01 June 2016

6 Langkah Blogging bagi Pemula

6 Langkah Blogging bagi Pemula. Zaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan kata blogger. Waktu aku masih SMA, jangankan blogger, internet aja belum paham. Ketahuan kan aku angkatan berapa hehehe. Menurut Wikipedia, blogger itu berarti penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan. Mungkin di awal-awal perkembangannya, blogger memang hanya menuliskan cerita di blog, terutama blog pribadi. Tapi sekarang blogger juga sudah menjadi salah satu profesi yang banyak diincar. Catet nih, sudah bisa dibilang profesi, karena sudah banyak blogger yang mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblognya ini.

Para blogger, terutama yang sudah terkenal, sering mendapatkan tawaran untuk mereview suatu produk, atau menjadi endorser untuk produk tertentu, dan bahkan sampai diundang ke event-event seru. Asyik ya jadi blogger. Tapi untuk bisa sampai ke titik itu, perlu proses lho, bukan hari ini bikin blog terus besok langsung dilirik untuk mereview. Jadi tidak mudah untuk jadi seorang blogger. Walaupun begitu, tetap banyak yang berminat menjadi blogger, banyak blog baru yang bermunculan dengan tema-tema blog yang beragam.

Banyaknya blogger yang sukses saat ini, membuat semakin banyak pula yang mulai melirik untuk menjadi seorang blogger. Mungkin salah satu dari kamu pengen banget jadi blogger dan pengen punya blog, tapi masih bingung apa yang harus dilakukan kalau mau buat blog. Sebelum membuat blog, ada hal-hal yang harus kamu tentukan, agar blogmu nyaman dibaca, banyak dikunjungi, dan mungkin nanti bisa menjadi sumber penghasilan untukmu.

blogger pemula, memulai blogging, tips membuat blog, tips memulai ngeblog, www.indahprimadona.com

Tema blog

Setiap blog pasti punya tema, entah itu tentang makanan, tentang fashion, tentang kesehatan atau yang lainnya. Bahkan ada juga blog yang memiliki banyak tema, dikenal dengan lifestyle blog, seperti blogku ini hehehe, tapi usahakan memiliki 2 atau 3 tema utama saja, supaya pembaca tidak bingung dengan identitas blog.

Gimana caranya menentukan tema? Yang paling mudah adalah dengan cara memilih apa yang paling kamu kuasai. Kalau suka masak, ya buat blog dengan tema makanan, kalau suka dandan, buat blog dengan tema kecantikan, kalau aku suka banget dengan craft dan teman-temannya, jadi tema utama blogku adalah tentang craft.

Platform blog

Platform blog ini adalah tempat dimana kamu mau membuat blog. Ada banyak platform blog, tapi yang paling terkenal dan paling sering digunakan yaitu Blogspot atau Wordpress. Blogku ini menggunakan platform Blogspot.

Apa bedanya Blogspot dan Wordpress? Sebenarnya sama saja fungsinya, tapi memang ada yang lebih suka menggunakan Blogspot dan ada yang lebih suka menggunakan Wordpress. Tergantung mana yang lebih mudah pengoperasiannya menurutmu, apalagi kalau baru membuat blog, pasti inginnya memilih platform yang mudah digunakan.

Nama blog

Nama blog ini akan menjadi judul utama di blogmu. Kalau bisa nih nama blog sesuai dengan tema blog secara keseluruhan, jadi ketika pembaca melihat nama blogmu, dia sudah bisa membayangkan kira-kira apas aja yang akan dia baca kalau berkunjung ke blogmu.

Alamat blog

Alamat blog ini seperti alamat rumah, kalau mau berkunjung ke rumah teman pasti kita minta alamatnya kan, biar gak nyasar, begitu juga dengan alamat blog. Kalau ada yang mau mampir ke blog kita sudah pasti kita akan memberikan alamat blog, seperti www.indahprimadona.com, jadi pilihlah alamat blog yang mudah diingat, supaya pembaca tidak nyasar. Kalau blogmu memiliki tema tertentu, pilih alamat blog yang mencerminkan tema itu, kalau blogmu merupakan personal blogmu dengan tema yang beragam, bisa menggunakan namamu sebagai alamat blog.

Desain blog

Kalau bicara soal desain, gak ada yang benar atau salah, karena desain itu soal selera, dan selera tiap orang pasti berbeda-beda. Tapi yang penting, pilihlah desain blog yang nyaman untuk dibaca, terutama untuk para pengunjung blog. Ya memang sih desain blog tergantung selera yang punya blog, tapi tujuan bikin blog kan supaya ada yang mampir dan membaca tulisan di blog kita, jadi mau gak mau harus tetap mengutamakan pengunjung blog.

Artikel blog

Artikel ini adalah yang paling penting, kalau sudah punya blog tapi tidak ada artikelnya ya percuma dong. Artikel yang ditulis harus sesuai dengan tema blog utama. Tulislah artikel dengan bahasamu sendiri dan jangan pernah meng-copy artikel milik orang lain dan diakui sebagai milik sendiri. Kalau mau mengutip sih boleh-boleh saja, tapi jangan lupa sertakan sumbernya ya. Memang sebaiknya artikel yang kamu tulis benar-benar dari dirimu sendiri, dengan ciri khasmu, dan artikel yang kamu hasilkan akan unik dan berbeda dengan artikel di blog lain.

Sering-seringlah menulis artikel di blog, makin sering menulis di blog, maka akan makin banyak yang berkunjung ke blogmu, dan siapa tahu salah satunya akan menawarkan job, mau kan ^^.

Baca juga: Tips Menulis Artikel Berkualitas

Tulisan ini berdasarkan pengalamanku ketika baru memulai ngeblog, siapa tahu bermanfaat terutama bagi kamu yang baru mau memulai ngeblog. Yang harus diingat yaitu menulislah dari hati, dan menulislah karena ingin berbagi pengetahuan atau informasi kepada para pembaca blogmu.

Happy blogging ^^


32 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. Setuju, kalo nulis harus dari hati 💜 Biar tulisannya punya nyawa ya mba :)

    ReplyDelete
  2. Tipsnya sangat bermanfaat mbak Dona. Iya nih alamat blog saya sepertinya aneh dan agak ribet ya. Nggak tahu juga kenapa dulu bisa begitu, hehe. Tema blog juga masih amburadul nih, semuanya masuk. Harus belajar lebih giat lagi deh saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sama isi blog masih beragam, habis semua pengen ditulis sih, kalau punya banyak blog takut gak keurus >_<

      Delete
  3. Wah, langsung jatuh hati ama.headernya mbak Indah ♥♥♥
    Saya ngeblog buat belajar, apa aja dipelajari asal baik,btw sampai sekarang masih suka platformnya wp, hehe meskipun nongkrongnya di bp :)

    ReplyDelete
  4. Aku awalnya kalau mau nulis, mikirinya kelamaan. Alhasil, nggak jadi nulis. Skarang kalau mau nulis, nggak dibuat ribet deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nulisnya kalau memang ada ide kali ya mbak, jadi biar nulisnya lancar

      Delete
  5. Iya betul langkah blogging mu
    Supaya blog banyak tamu
    Karena tulisan bukan palsu
    Tapi memberi hiburan rasa ilmu..

    ReplyDelete
  6. teman teman sy juga suka ada yg tanya, gimana sih caranya ngeblog? mkasih sharenya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan...pasti banyak deh yang pengen jadi blogger ^^

      Delete
  7. tipsnya ok banget, saya msh sering ngutak ngatik template "cari jati diri", dan msh jrg posting, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak cari jodoh ya, harus nemu yang pas di hati ^^

      Delete
  8. Memang butuh perjuangan ya..supaya bisa seperti blogger-blogger keren itu. Bisa diundang di event-event, bisa endorse atau review dan yang asik bisa dapat penghasilan dari ngeblog ya mbak :)

    ReplyDelete
  9. untuk nama blog aku lebih suka nama yang unik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama yang unik juga oke mbak Nita, orang jadi gampang inget ^^

      Delete
  10. bener sekali point2 di atas memang sangat penting untuk blogger pemula,, jadi kita bisa tahu apa yang harus dilakukan sebelu memulai blogging :)

    salam kunjungan pertama nih :)

    ReplyDelete
  11. Tips yang sangat bermanfaat tapi kalau saya mah lebih mengutamakan artikel yang orsinil karena artikel yang orsinil juga dapat membantu untuk membuat blog menjadi lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  12. dulu kasih nama blog yg ada bau2 kucing, krn aku memang pecinta kucing :).. tp pas nama blogku dikenalin ke temen2, supaya mrk baca gitu, eh, pada nanya aja, "ohh loe buka toko kucing skr fan? jenis apa aja yg dijual" -___-.. baca dulu kek ;p.. kalo dibuka juga udh ketahuan ini ttg traveling dan kuliner ;p ..tp ttp aku g mau ganti nama krn udh telanjur pake dari lama ;p

    ReplyDelete
  13. wahhh kebantu bangett apalagi baru baruuu banget ngeblog.. desainnya masihh seadanya hehehe

    ReplyDelete
  14. wah makasih mba tipsnya, aku blogger pemula, mulai ngeblog tahun ini, lagi belajar, hehe

    salam kenal, Alvi

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali Alvi, kita sama-sama belajar ya, aku juga masih baru nih dan masih jarang aktif >_<

      Delete
  15. Sharingnya oke juga mbak, bikin makin semangat ngeblog dengan hati dan rapih, biar yang baca ikut happy. Thanks btw.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  16. Terimakasih banyak sangat membantu dan bermanfaat artikelnya :)

    ReplyDelete