlah kadar kolesterol dalam tubuh harus tetap dijaga agar selalu di batas normal, dan hal-hal berikut bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Umur. Biasanya kadar kolesterol tinggi dialamai oleh orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas, karena kemampuan hati untuk menghilangkan kolesterol berkurang.

Kegemukan. Seseorang yang memiliki massa tubuh di atas 30 atau lebih, berisiko memiliki kadar kolesterol tinggi.

Jarang olahraga. Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, dan orang yang jarang bahkan tidak pernah berolahraga lebih rentan memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Pola makan yang tidak sehat. Tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan kelebihan kolesterol, karena kolesterol juga terdapat dalam makanan yang kita konsumsi.

Makanan penyebab kolesterol

Agar tubuh selalu sehat, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Ada beberapa makanan yang sebenarnya baik untuk dikonsumsi, tapi apabila dimakan dengan jumlah yang berlebihan akan mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Seafood

Makanan laut terutama udang, kepiting dan kerang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Dalam 100 gr udang mengandung 252 mg kolesterol, sedangkan kebutuhan kolesterol untuk orang dewasa sekitar 300 mg per hari, jadi kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, tapi ternyata kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi sekitar 187 mg. Sebaiknya kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi telur dalam sehari, atau akali dengan cara tidak mengkonsumsi kuning telurnya.

Jeroan

Siapa nih yang suka makan jeroan? Jeroan seperti hati, usus, atau paru memang rasanya enak, tapi ternyata jeroan ini mengandung kolesterol yang tinggi, jadi mulai dikurangi ya makan jeroannya.

Daging olahan

Daging olahan seperti kornet, hot dog atau sosis ternyata mengandung kolesterol yang tinggi. Selain itu makanan ini bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker usus besar. Jadi sebaiknya batasi mengkonsumsi daging olahan ya teman-teman.

Gorengan

Ini sih makanan favorit semua kan? Apa aku aja ya? 😄 Gorengan ini biasanya dimasak menggunakan minyak yang banyak atau dikenal dengan sebutan deep fry. Minyak yang digunakan untuk menggoreng itu mengandung lemak, jadi kalau dikonsumsi dengan jumlah yang banyak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi bye bye gorengan.

Ciri-ciri kadar kolesterol tinggi

Kolesterol ini memang dibutuhkan oleh tubuh, dan diusahakan supaya jumlahnya tidak melebihi batas normal. Untuk itu teman-teman harus tahu ciri-ciri kolesterol tinggi, supaya bisa mengatur kembali pola hidup yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Nyeri di dada

Nyeri dada diakibatkan karena adanya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah jantung. Ini juga bisa menjadi penyebab serangan jantung.

Sering merasa lelah

Kalau teman-teman sering merasa lelah, kemungkinan kadar kolesterol meningkat. Karena aliran darah ke seluruh tubuh berkurang akibatnya tersumbatnya pembuluh darah.

Mudah mengantuk

Mengantuk di waktu yang bukan waktu tidur harus diwaspadai ya, ini berarti aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang, akibat adanya pembuluh darah yang tersumbat kolesterol.

Sakit di bagian kaki

Penyumbatan pembuluh darah di kaki menjadi penyebab sakit pada bagian kaki.

Rasa pegal di tengkuk

Terhalangnya aliran darah di leher menuju otak menjadi salah satu penyebab rasa pegal di tengkuk. Walaupun rasa pegal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak ada salahnya untuk selalu waspada.

Cara menurunkan kolesterol

Bila kadar kolesterol sudah terlanjur naik, maka sebaiknya kita melakukan hal-hal berikut supaya kadar kolesterol bisa kembali normal.

Mengatur pola makan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh makanan. Karena itu teman-teman harus bisa mengatur pola makan dan memilih makanan yang akan dikonsumsi. Ganti asupan lemak jenuh ke lemak tidak jenuh. Contoh lemak jenuh yaitu minyak goreng dan produk hewani. Contoh lemak tidak jenuh yaitu kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat.

Perbanyak juga konsumsi sayur-sayuran yang mengandung banyak serat. Salah satu sayur yang bisa dicoba yaitu tomat, karena tomat memiliki banyak manfaat terutama untuk menurunkan kolesterol, saatnya sehat dengan tomat.

Sering olahraga

Olahraga dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan tentu saja bisa menurunkan kadar kolesterol. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki, lari dan bersepeda.

Minum suplemen

Kolesterol juga bisa turun dengan bantuan suplemen. Pilih suplemen yang dikhususkan untuk kolesterol. Untuk info lebih lanjut mengenai suplemen yang bisa menurunkan kolesterol bisa dilihat di https://kolesterolkita.com.

Setelah teman-teman tahu dan paham tentang kolesterol, sebaiknya mulai saat ini mulai menjaga kadar kolesterol masing-masing ya. Memang gejala kolesterol tinggi ini lebih sering dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas, tapi tidak ada salahnya kita sudah mulai menjaga sejak masih muda, supaya ketika sudah berumur 40 kita selalu sehat dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.


 post signature

 

4 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Masalah kolesterol sering terdengar, apalagi sekarang banyak orang yang mengonsumsi makanan instan dan berkolesterol terlebih anak muda. Eh, tapi aku baru tahu kalau seafood dan telur termasuk. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya anak-anak muda suka coba-coba makanan, terutama yang lagi hits :D

      Delete
  2. Waduh itu justru yang enak2 yang mangandung kolesterol ya Mba

    ReplyDelete