27 August 2021

3 Manfaat Mewarnai di Masa Pandemi

3 Manfaat Mewarnai di Masa Pandemi. Halo teman-teman gimana nih kabarnya selama pandemi? Semoga semua sehat ya. Gimana dengan kesehatan mental? Pandemi membuat orang harus mengerjakan semua aktifitasnya hanya dari rumah saja. Ditambah dengan PPKM yang terus diperpanjang. Mau makan diluar gak boleh lama-lama, mau belanja juga seperlunya, suka parno gitu gak sih kalau harus keluar rumah.

Terlalu lama di rumah aja kadang-kadang bikin bosen. Rasanya semua udah dikerjain. Nonton serial udah sampe beberapa seri, daftar film yang mau ditonton udah habis semua, resep masakan yang mau dicoba pun sudah dieksekusi semua. Perlu cari aktifitas baru yang mengasikkan nih.

Teman-teman sudah pernah coba ‘coloring’ belum? “Apa? Mewarnai? Itu kan kerjaannya anak TK”. Mewarnai gak hanya buat anak-anak aja lho, semua usia bisa mengerjakan aktifitas ini. Dan mewarnai ini banyak manfaatnya, terutama pada masa pandemi seperti sekarang.

manfaat mewarnai, aktifitas selama pandemi, mewarnai redakan stress, kesehatan mental selama pandemi, kegiatan positif di masa pandemi

Melatih fokus

Banyaknya pikiran yang ada di kepala, terutama di masa pandemi, membuat kita jadi susah fokus. Kok kayaknya kerjaan banyak banget, urusan dapur belum kelar, belum lagi nemenin anak-anak sekolah, otak jadi overload.

Saat mewarnai, kita dilatih untuk fokus dengan apa yang kita warnai. Fokus memilih warna yang tepat untuk menjadikan gambar tersebut lebih menarik. Sejenak kita akan melupakan semua permasalahan yang kita hadapi, membuat pikiran kita tenang dan rileks. Jadi ketika sudah selesai, kita merasa sudah fresh kembali dan sudah siap menghadapi semua pekerjaan yang menanti.

Meningkatkan keakraban dengan anggota keluarga

Mewarnai itu bisa dilakukan oleh semua usia, dari anak TK sampai kakek nenek pun bisa melakukan aktivitas ini, karena memang tidak memerlukan skill khusus untuk mengerjakannya. Jadi kegiatan ini bisa dilakukan bersama-sama. Misalnya mengerjakan satu halaman buku bareng-bareng, dengan kreatifitas masing-masing.

Ketika mewarnai pasti akan disertai dengan obrolan-obrolan ringan dan canda tawa antar anggota keluarga, yang membuat hubungan menjadi lebih dekat, lebih akrab dan menciptakan momen kebersamaan yang akan selalu diingat.

Tentu bakalan menjadi salah satu aktifitas yang bakalan ditunggu-tunggu setiap anggota keluarga kan. Mungkin mempersiapkan hari tertentu khusus untuk mengerjakan aktifitas ini saja, membuat semua anggota keluarga akan menunggu-nunggu hari tersebut. Mewarnai sambal ngobrol santai meningkatkan keharmonisan.

manfaat mewarnai, aktifitas selama pandemi, mewarnai redakan stress, kesehatan mental selama pandemi, kegiatan positif di masa pandemi

Meredakan stress

Seperti yang sudah disampaikan di atas, mewarnai itu bisa bikin rileks dan bikin pikiran jadi tenang. Ini adalah terapi yang baik untuk menghilangkan rasa stress, terutama stress yang timbul selama pandemi ini.

Pasti banyak yang mengalamai stress sejak pandemi ini terjadi. Yang biasanya bisa refreshing dengan travelling, sekarang sudah tidak bisa travelling lagi. Atau biasanya nonton bioskop bareng temen-temen, sekarang hanya bisa nonton sendiri di rumah. Memang banyak sekali perubahan drastis yang harus dihadapi dan tidak semua orang siap dengan hal itu. Dan itu memicu perasaan resah, gelisah dan membuat stress.

Temen-temen pernah dengar gak istilah terapi warna? Jadi warna-warna itu memiliki panjang gelombang dan energi tertentu yang bisa mempengaruhi energi pada tubuh. Setiap warna itu memiliki efek yang berbeda-beda terhadap tiap individu. Misalnya warna merah membuat kita lebih semangat atau warna biru yang membuat perasaan jadi lebih tenang dan sebagainya.

Karena itu terapi warna ini sering digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit mental seperti stress atau sering gelisah dan depresi. Nah salah satu terapi warna yang dianjurkan yaitu mewarnai.

Baca juga: [Review] World of Flowers by Johanna Basford

Shop: World of Flowers Coloring Book

manfaat mewarnai, aktifitas selama pandemi, mewarnai redakan stress, kesehatan mental selama pandemi, kegiatan positif di masa pandemi

Pandemi ini belum bisa diperkirakan kapan berakhirnya, jadi kita harus bisa menyesuaikan diri. Kita harus mencari kegiatan yang bermanfaat yang bisa membuat kita sehat baik secara fisik ataupun mental, karena kesehatan mental itu sangat penting lho. Dengan mental yang sehat otomatis kesehatan fisik kita pun meningkat karena kita selalu merasa bahagia dan senang.

Selain itu kita juga harus berfikiran positif, jangan terlalu memikirkan berita-berita yang bikin pusing kepala. Hadapi semuanya dengan kepala dingin. Ingat badai pasti berlalu, dan dibalik semua musibah pasti selalu ada kebaikan yang bisa diambil. Jadi tetap positive thinking dan selalu jaga kesehatan ya teman-teman.


post signature


 

8 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. aku suka banget nggambar kak cuma di digital. secara manual paling saat nemenin anak nggambar dan mewarnai. kataknya aku pingin beli deh buku mewarnai for adult gini. semacam art teraphy gitu ya jadinya? ;) stress release banget pas lihat hasilnya cantik. oh ya aku izin follow blognya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bikin emosi jadi stabil lagi, apalagi buat emak-emak yang banyak pikirannya >_<

      Delete
  2. Baru liat foto pertama aja langsung ngeh kalo ini pasti bukunya World of the FLowers punya Johanna Basford hihihi beliau emang khas banget sih bentuk gambarnya jadi mudah kenalinnya. Tapi belom punya buku ini nih masih banyak yang belom diwarnain di buku lain *eh malah curhat hahaha*

    Tapi, aku setuju banget sih dengan manfaat mewarnai ini. Aku udah lama banget enggak mewarnai dan semenjak pandemi aku lebih mendalami baca buku dan nonton tapi akhir-akhir ini kangen banget buat mewarnai dan coba lagi. Ternyata emang menenangkan banget, cocok buat ngilangin stress banget sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bukunya Johanna Basford khas banget ya, gambarnya punya ciri khas, kalau capek habis kerja aku suka mewarnai buat refreshing, gak usah langsung satu halaman langsung selesai, bertahap aja satu objek dulu, itu udah bikin happy

      Delete
  3. Aktivitas yg kelihatannya sederhana ternyata banyak manfaat, ya. Pandemi ini bener2 menuntut kita agar prima jiwa dan raga :"))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kita harus jaga kesehatan fisik dan mental

      Delete
  4. Dulu aku juga suka gambar dan mewarnai, kira2 sampe kuliah lah. Setelahnya gambarnya di paint di komputer haha. Gambar asal aja utk ngilangin stres

    ReplyDelete