05 March 2015

Cake Putu Ayu

Kenapa namanya cake putu ayu? Sebenarnya ini tadinya mau bikin putu ayu, seperti resepnya mbak Selma di Dapur Comel Selma, berhubung gak punya cetakan kecil buat putu ayu, jadi pake cetakan seadanya yang berbentuk bulat. Tadinya mau bikin satu kali aja, tapi takut kebanyakan dan tumpah waktu masukin ke dalam kukusan, akhirnya adonan aku bagi dua, baru terakhir ditumpuk jadi satu.



Seneng banget waktu lihat resep ini, soalnya disini memang banyak kabocha atau labu kuning, dan rasanya memang enak walaupun cuma direbus atau dikukus aja. Waktu dibikin jadi putu ayu juga semakin enak rasanya.


Bahan:
4 butir telur
100 gr gula pasir
75 gr tepung terigu 
175 gr labu kuning, kukus lalu dihaluskan
100 ml santan
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanila bubuk
kelapa parut (disini adanya kelapa parut kering, jadi kelapanya aku kukus dulu, tambah sedikit garam aja, karena rasanya sudah enak)

Cara membuat:
  • Panaskan kukusan, bungkus tutup kukusan dengan kain supaya air tidak menetes.
  • Siapkan cetakan, oles dengan minyak, lalu masukkan kelapa parut, tekan-tekan supaya padat.
  • Kocok telur dengan mikser kecepatan tinggi, kalau sudah agak mengembang baru masukkan gula pasir, kocok lagi sampai mengembang dan agak kental.
  • Masukkan garam dan vanila bubuk, kocok rata.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diayak, lalu kocok rata. Matikan mikser.
  • Tambahkan santan dan labu halus, aduk dengan spatula sampai rata.
  • Tuang ke dalam cetakan dan kukus kurang lebih 15 menit.
  • Angkat dan sajikan.

Suamiku suka dengan putu ayu ini, dan kayaknya harus cari cetakan kecil nih biar lebih kelihatan putu ayunya :D.

Happy cooking ^_^


post signature

26 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Enak kyknya buat cemilan sore2 mak :)

    ReplyDelete
  2. putu ayunya warnanya kuning ya mabak, apakah sama dengan kue putu yang bentuk silinder warna putih yang dijual baapk2 gendongan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya pake labu kuning jadi warnanya kuning, kalo biasanya yang dijual di pasar warna hijau soalnya pake pandan
      agak beda sih, kalau yang dijual keliling biasanya ada isinya gula merah

      Delete
  3. Itu foto2nya udah lucu bikin ngiler juga *ngecesss

    ReplyDelete
  4. wah,jadi cantik ya kalau di tumpuk..makasih resep dan idenya mbak^^

    ReplyDelete
  5. Waah ngebayangin aja udah pengen menikmatinya nih mbak, Kapan-kapan minjem resep ni, boleh kan? TFS ya. :D

    ReplyDelete
  6. Lihat gambarnya saja jd ngiler.
    Baru tahu klo kue putu bs d campur dengan labu

    ReplyDelete
  7. wah, wah. suka sama presentasikuenya :)
    dicatat yak resepnya..

    ReplyDelete
  8. kalo aku yang bikin kyaknya susah. minta delivery aja deh.... moga aja pas nyampe masih bisa dimakan. hhehe

    ReplyDelete
  9. makanan kesukaan saya nih, enak siih, :D tapi biasanya warna ijo
    boleh di coa nih buat sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya biasanya kan pake pandan, tapi ini pandannya diganti labu kuning :)

      Delete
  10. Wuiiiiiiiih kayaknya enak ya Mak... baru tahu putu ayu bisa juga dari labu kuning ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, bisa diganti labu kuning
      rasanya juga gak kalah enak :)

      Delete
  11. keliatan enak dan penataannya juga cantik mak...

    ReplyDelete
  12. Maakk cantiik banget yah.
    Aku mau coba juga nih mak. makasih ya resepnya.

    ReplyDelete
  13. Ngebayanginnya udah ngiler mba.
    Harus kreatif memanfaatkan apa yg ada di sekitar ya mba.

    ReplyDelete