15 August 2011

Rumah Sejuk Secara Alami

Rumah Sejuk Secara Alami. Sering merasa kurang nyaman berada di rumah karena suhu yang panas? Ingin membuat rumah menjadi sejuk dan nyaman secara alami? Ikuti tips-tips berikut ini.


rumah sejuk, sejuk alami, rumah nyaman
image: Pixabay
edit by Indah Primadona
1. Sinar matahari pagi memang baik untuk tubuh, tapi sinar matahari siang bisa membuat suhu naik. Cegah sinar matahari masuk di siang hari dengan cara menutup jendela atau pintu rumah. Jika memiliki halaman tanam pohon bambu, karena bambu dapat menghalangi sinar matahari. Buka pintu dan jendela di malam hari agar rumah menjadi sejuk, dan tutup ketika hendak tidur.

2. Gunakan tirai yang berwarna putih atau cerah, karena bisa mengurangi suhu di dalam rumah.

3. Panasnya suhu di rumah bisa juga disebabkan oleh alat-alat elektronik yang ada di rumah. Matikan alat elektronik yang tidak dipakai pada siang hari, seperti lampu. Cabut charger handphone, dan matikan TV dalam posisi off, bukan stand by.

4. Pilihlah lampu yang hemat energi. Lampu pijar menghasilkan suhu yang lebih tinggi dibandingkan lampu neon. Selain itu lampu neon lebih tahan lama walaupun harganya lebih mahal.

5. Kelembaban bisa membuat suhu rumah menjadi lebih panas. Jangan mencuci pakaian di siang hari, karena kain yang basah dan terkena sinar matahari langsung akan membuat ruang di sekitar rumah menjadi lembab dan suhu menjadi panas. Hindari genangan air di kamar mandi pada siang hari.

6. Tanaman dapat mengurangi suhu panas di dalam rumah. Perbanyaklah tanaman di halaman, jika tidak memiliki halaman yang luas, bisa menanam di dalam pot dan letakkan di teras atau di sudut ruangan di dalam rumah.

post signature

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^