10 January 2023

My Plan for 2023

Halo teman-teman gimana kabarnya? Selamat tahun baru ya. Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi, dan semoga semua cita-cita dan harapan bisa terwujud di tahun ini. Bagaimana tahun kemaren? Apa resolusinya tercapai?

Tahun lalu aku membuat resolusi di antaranya lebih sering posting di blog ini, sering posting di channel youtube, belajar digital product dan lebih sering mewarnai. Jadi gimana resolusiku tahun kemaren? Dan apa rencanaku untuk tahun ini?

plan for 2023, business plan 2023, blogging plan for 2023, youtube plan for 2023, upgrade skill, skill baru, resolusi 2023, harapan 2023

Baca juga: Resolusi 2022

Blogging

Di awal tahun 2022 aku sering banget update di blog, aku usahakan dalam satu minggu ada satu postingan blog. Tapi lama-lama sudah mulai jarang diupdate, alasan utama sih karena tidak ada waktu untuk menulis. Ya alasan klasik sih, tapi memang aku lebih memprioritaskan kerjaan kantorku, jadi kalau ada waktu luang baru menulis untuk blog.

Tapi alhamdulillah masih ada saja tawaran untuk membuat artikel di blog, karena itu aku tetap berusaha untuk menulis di blog, walaupun sebulan kadang-kadang cuma satu postingan. Karena aku suka berbagi di blog ini.

Dan untuk tahun ini aku masih akan berusaha untuk tetap aktif ngeblog. Paling tidak sebulan sekali aku update blog. Masih memilih niche yang sama yaitu art, coloring dan mungkin aku juga akan berbagi tentang digital product. Siapa tahu teman-teman juga ada yang mau memulai membuat digital product untuk dijual.

Digital product

Di tahun 2022 aku sudah mulai membuat ilustrasi dan memasukkannya di microstock, seperti PNGtree dan Canva. Tapi memang belum banyak yang aku buat, jadi pendapatannya masih kecil. Menurutku untuk memasukkan gambar di PNGtree lebih mudah dibandingkan di Canva, karena beberapa gambar yang aku upload di Canva selalu ditolak hehehe 😆. Sepertinya harus lebih banyak survey, gambar seperti apa yang disukai Canva.

Untuk PNGtree aku sudah upload beberapa gambar, dan alhamdulillah sebagian besar diterima, walaupun memang ada yang ditolak sih. Dan gambar yang ditolak di PNGtree pasti ada penjelasannya kenapa gambar tersebut ditolak, misalnya formatnya salah, atau gambar yang dibuat terlalu umum dan tidak unik, jadi kita bisa revisi gambar tersebut sesuai kriteria PNGtree dan bisa diupload ulang.

Untuk tahun ini aku akan fokus ke PNGtree dulu, aku akan lebih banyak upload gambar di sana. Biasanya aku upload gambar yang memang lagi dicari, tapi aku mau mencoba upload gambar yang memang ingin aku buat.

Selain PNGtree, aku juga mau mulai menjual gambar di Etsy. Tapi sepertinya harus banyak belajar dulu tentang Etsy, supaya nanti bisa konsisten di sini. Karena untuk upload produk yang mau dijual di Etsy itu harus bayar, jadi harus benar-benar serius supaya tidak sia-sia.

Youtube

Tahun 2022 aku mulai mengaktifkan channel Youtube yang aku punya, aku upload video coloring di sana. Memang belum banyak yang subscribe, tapi aku berusaha untuk tetap konsisten upload video seminggu sekali.

Untuk tahun ini aku juga masih menargetkan upload video seminggu sekali, karena semua masih dikerjakan sendiri di waktu luang, jadi tidak bisa sering-sering upload. Harapannya di tahun ini subscriber bisa bertambah dan bisa mencapai target untuk monetisasi. Doakan ya teman-teman, dan jangan lupa subscribe channel Youtube ku ya.

Coloring

Sejak awal tahun 2022 aku ikut komunitas coloring, Antusias Ngelir. Aku jadi tambah semangat untuk mewarnai. Dari hanya punya satu buku mewarnai untuk dewasa, sekarang aku sudah punya empat buku hehehe 😊. Lihat hasil keliran teman-teman di komunitas, aku jadi semangat mewarnai dan semangat beli buku mewarnai 😆.

Tahun ini aku berharap semoga bisa lebih sering mewarnai dan bisa menyelesaikan satu buku, terutama buku World of Flowers dari Johanna Basford, yang sudah aku beli bertahun-tahun yang lalu. Komunitas Antusias Ngelir juga mau mengadakan lomba mewarnai untuk dewasa lho, bagi teman-teman yang juga suka mewarnai atau mungkin baru mau coba mewarnai, jangan lupa untuk ikutan ya. Ditunggu akhir bulan Januari ini di akun IG @antusiasngelir ya.

Baca juga: [Review] World of Flowers by Johanna Basford

Skill

Tahun baru sebaiknya kita juga mencoba menambah skill baru nih. Untuk tahun ini aku ingin meningkatkan skill gambar lagi, untuk menunjang membuat ilustrasi dan produk digital. Aku sudah berlangganan Skillshare, platform untuk belajar berbagai macam skill. Aku berencana untuk belajar Affinity Designer, aplikasi untuk desain dan ilustrasi. Hampir sama seperti Procreate, tapi Affinity Designer bisa untuk membuat vector.

Itu tadi capaianku di tahun 2022 dan rencana-rencanaku di tahun 2023 ini. Semoga aku bisa fokus, bisa konsisten dan bisa mencapai target-targetku di tahun ini. Bagaimana dengan teman-teman? Ada rencana apa tahun ini? Share di kolom komentar ya.


post signature



2 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Memulai lembaran baru dengan tujuan baru, nih, semoga tercapai juga di tahun ini. Memulainya dari sekarang yang perlu hehe agar terealisasi plan ini, sudah buat resolusi juga di tahun ini semoga tercapai. Yuk semangat memulai perubahan!

    ReplyDelete