18 October 2021

5 Tips Cara Menyimpan Telur Agar Tetap Segar dan Tahan Lama.

5 Tips Cara Menyimpan Telur Agar Tetap Segar dan Tahan Lama. Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dibeli oleh para ibu-ibu di rumah. Selain kandungannya yang kaya akan protein, telur juga mudah dalam pengolahan dan memasaknya. Selain itu, telur juga mudah ditemukan di mana saja.

Tidak hanya di pasar besar, di supermarket maupun di toko kelontong juga banyak yang menjual bahan makanan satu ini. Selain warung atau toko offline, anda juga bisa membeli telur melalui toko online. Untuk pembelian secara online, Anda dapat kunjungi situs belanja online kebutuhan harian seperti sesa.id.

tips menyimpan telur, cara menyimpan telur, cara menyimpan telur agar segar, tips menyimpan telur agar tahan lama, tips rumah tangga, tips dapur
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Saat kita membeli telur dalam jumlah banyak, terkadang kita sering bingung bagaimana cara menyimpan telur agar tetap segar dan tahan lama. Meskipun telur memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan bahan makanan yang lainnya. Namun tetap saja jika disimpan dalam waktu yang lama, telur tidak akan sesegar sebelumnya.

Nah lalu bagaimana sih cara menyimpan telur agar tetap tahan lama? Ternyata ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan juga. Penasaran? Mari langsung kita intip caranya.

Bersihkan telur sebelum disimpan

Saat anda membeli telur, sebaiknya sebelum menyimpannya anda bisa membersihkannya atau mencucinya terlebih dahulu. Hal ini agar telur tidak terkontaminasi dengan bakteri salmonella. Saat telur tidak dicuci dan disimpan dalam waktu yang lama, maka bakteri salmonella bisa masuk ke dalam telur melalui pori-pori kulit telur loh. Sehingga dapat menyebabkan diare, kram perut, hingga demam pada seseorang.

Jangan menaruh telur di rak pintu kulkas

Setelah mencuci telur yang kita beli, maka cara menyimpan telur selanjutnya adalah dengan tidak menaruh atau menyimpan telur di rak pintu kulkas. Karena, ketika kita menyimpan telur di rak pintu kulkas, maka dapat menyebabkan telur akan cepat membusuk. Menurut hallosehat.com, ketika kita membuka dan menutup pintu kulkas sepanjang hari, maka akan menyebabkan telur mengalami perubahan suhu, hal ini lah yang membuat telur akan cepat mengalami pembusukan. Oleh karena itu jika anda ingin menyimpan telur di dalam kulkas, maka simpanlah di bagian dalam kulkas, dimana suhu akan jauh lebih stabil.

tips menyimpan telur, cara menyimpan telur, cara menyimpan telur agar segar, tips menyimpan telur agar tahan lama, tips rumah tangga, tips dapur
Photo by Laize de Souza on Unsplash

Jauhkan telur dari makanan yang menyengat

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penempatan telur ketika disimpan. Sebaiknya telur tidak disimpan didekat makanan yang berbau menyengat ya, seperti terasi atau makanan menyengat lainnya. Hal ini karena, aroma menyengat pada makanan dapat mengkontaminasi telur melalui pori-pori pada cangkang telur.

Perhatikan posisi telur saat menyimpannya

Selain hal-hal diatas, cara menyimpan telur agar awet lainnya adalah dengan memperhatikan posisi telur saat menyimpannya. Saat kita menyimpan telur dengan posisi tumpul telur di bagian bawah dan posisi runcing telur di bagian atas, ternyata malah dapat merusak kualitas telur. Hal ini akibat adanya kantung udara pada bagian tumpul telur. Jika posisi kantung udara di bawah, maka isi telur akan menekan kantung udara, dan dapat merusaknya, sehingga kualitas telur akan menurun. Jadi perhatikan jangan sampai terbalik ya ketika menaruh telur.

Simpan telur di egg tray

Egg tray merupakan wadah telur yang terbuat dari karton. Dengan kita menyimpan telur di egg tray, maka telur akan terlindungi dari benturan, sehingga tidak akan menimbulkan keretakan. Selain itu, egg tray juga bisa membantu sirkulasi udara terhadap telur loh, sehingga telur akan tahan lebih lama. Inilah tips terbaik untuk cara menyimpan telur agar awet.

tips menyimpan telur, cara menyimpan telur, cara menyimpan telur agar segar, tips menyimpan telur agar tahan lama, tips rumah tangga, tips dapur
Photo by Morgane Perraud on Unsplash

Ternyata menyimpan telur itu tidak bisa sembarangan ya teman-teman. Perlakuan yang salah dapat membuat telur tidak tahan lama dan cepat busuk. Jadi perhatikan baik-baik cara penyimpanannya ya.

Teman-teman punya tips menyimpan telur supaya awet dan tahan lama juga, selain yang sudah disebutkan di atas? Boleh share di kolom komentar ya.

 

post signature

 


2 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Baru tahu kak cara menyimpan telur ini, terutama yg poin no. 4.
    Jadi inget kmren prnh telurku ada yg pecah, ternyata cara nyimpannya salah ya, hihi. Makasih infonya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga biasanya suka asal tarok aja, ternyata gak bisa gitu ya

      Delete