22 September 2021

5 Tips Menggambar untuk Pemula

5 Tips Menggambar untuk Pemula. Siapa yang suka menggambar? Ada yang bilang nih kalau menggambar itu perlu skill atau keahlian khusus. Padahal sebenarnya tidak lho. Gambar itu adalah hasil dari beberapa bentuk yang dijadikan satu. Misalnya gambar rumah, ada bentuk segiempat, segitiga, dan garis-garis. Bikin segiempat bisa kan? Nah berarti bisa dong gambar rumah.

Sebenarnya semua orang itu bisa menggambar, karna dari kita kecil aja sudah belajar menggambar untuk melatih motorik. Tapi ada orang yang terus mengasah kemampuannya sehingga jadi ahli menggambar, dan ada juga yang tidak mengasahnya sehingga skill atau keahliannya hilang seiring waktu.

tips menggambar untuk pemula, belajar gambar, tips menggambar, mudah belajar gambar, teknik menggambar, menggambar untuk semua, easy drawing

Tapi jangan khawatir, keahlian gambar ini bisa diasah kok, tidak perlu merasa terlambat untuk mulai belajar menggambar. Teman-teman hanya perlu mempersiapkan niat dan mengikuti tips-tips dari aku berikut ini.

Mencari inspirasi

Pertama-tama harus cari inspirasi dulu nih, atau cari ide. Teman-teman mau menggambar apa? Ada yang suka gambar tanaman seperti aku, ada yang sukanya gambar orang, gambar pemandangan dan masih banyak lagi.

Inspirasi bisa dicari dimana saja. Di sekeliling kita, atau kebetulan lagi browsing terus lihat gambar yang bagus dan pengen bikin juga, atau dari memori waktu jalan-jalan ke suatu tempat. Inspirasi tersebar dimana-mana, tinggal teman-teman pilih yang disuka.

Inspirasi juga bisa didapat dengan melihat karya-karya orang lain, tinggal search di internet pasti banyak sekali gambar-gambar yang bisa menjadi sumber inspirasi. Pilih satu dulu saja gambar yang ingin dicoba.

Aku termasuk orang yang menggambar harus pakai inspirasi, ada contohnya. Jadi aku akan lebih semangat kalau tahu apa yang harus aku gambar, kadang-kadang cari inspirasi ini susah juga, bingung gitu mau gambar apa. Kalau inspirasiku biasanya foto tanaman atau bunga-bunga dan juga makanan.

tips menggambar untuk pemula, belajar gambar, tips menggambar, mudah belajar gambar, teknik menggambar, menggambar untuk semua, easy drawing

Meniru atau mencontoh

Sebagai pemula, tidak ada salahnya meniru atau mencontoh gambar yang menurut kita bagus dan menarik. Selama niatnya hanya untuk belajar. Yang tidak boleh yaitu teman-teman mengakui gambar tersebut sebagai gambar sendiri. Bila ingin dibagikan di media sosial, jangan lupa mencantumkan sumbernya, untuk mengapresiasi artist yang sudah menggambar.

Akan lebih baik lagi jika teman-teman hanya mencontoh idenya saja, tapi untuk gambar keseluruhan murni dari inspirasi teman-teman sendiri. Misalnya nih, teman-teman menemukan gambar rumah yang unik dan mau digambar, nanti teman-teman tiru gambar rumahnya, tapi detil untuk rumahnya dikembangkan sendiri. Mungkin bentuk pintunya berbeda, atau warna rumahnya berbeda, bisa juga menambahkan suasana di sekeliling rumah yang berbeda. Nanti hasilnya pasti berbeda dengan sumber gambarnya, dan itu adalah murni hasil karya teman-teman sendiri.

Meniru ini biasanya untuk yang baru mulai belajar ya, kalau sudah biasa menggambar, kemampuan berkreasi itu akan berkembang sendiri. Kita sudah bisa mengembangkan ide-ide untuk membuat gambar yang berbeda dari contohnya.

tips menggambar untuk pemula, belajar gambar, tips menggambar, mudah belajar gambar, teknik menggambar, menggambar untuk semua, easy drawing

Menemukan style gambar

Mencari style gambar ini tidak bisa instan ya. Perlu waktu yang lama dan latihan yang lama untuk tahu sebenarnya style gambar yang disukai itu seperti apa. Ada bermacam-macam style gambar. Ada tipe doodle, tipe realistis, tipe kartun dan masih banyak yang lainnya.

Style gambar ini akan terbentuk sendiri dari kebiasan gambar yang dilakukan, dan tentu juga dipengaruhi oleh artist yang teman-teman ikuti. Karena kebiasaan meniru gambar dari seseorang bisa membuat kita akan memiliki style yang sama dengan orang yang kita tiru. Usahakan menemukan style sendiri yang unik dan berbeda agar gambar yang kita hasilkan memiliki ciri khas tersendiri.

Sampai sekarang pun aku masih mencoba mencari style gambar yang aku suka. Karena aku tipe orang yang banyak maunya sih 😆. Pengen gambar yang model doodle, tapi juga suka yang semi realistis, tipe kartun gitu kok lucu juga, masih bingung mau pilih apa nih. 

Terus latihan

Ini tips yang mungkin sering didengar. Tapi memang ini tips yang paling ampuh. Kunci dari semua keahlian adalah latihan, proses pengulangan dari suatu kegiatan secara terus-menerus. Ini akan melatih gerakan tangan dan goresan-goresan di atas kertas. Semakin sering dan semakin lama kita berlatih, tentu keahlian akan semakin meningkat. Jadi jangan tinggalkan latihan ya teman-teman.

Latihan menggambar atau latihan apa pun tidak harus memerlukan waktu yang lama. Dijadwal saja setiap hari ingin latihan berapa lama, misalnya 1 jam sehari. Siapkan 1 jam di antara jadwal teman-teman, pilih waktu yang agak lapang supaya latihannya bisa fokus dan maksimal.

Aku merasa latihan itu benar-benar membantu meningkatkan skill menggambarku. Kalau aku bandingkan gambar-gambar pertamaku dengan yang sekarang sudah terlihat kemajuannya, ya walaupun belum seperti artist yang professional, tapi setidaknya sudah melebihi kemampuanku sebelumnya.

tips menggambar untuk pemula, belajar gambar, tips menggambar, mudah belajar gambar, teknik menggambar, menggambar untuk semua, easy drawing

Jangan bandingkan dengan orang lain

Karena kita sering sekali membandingkan diri kita dengan orang lain. Habis mencontoh gambar orang lain, terus merasa gambar yang kita buat tidak sebagus contohnya, terus jadi gak semangat dan akhirnya malas mencoba lagi. Jangan gitu ya teman-teman.

Semua orang butuh proses untuk sampai ke posisi tertentu. Orang yang kita tiru itu juga pernah ada di posisi kita mungkin 2 tahun yang lalu. Berarti untuk bisa menyamai level tersebut kita perlu latihan dulu selama 2 tahun. Jadi jangan bandingkan hasil karya pemula dengan yang sudah level professional. Cukup bandingkan karyamu yang sekarang dengan karyamu sebulan yang lalu, atau setahun yang lalu, pasti kamu akan lihat perbedaannya. Pasti kamu akan merasa kalau kemampuanmu meningkat pesat sekali. Ingat ya teman-teman.

tips menggambar untuk pemula, belajar gambar, tips menggambar, mudah belajar gambar, teknik menggambar, menggambar untuk semua, easy drawing

Baca juga: Gambar Manual vs Gambar Digital

Sekarang teman-teman sudah tahu nih tips untuk memulai belajar gambar, tinggal prakteknya aja. Tidak ada kata terlambat lho, siapa saja bisa mulai belajar gambar, dari yang muda bahkan kalau sudah tua pun tidak masalah. Yang penting teman-teman selalu semangat dan selalu konsisten latihan.

Jadi teman-teman mau mulai belajar gambar apa nih?


post signature


4 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Wah buat yang belum bisa menggambar bisa mencoba ini, apalagi suka menggambar tapi belum bisa pasti banyak.

    ReplyDelete
  2. Keren mbak gambarnya. Tipsnya bisa dicoba bwt yg mau belajar gambar.

    ReplyDelete