19 September 2011

Cara Memperlakukan Buku

Cara Memperlakukan Buku. Buku sebenarnya bisa digunakan dan dinimakti untuk waktu yang lama. Tapi sebagian orang hanya menggunakan buku untuk menghias ruangan dengan memajangnya di rak buku. Tapi sudah benarkah cara kita memperlakukan buku? Memperlakukan buku dengan baik dapat menjaga buku dalam kondisi baik dan panjang umur, apalagi kalau berniat untuk menjual buku tersebut nantinya.


cara memperlakukan buku, merawat buku
image: Pixabay
edit by Indah Primadona



Membuka Buku
Jika ingin membuka buku, lebih baik letakkan di atas meja, dan pastikan tangan dalam keadaan bersih. Ketika membuka buku untuk pertama kalinya, buka buku secara perlahan, sampul depan sejajar dengan permukaan meja, lalu angkat tubuh buku sampai tegak. Ulangi juga untuk bagian belakang buku.

Lalu ambil sebagian halaman secara hati-hati, lalu buka, tegakkan dan jauhkan dari tubuh buku. Jaga sebagian besar halaman lainnya agar tegak lurus dengan permukaan meja. Tekan sedikit demi sedikit halaman yang terbuka sampai pada sebagian besar halaman yang ditegakkan dan lakukan beberapa kali.

Mengambil Buku
Pastikan mengambil buku dengan memegang bagian tengahnya. Jangan menarik buku dari bagian atas karena akan merusak buku. Jangan meletakkan buku-buku sangat padat sehingga akan sulit ketika diambil, berikan sedikit ruang sehingga mudah untuk ditarik keluar.

Cara Menyimpan Buku
Letakkan buku sesuai keperluannya, letakkan buku di daerah kering dan tidak lembab serta jauhkan dari akses umum. Bersihkan buku secara teratur agar tidak berdebu dan menjadi sarang serangga yang dapat merusak buku.

Merawat Saat Menggunakan
Untuk buku yang halamannya dari kiri ke kanan, pegang buku di tangan kiri dan buka halaman dengan tangan kanan dari bagian bawah buku. Jangan menandai buku dengan melipat sudut buku, tapi gunakanlah pembatas buku.

Happy reading ^_^


post signature

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^