28 January 2015

Sukicca Photo Contest

indah primadona
©indahprimadona

Di kota Kitakyushu tempatku tinggal, tiap tahun diadakan kontes foto khusus untuk para pendatang atau foreigner. Tema foto bebas, tetapi harus diambil di daerah Kitakyushu. Hadiah utamanya lumayan menggoda, sebesar 50.000 yen atau sekitar 5 juta rupaiah. Makanya aku ikutan kontes foto ini, lumayan kan kalau menang.


Foto yang aku kirim aku beri judul Sakura. Foto ini aku ambil di Takatoyama Park ketika mengadakan hanami bersama keluarga-keluarga dari Indonesia. Hanami yaitu tradisi berkumpul sambil makan di bawah pohon Sakura. Catet ya, makannya HARUS di bawah pohon Sakura, kalau ada bunga yang jatuh di makanan, yah anggap aja sebagai bumbu tambahan hehehe.

©indahprimadona

Waktu mendaftar ikut kontes ini, aku tidak mengharapkan menang, hanya ikut berpartisipasi saja, karena pasti peminatnya banyak dan pesertanya pasti para fotografer profesional. Tapi tiba-tiba awal Januari lalu aku dapat email dari panitia kontes foto, mengabarkan kalau fotoku masuk dalam 30 besar. Wah benar-benar gak nyangka.

©indahprimadona

Pada acara award, setiap peserta harus mempresentasikan fotonya masing-masing di depan para juri. Iya pake bahasa Jepang, dan karena bahasa Jepangku masih level dasar, jadi terbata-bata dan grogi. Sebenernya bisa sih pake bahasa Inggris, tapi ya bahasa Inggrisku juga gak lancar hehehe.

Peserta yang masuk dalam 30 besar berasal dari bermacam-macam negara. Peserta dari Indonesia ada 5 orang termasuk aku. Peserta yang lain ada yang dari Malaysia dan kebanyakan dari China. Dan benar saja mereka rata-rata fotografer profesional dengan hasil foto yang benar-benar menakjubkan, apalagi dengan kamera yang canggih, sementara aku cuma memanfaatkan kamera handphone saja.

©indahprimadona

Pemenang pertama kontes ini berasal dari China, fotonya memang bagus sih, dan bercerita, begitu menurut jurinya. Salah seorang peserta dari Indonesia mendapatkan juara ketiga, tapi bukan aku lho hehehe. Yah walaupun tidak menang, rasanya sudah seneng banget bisa masuk 30 besar, diantara ratusan foto yang lain. 

Mulai sekarang kalau lagi jalan-jalan harus menyempatkan membuat foto yang bagus nih, siapa tau di kontes berikutnya bisa ikutan lagi dan bisa menang.



post signature

10 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. wah hebat mak, bisa terpilih di kontes foto. foto sakuranya cantik :)

    ReplyDelete
  2. whooahh selamat ya mak. walau gak menang, sudah masuk 30 besar itu udah keren banget. salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  3. Kapan ya bisa ke Jepang >.< pengen banget ke Kyoto dan Sapporo u.u

    ReplyDelete
  4. Duuh jepang..... pengen banget kesana hehe.... keren Mak bisa masuk 30 besar ..selamat yak ^_^

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. makasih mak ^_^
      iya mak lagi merantau ke Jepang nemenin suami kuliah :)

      Delete