06 August 2015

Apple Pie

Salah seorang teman pernah bikin apple pie, ternyata apple pie itu enak ya hehehe. Jadi aku minta resepnya dan langsung praktek deh. Dulu mikirnya bikin pie itu ribet, apalagi untuk kulitnya, ternyata gak sesusah itu lho. Yang susah itu menghiasnya hehehe.

apple pie, resep apple pie, apel
Bahan kulit pie:
150 gr tepung terigu protein rendah, diayak (aku pakai tepung sedang).
20 gr gula (kalau suka manis, bisa ditambah).
75 gr butter/margarin dingin dari kulkas.
1 telur, suhu ruang, kocok lepas. Setengah untuk adonan, setengah untuk olesan.
1/4 sdt vanilla extract (bisa di skip)

Cara membuat kulit:
  • Campur tepung dan gula.
  • Masukkan butter/margarin, lalu remas-remas dengan jari.
  • Masukkan telur dan vanilla, aduk terus dengan tangan sampai menjadi adonan yg soft.
  • Simpan adonan di dalam kulkas, kurang lebih 30 menit.
Bahan isi:
1 buah apel ukuran kecil, kupas bersih, potong dadu kecil
2 sdm margarin
1 sdm terigu
5 sdm gula pasir (aku pakai 4 sdm)
2 sdm gula palem
1/4 sdt garam
1/4 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat isi:
  • Siapkan wajan, masukkan margarin, panaskan hingga mendidih. 
  • Masukkan apel, aduk dan masak sebentar hingga apel menjadi empuk.
  • Masukkan gula palem, gula pasir, garam, kayu manis bubuk dan terigu, teruskan memasak hingga mendidih, empuk dan mengental. 
  • Jika dirasa kurang kental, bisa ditambah sedikit terigu.
Penyelesaian:
  • Keluarkan adonan kulit dari kulkas.
  • Sisihkan sedikit adonan untuk membuat hiasan.
  • Pipihkan adonan dengan rolling pin.
  • Masukkan ke dalam loyang pie, lalu rapikan.
  • Masukkan bahan isi, ratakan.
  • Bentuk hiasan seperti anyaman dan letakkan di atas isi.
  • Oleskan telur di atas hiasan anyaman.
  • Panggang pie di oven dengan suhu 150-170 selama 15-20 menit.
apple pie, resep apple pie, apel

Memang sebaiknya untuk kulit menggunakan tepung rendah, berhubung di rumah hanya ada stok tepung sedang, jadi aku pakai itu. Untuk takaran gula pasir pada isian aku kurangi jadi 4 sdm, karena sebelumnya pernah bikin dengan 5 sdm gula, dan menurutku terlalu manis. Tapi tergantung selera masing-masing ya.

Sebaiknya gunakan loyang yang bisa dibongkar pasang, supaya lebih mudah dikeluarkan. Tapi aku tidak punya, jadi waktu dikeluarkan dari loyang harus dibolak balik. Untuk bentuk hiasannya, tidak harus berbentuk anyaman kok. Bisa berbentuk bintang-bintang kecil yang disusun, atau bentuk-bentuk yang lain.

Aku panggang menggunakan oven toaster yang wattnya besar, jadi aku panggang dengan suhu 150-170 supaya tidak gosong. Jadi sesuaikan suhu berdasarkan oven masing-masing ya.

Happy cooking ^_^

45 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. waw.. sepertinya enak banget. saya juga mikirnya bikin apple pie itu ribet :)

    ReplyDelete
  2. segera dicoba makasih ya mbak resepnya ;)

    ReplyDelete
  3. aaah nanti bisa juga dipraktekin nih, mungkin dnegan isian nenas...#sayang belum ada ovennya hoho

    ReplyDelete
  4. Di Malang banyak yang jual apel pie. Kalo bikin sendiri, hmm, sungguh saya tak bakat bikin pepastry-an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau banyak yang jual aku juga mikir dulu kalo mau bikin hehehe, pasti lebih enak yang dijual :D

      Delete
  5. wah ternyata kue ya mbak, saya kira buah

    ReplyDelete
  6. Apple Pie nya sepertinya enak nih.... Ijin nyontek resepnya ya....

    ReplyDelete
  7. Yuk yuk bikin Apple Pie, entar saya minta ya Mbak.. hehe :)

    ReplyDelete
  8. enak banget tuh kayanya, apalagi ditaburin keju emmm tambah nikmat deh

    ReplyDelete
  9. kalo ke bandung sering makan pie aple, secara ada saudara kerja di toko kue yang jual ini
    tapi saya paling makan dua biji, lebih dari itu ga berani takut dietnya rusak :)
    ha ha ha

    ReplyDelete
  10. Ngilerrrrrrr ngeliat potongan pie'nya *glek
    Seketika pgn beli oven hahahaha

    ReplyDelete
  11. Kalo kayu manisnya diskip ngurangi rasa ga ya, mak? Pengin nyoba bikin. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih iya, soalnya ini baunya kayu manis banget mbak
      kalo aku pake kayu manis bubuk yang botolan, di supermarket ada gak ya?

      Delete
  12. Replies
    1. di simpen dulu aja mbak resepnya, ntar kalo udah punya oven baru praktek :)

      Delete
  13. love this pie, one of my fave. jadi inget apple pie buatan emakku dulu yang tiada duanya. miss her *hiks*
    mungkin ini saatnya saya buat sendiri. Contek resepnya, ya mba Indah

    ReplyDelete
  14. pengen deh coba bikin apple pie. tapi ga ada ovennya :(

    ReplyDelete
  15. menggiurkaaan..sering beli kalau di bogor, disini belom ada huhuhu

    ReplyDelete
  16. Kalau pakai oven kompor bisa ga mbak Dona? Pingin nyoba tapi adanya oven kompor... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bisa, dikira-kira dulu berapa lama manggangnya sampe matang

      Delete
  17. Hmmm yummy. Tapi baru berani bikin mini pie hehe

    ReplyDelete
  18. aduuh kalo sudah ingat pie ini , pasti ingetnya sama pie susu. lapar kan lapar kan wkwk

    ReplyDelete
  19. salah satu kue favorit dan selalu gagal kalau mencoba membuat membuat sendiri, ntar nyobain ahhhh

    ReplyDelete