25 January 2022

5 Ide Bisnis Bagi Penggemar Desain dan Digital Art

5 Ide Bisnis Bagi Penggemar Desain dan Digital Art. Sekarang semua sudah serba digital ya, berhubungan dengan internet, komputer dan dunia maya. Kehidupan yang serba digital ini ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah salah satu kelebihannya yaitu kita bisa mendapatkan penghasilan dari dunia digital ini.

Kalau dulu waktu kecil, ketika ditanya cita-cita, teman-teman jawab apa? Mungkin sebagian besar akan jawab jadi dokter, jadi polisi, atau jadi pilot. Tapi kalau anak-anak sekarang ditanya cita-citanya mau jadi apa, mungkin sebagian akan menjawab mau jadi youtuber, selebgram bahkan content creator.

: ide bisnis rumahan, ide bisnis onine, ide bisnis digital, ide bisnis kreatif yang jarang ada, peluang bisnis digital, bisnis digital di indonesia

Saat ini semua pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital itu sedang booming, tenaga kerja bahkan bisnis dalam bidang ini pun sedang banyak dicari. Berbagai bidang ilmu bisa punya pendapatan dari dunia digital ini.

Di postingan ini aku mau bahas ide bisnis digital yang bisa dilakukan bagi teman-teman yang suka dengan desain dan digital art. Ide bisnis online yang bisa dilakukan dari rumah ini bisa dikerjakan secara full time atau hanya sebagai sampingan saja.

: ide bisnis rumahan, ide bisnis onine, ide bisnis digital, ide bisnis kreatif yang jarang ada, peluang bisnis digital, bisnis digital di indonesia


Illustrasi

Teman-teman yang suka menggambar bisa menjual gambar illustrasi. Bisa gambar secara digital ataupun manual. Tapi memang lebih banyak yang menjual dalam bentuk digital ya. Gambar teman-teman bisa dijual di marketplace khusus untuk desain, seperti Creative Market.

Selain itu teman-teman juga bisa mendaftar sebagai contributor di Canva. Gambar illustrasi yang dibuat akan digunakan sebagai elemen desain di website Canva, dan teman-teman akan mendapatkan komisi dari gambar yang digunakan. Ini bisa menjadi passive income.

Atau teman-teman bisa menawarkan jasa membuat gambar illustrasi di situs-situs freelancer. Orang-orang yang memang sedang mencari illustrasi akan membuka situs-situs ini untuk mencari freelancer. Tentunya gambar teman-teman harus unik dan berbeda dari yang lain sehingga mereka akan tertarik untuk meng-hire.

Coloring page

Bagi teman-teman yang suka gambar, terutama tipe gambar doodle, teman-teman bisa menjual karya dalam bentuk coloring page. Bisa berupa coloring page untuk anak-anak ataupun dewasa. Walaupun tidak sebooming dulu, tetap masih ada kok yang suka mewarnai, termasuk aku.

Teman-teman bisa menjual coloring page ini di Etsy, marketplace yang khusus menjual barang-barang handmade dan desain. Kalau teman-teman mencari kata kunci coloring page di Etsy, teman-teman akan menemukan banyak sekali yang menjual coloring page ini. Itu berarti permintaan akan coloring page ini masih sangat banyak.

Template

Setiap orang pasti ingin menampilkan desain yang terbaik di sosial media masing-masing, bagus untuk branding, bisa untuk personal branding atau bisnis branding. Karena itu rata-rata mereka menggunakan template untuk menciptakan feed yang seragam dan menarik.

Nah teman-teman bisa mendesain template ini, yang nantinya bisa dijual di marketplace untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Template ini bisa bermacam-macam, ada template untuk feed di Instagram, atau Instagram story, dan lain-lain.

Teman-teman tinggal mencari trend desain yang sering digunakan, untuk menarik perhatian pembeli. Karena desain itu juga ada trendnya, jadi harus bisa melihat permintaan pasar kalau memang ingin mendapatkan costumer.

Printable

Printable juga sering dicari, terutama planner atau aktivitas untuk anak-anak. Apalagi semenjak pandemi dan anak-anak lebih sering berada di rumah, orang tua terutama para ibu berusaha mencari kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak mereka. Dan printable aktivitas untuk anak-anak ini sangat bermanfaat sekali dalam mengisi hari-hari mereka.

Desain kartu

Zaman sudah serba digital seperti sekarang ini, membuat kartu rata-rata juga sudah dilakukan secara digital. Kartu tersebut bisa langsung dibagikan dalam bentuk digital dan bisa dicetak juga kalau ingin dibagikan langsung.

Jenis kartu yang bisa teman-teman desain seperti kartu undangan pernikahan dan thank you card atau kartu yang memberikan ucapan terima kasih. Bisa terima kasih karena sudah dating pada suatu acara tertentu, atau yang sekarang sedang banyak digunakan yaitu kartu ucapan terima kasih karena sudah berbelanja di toko tertentu.

Jadi banyak sekali ya ide-ide yang bisa teman-teman jadikan bisnis dengan memanfaatkan skill mendesain dan menggambar secara digital. Memang sudah saatnya kita mengupgrade skill kita kepada skill yang berhubungan dengan dunia digital, karena permintaan yang berhubungan dengan skill ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Nah teman-teman mau mulai bisnis apa nih? Atau mungkin masih banyak ide-ide lain yang teman-teman tahu, bisa lho share di kolom komentar.


post signature

 

4 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Pengen nyoba salah satunya tapi dr semua itu akunya sndiri ngga bisa gambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bikin template atau kartu bisa pake canva kak, lebih mudah

      Delete
  2. Nah bener banget, buat yang suka desain dan digital art banyak banget peluang kerjanya apalagi bisa buat poster atau mural buat dinding. Lumayan juga, hehe terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete