02 February 2022

5 Website yang Membayar Penulis Lepas

5 Website yang Membayar Penulis Lepas. Pekerjaan yang mengasyikkan itu adalah mengerjakan hobi yang dibayar. Benar gak teman-teman. Yang namanya hobi pasti dikerjakan dengan sepenuh hati dan semangat yang tinggi, apalagi kalau dapat bayaran, tentu akan lebih senang mengerjakannya. Apa pun hobi teman-teman, tentu ada saja sesuatu yang bisa dijadikan sumber penghasilan.

Teman-teman yang suka menggambar bisa menjual hasil gambarnya atau lukisannya, yang suka merajut bisa menjual hasil karya rajutannya, atau mungkin ada teman-teman yang suka berkebun bisa menjual tanaman hias. Jadi apa pun bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan.

Bagi teman-teman yang suka menulis seperti aku, bisa menghasilkan uang dengan cara menulis novel, atau membuat artikel yang bisa diposting di blog pribadi ataupun di website lain. Iya cuma menulis aja tetap bisa dapat penghasilan kok.

freelance, cara jadi penulis lepas, lowongan penulis lepas, menulis dibayar, freelance penulis lepas, freelance menulis online, penulis lepas

Setelah beberapa tahun konsisten menulis di blog, aku sering mendapat tawaran untuk menulis artikel yang nantinya akan di posting di blog ini. Tapi bila teman-teman tidak punya blog tapi tetap ingin punya penghasilan dari menulis juga bisa kok. Aku akan membahas website-website yang menerima artikel dari penulis lepas, dan tentu saja akan dibayar bila artikel yang teman-teman kirim dipublikasikan di website tersebut.

Androbuntu

Siapa nih yang suka sekali dengan gadget? Ahli banget dengan masalah game dan aplikasi? Nah teman-teman bisa berbagi cerita tentang hal-hal yang berhubungan dengan tips serta trik gadget dan teknologi di website ini.

Androbuntu adalah website yang memang membahas segala sesuatu tentang gadget, berisi informasi serta tips dan trik dari gadget dan aplikasi-aplikasinya. Website ini benar-benar membantu pembaca yang mencari solusi tentang permasalahan teknologi.

Apalagi di zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, semua masyarakat sudah mulai melek teknologi. Semua kegiatan sehari-hari selalu lekat dengan teknologi, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Teman-teman bisa mengirimkan artikel yang berkaitan dengan teknologi di website ini. Untuk artikel yang berisi tentang tips dan trik, sertakan langkah-langkah yang jelas supaya mudah dipahami oleh semua orang. Artikel yang dibuat juga harus orisinil ya, bukan hasil copy paste dari artikel lain. Teman-teman akan mendapat bayaran bila artikel yang dikirim dipublikasikan di website ini, dan langsung dibayarkan ke rekening teman-teman.

Basabasi

Teman-teman ada yang suka menulis puisi atau cerpen? Website yang satu ini cocok sekali bagi teman-teman yang suka menulis puisi dan cerpen. Basabasi menerima tulisan yang berupa esai, puisi, cerpen, resensi buku dan bahkan artikel ringan.

Tulisan yang dikirimkan harus tulisan baru yang belum pernah diterbitkan dimana pun. Ada ketentuan penulisan yang harus diikuti seperti spasi dan format tulisan. Tulisan yang dikirim akan direview dulu oleh pihak Basabasi, dan setiap artikel yang lolos seleksi dan dipublikasikan di website akan mendapat bayaran. Jumlah bayaran berbeda-beda tergantung jenis artikel yang dikirimkan.

Get Craft

Get Craft merupakan website yang mempertemukan para freelancer dengan para pencari kerja. Website ini digunakan di wilayah Asia Tenggara, terutama Malaysia, Philipina, Singapura dan juga Indonesia. Sehingga kesempatan untuk bekerja dengan pihak lain di luar negeri sangat besar.

Di Get Craft, teman-teman harus membuat portofolio pekerjaan, jadi kalau teman-teman mau menawarkan jasa menulis, tentu saja harus ada portofolio tentang tulisan-tulisan yang pernah dibuat, sebagai bahan pertimbangan bagi klien yang ingin menawarkan pekerjaan.

Selain itu teman-teman juga bisa menawar suatu pekerjaan yang diposting oleh para pencari kerja. Pilih pekerjaan yang diinginkan, maka akan keluar berbagai macam pekerjaan yang bisa di apply. Tidak hanya di Indonesia, teman-teman juga bisa apply pekerjaan yang ditawarkan dari negara lain, tentu saja dengan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.

Digstraksi

Digstraksi memuat artikel yang lebih luas, dari beauty, lifestyle, film, travelling dan lainnya. Pilihan tema yang beragam membuat teman-teman yang mau mengirimkan artikel bisa menyesuaikan dengan minat masing-masing.

Isi artikel yang dimuat di website ini pun lebih santai, dan sifatnya adalah bacaan ringan bagi siapa saja. Tentu saja artikel yang dikirimkan di website ini harus orisinil tanpa copy paste, dan belum pernah diterbitkan di media manapun.

Teman-teman yang lebih suka menulis tentang kehidupan sehari-hari, atau suka sekali menonton film dan ingin menulis resensinya, bisa mencoba mengirimkan artikel di website ini. Artikel di sini akan dibayar berdasarkan view, jadi buatlah artikel yang menarik agar banyak dibaca pengunjung.

IDN Times

IDN Times hampir mirip dengan Digstraksi, memiliki kategori artikel yang lebih beragam. Cocok untuk teman-teman yang suka menulis hal-hal yang lebih bersifat umum dengan bahasa yang santai.

Bagi teman-teman yang ingin menulis di website ini, teman-teman bisa bergabung di IDN Times Community, tempat berkumpulnya para kontributor di website ini. Hal-hal yang berhubungan dengan penulisan akan dijelaskan melalui komunitas.

Pembayaran di IDN Times juga berdasarkan view dan poin, semakin banyak view maka akan semakin banyak pula poin yang di dapat. Nantinya poin ini bisa ditukarkan dengan uang atau barang.

Ternyata hobi menulis itu banyak manfaatnya ya, selain bisa mengungkapkan isi hati melalui tulisan, bisa menyegarkan pikiran, menulis juga bisa menghasilkan uang. Teman-teman tinggal pilih saja diantara website-website yang sudah aku sebutkan tadi, lalu kirimkan tulisan teman-teman dan siap-siap punya penghasilan tambahan dari menulis.

Mungkin teman-teman punya rekomendasi website lain yang juga menerima dan membayar penulis lepas, boleh lho share di kolom komentar.

 

 post signature

 

 

9 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Nice info banget nih mba.
    Dari lima website di atas, cuma sering nemu artikel dari IDN Times.
    Awal lihat Get Craft, kirain ada kaitannya sama crafting ternyata enggak, hehe

    ReplyDelete
  2. Huhuhu.. makasih banyak Mbak Dona atas ilmu barunya. Aku baru tahu ini, tapi kayaknya belum ada niat buat menulis di media lain. Lhah blog sendiri aja jarang diisi, xixixi.. Tapi ada satu media yang aku incer nih, cuma kok jiper duluan mau ngirim artikel, secara tulisan di sana bernas semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, pengen sih nulis buat di media gitu, tapi lihat tulisannya disana tuh beda sama yang biasanya aku tulis, jadi mikir2 terus deh

      Delete
  3. Wah gak heran sih kalau sama 5 web ini apalagi IDN Times, tapi karya yang ada di sana gak sembarang karya. Pernah dengar kalau biasanya ada kurasi juga kalau mau mengajukan naskah di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, biasanya memang tulisan di review lagi sebelum di publish, kalau gak sesuai ya udah bye bye

      Delete
  4. sama-sama mbak, semangat terus ngeblognya mbak

    ReplyDelete
  5. Saya pengen nulis di web2 tersebut tapi jiper, mba. Saingannya banyak ya. Oia ada web utk freelancer lagi nih, mba. Saya tahunya Sribulencer.

    Btw mba Dona udah pernah nulis di web2 utk freelancer nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menulis di website freelancer blm sih mbak, tapi kalau dapat job dari website freelancer trus nulis di blog sendiri pernah mbak

      Delete