05 May 2011

Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Manfaat Apel Bagi Kesehatan. Siapa sih yang tidak suka apel. Buah yang rasanya manis dan segar ini selalu jadi idola. Tidak hanya bisa dimakan langsung, tapi apel juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dijadikan jus atau dijadikan Apple Pie. Selain rasanya yang enak, apel juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan.

manfaat apel, manfaat buah apel, manfaat apel bagi kesehatan
image: Pixabay
edit by Indah Primadona

Apel kaya akan serat, dan di dalam apel terkandung serat sebanyak 5 gram atau setara dengan 20 persen asupan harian. Selain itu apel juga mengandung 8 mg vitamin C. 

Saat memakan apel, biasanya kita mengunyah lebih lama karena buah ini cukup keras, hal itulah yang bisa memberikan sinyal dalam tubuh bahwa kita sudah merasa kenyang. Tidak hanya itu, saat memakannya perlahan, secara otomatis pemanis alami yang terdapat pada apel juga masuk secara perlahan sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Khasiat buah apel juga dapat kita rasakan pada gigi. Dengan mengkonsumsi apel, produksi ludah menjadi lebih banyak sehingga dapat ‘mencuci’ gigi dari bakteri.

Berdasarkan hasil penelitian di Inggris, ibu hamil yang rajin mengkonsumsi apel akan menurunkan risiko penyakit asma pada anak yang akan dilahirkannya nanti.

Disarankan saat mengkonsumsi apel, sebaiknya dimakan bersama kulitnya. Kulit buah apel mengandung fitokemikal 87 persen lebih banyak dibanding daging buahnya. Fitokemikal sendiri dikenal sebagai senyawa antioksidan pelawan kanker. Namun, yang perlu diperhatikan adalah mencuci apel dengan bersih sebelum memakannya.

sumber: www.infobunda.com

Baca juga: Apple Pie


post signature

2 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Aku SUka Apel, ternyata banyak manfaatnya yaaaaaaaah

    salam kenaaaaaaal

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga...
    iya apel emang hebat...^_^
    one apple a day keeps a doctor away

    ReplyDelete