27 December 2021

Mulai Branding di Tahun 2022 Menggunakan Aset Kreatif

Mulai Branding di Tahun 2022 Menggunakan Aset Kreatif. Kita sudah berada di penghujung tahun nih teman-teman, sebentar lagi kita akan masuk ke tahun 2022. Gimana tahun ini? Memang sekarang masih pandemi ya, tapi setidaknya menurutku tahun ini lebih baik dari tahun kemaren, bagaimana menurut teman-teman?

Resolusi tahun ini tercapai gak nih? Aku sih tidak mematok resolusi untuk tahun ini, karena belajar dari tahun 2020 ketika mulai pandemi, ketika semua harus berada di rumah, ritme kehidupan jelas berubah. Jadi aku hanya berusaha menjalani saja.

Tapi tahun 2021 ini semua sudah mulai membaik, walaupun sebagian besar aktivitas juga masih dikerjakan di rumah, tapi hal ini membuat munculnya usaha-usaha atau bisnis-bisnis baru yang berbasis online, yang bisa dijangkau oleh semua orang yang ada di rumah saja.

branding, contoh branding, strategi branding, personal branding, produk branding, jenis branding, kreatifhub, freelancer, kerja freelancer online

Teman-teman yang sudah punya bisnis atau berencana untuk memulai bisnis di tahun 2022, sebaiknya memulai untuk branding produk atau bisnis tersebut. Apa itu branding? Menurut Wikipedia, branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai macam cara dan strategi komunikasi sehingga tercipta makna dan perasaan khusus yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen.

Secara garis besar, branding itu adalah proses memperkenalkan suatu produk atau suatu jasa kepada orang banyak, dengan tampilan yang unik dan khas. Bisa berupa logo, foto yang dipakai, simbol yang selalu muncul, konten menarik, atau desain kemasan yang menarik perhatian. Branding bisa menjadi jati diri dari sebuah bisnis.

Sebenarnya apa sih manfaat melakukan branding?

Unik dan berbeda dari yang lain

Satu bisnis itu pasti banyak pesaingnya. Misalnya teman-teman jualan sepatu, pasti juga ada pedagang lain yang jual sepatu kan, apalagi kalau di toko online, pesaingnya banyak banget. Terus bagaimana caranya supaya produk teman-teman jadi berbeda dengan produk yang lain? Ya dengan cara branding.

Branding bisa membuat bisnis atau produk yang teman-teman tawarkan menjadi stand out, menjadi berbeda dari yang lain, sehingga konsumen akan penasaran dengan produk tersebut.

Punya pelanggan setia

Dengan branding yang menarik, konsumen akan selalu senang dengan produk-produk kita, dan tentu saja akan menjadi pelanggan setia. Karena mereka senang dengan konsep unik dan menarik yang ditawarkan.

Bisa memasang harga tinggi

Bila produk yang kita miliki sudah dikenal dengan keunikannya, maka kita bisa memasang harga yang lebih tinggi dibanding produk lain yang sejenis. Karena konsumen sudah tahu bahwa produk yang kita tawarkan berbeda dari yang lain, mereka tidak akan segan dengan harga yang diberikan.

Sekarang aku ambil contoh merek sepatu Nike, kalau teman-teman lihat logo seperti tanda centang itu, pasti bakalan langsung tahu kan kalau itu sepatu Nike. Misalnya ada dua sepatu dengan desain yang mirip, satunya ada logo Nike satunya gak ada. Pasti teman-teman akan lebih tertarik dengan sepatu Nike, karena teman-teman tahu kalau sepatu itu dari merek terkenal, dan akan rela membayar dengan harga yang lebih tinggi.

Jadi bisa dilihat kan, produk yang sudah punya branding akan lebih menarik perhatian. Seseorang yang bisa memiliki produk yang sudah punya branding akan merasa lebih tinggi statusnya, karena dia merasa bisa membeli barang yang unik dan berbeda.

branding, contoh branding, strategi branding, personal branding, produk branding, jenis branding, kreatifhub, freelancer, kerja freelancer online

Photo by Patrik Michalicka on Unsplash

Ada beberapa unsur yang biasanya digunakan untuk proses branding.

Nama brand

Setiap usaha tentu harus punya nama dong. Nama ini yang pertama kali dilihat konsumen. Pilih nama brand yang mudah diingat, bisa menggunakan kata yang mungkin lagi hits supaya langsung menarik konsumen.

Logo

Selain nama brand, logo juga merupakan unsur yang penting dalam branding. Karena yang pertama kali terlihat adalah logo brand tersebut. Seperti sepatu Nike tadi, hanya dengan melihat logonya saja teman-teman pasti langsung tahu kan mereknya. Gunakan logo yang simple dan mudah diingat.

Desain

Desain ini bisa berupa desain produk atau desain kemasan yang digunakan. Buatlah desain yang unik dan bisa menggambarkan produk yang dijual. Gunakan tema yang serupa untuk semua desain agar terbentuk ciri khas dari produk tersebut.

Tagline

Kalau mendengar tagline “I’m lovin it”, teman-teman pasti tahu kan brand yang dimaksud. Itulah kekuatan tagline. Hanya dengan mendengar kata-kata saja kita langsung tahu brand yang dimaksud

Audio

Audio atau musik yang enak didengar atau mungkin liriknya yang lucu membuat terngiang-ngiang terus. Ini juga merupakan salah satu unsur branding yang harus diperhatikan.

Foto

Foto yang menarik dan memiliki tema yang sama bisa menjadi ciri khas dari suatu produk, ini juga salah satu branding yang bagus. Ketika melihat foto yang memiliki ciri khas, kita pasti langsung tahu produk yang ditawarkan melalui foto tersebut.

Unsur-unsur branding ini merupakan aset kreatif. Jadi aset kreatif adalah foto, logo, desain bahkan audio dan video yang digunakan untuk memperkenalkan suatu produk atau bisnis. Dengan menggunakan aset kreatif akan tercipta branding dari produk atau bisnis tersebut.

Berarti sekarang teman-teman bisa langsung menggunakan aset kreatif untuk memulai branding di tahun 2022. Bagaimana caranya? Teman-teman bisa mulai memikirkan branding apa yang teman-teman mau. Mulai dari memilih nama, logo, desain dan lain-lain.

“Tapi aku susah nih kalau harus mikir sendiri”. Tenang, teman-teman bisa menggunakan jasa freelancer untuk mengerjakan semuanya. Sebenarnya banyak sekali para pekerja atau freelancer dalam bidang aset kreatif ini. Ada yang ahli membuat logo, ahli mendesain kemasan yang unik, ahli dalam fotografi bahkan ahli dalam membuat video. Tapi dimana carinya, ya kan? Apalagi kalau tidak punya kenalan yang berhubungan dengan bidang-bidang tersebut.

Nah teman-teman bisa mencari di jasa freelancer KreatifHub. KreatifHub ini adalah wadah yang mengumpulkan para pekerja atau freelancer di bidang industri kreatif, dan mempertemukan mereka dengan para pencari jasa tersebut.

Kenapa teman-teman harus mencari jasa freelancer Kreatif Hub.

Freelancer profesional di bidang industri kreatif

Para freelancer yang tergabung dalam KreatifHub adalah orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing. Jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Tidak dipungut biaya

Mendaftar untuk mencari jasa freelancer KreatifHub tidak dipungut biaya apapun.

Pencarian mudah

Di KreatifHub teman-teman bisa mencari berdasarkan kategori yang diinginkan. Misalnya ingin mencari jasa fotografer, tinggal klik di bagian fotografi, dan teman-teman akan menemukan para freelancer yang ahli di bidang tersebut.

branding, contoh branding, strategi branding, personal branding, produk branding, jenis branding, kreatifhub, freelancer, kerja freelancer online

Keamanan

KreatifHub selalu menjaga keamanan, baik untuk para pencari jasa atau para freelancer yang tergabung. Setiap pekerjaan yang masuk akan dicek terlebih dahulu dan akan dihubungkan dengan freelancer profesional.

Dengan menggunakan jasa freelancer KreatifHub, teman-teman bisa menciptakan branding yang bagus untuk bisnis dan produk yang ditawarkan, dan membuat kerja jadi lebih mudah.

Jadi branding seperti apa yang mau teman-teman pakai di tahun 2022? Boleh share di kolom komentar ya.


post signature


7 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Nah, keren nih kalau mau memulai bisnis sendiri harus memiliki brand yang unik dan menarik. Semangat untuk tahun 2022!

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya bisa cari jasa industri kreatif dalam satu wadah, memudahkan freelancer untuk menemukan client juga. Memang penting bgt personal branding ini ;) jadi pingin kepoin juga siapa tau bisa join hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalo sudah punya branding pasti dicari-cari ^^, mau dikasih kerjaan maksudnya

      Delete
  3. Kreatifhub ini semacam marketplace untuk mempertemukan pekerja kreatif dengan user/client gitu berarti ya. Keren.

    Eh tapi jadi mikir2 nih, brand-ku apaan ya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, tempatnya para freelancer cari job
      nah apa tuh brandnya, udah harus disiapin nih

      Delete
  4. Branding sebagai freelance dan blogger kak :) Semoga kita semua sukses di tahun 2022 in amin

    ReplyDelete