10 March 2017

Review: The ABC’s of Hand Lettering


The ABC’s of Hand Lettering adalah panduan terpercaya dan langkah pertama yang sempurna untuk memulai hobi baru yang menakjubkan. Pelajari perbedaan antara font serif, sans serif, script, dan dekoratif; cari tahu bagaimana menempatkan huruf-huruf dan kata-kata menjadi satu; dan buatlah karya kreasi tulisan tanganmu sendiri. Begitu selesai dengan buku ini, kamu pasti akan selalu berkarya.


review buku the abcs of hand lettering, review buku lettering, hand lettering book, www.indahprimadona.com

Penulis: Abbey Sy
Penerjemah: Mustika
Penyunting: Hisni Munafarifana
Penerbit: Haru Publisher

Aku senang banget waktu tahu buku ini sudah ada di Indonesia dengan versi bahasa Indonesia. Karena masih jarang buku tentang hand lettering, yang berbahasa Indonesia. Dan bisa dibilang buku ini harganya terjangkau. Banyak buku hand lettering yang pengen aku baca, tapi belum menemukan di toko buku di Indonesia.

Semakin boomingnya hand lettering, semakin banyak yang mau belajar seni menulis indah ini. Dan salah satu sumber pembelajaran adalah dari buku. Dengan semakin banyaknya buku bertema hand lettering, maka akan semakin memudahkan bagi mereka yang ingin belajar dan mendalami hand lettering ini.

review buku the abcs of hand lettering, review buku lettering, hand lettering book, www.indahprimadona.com

Sebenernya lettering itu bisa dipelajari sendiri, karena yang diperlukan itu sebenarnya latihan terus menerus, jadi kalau tidak bisa gambar atau tulisannya kurang bagus, tidak masalah. Yang penting mau terus berlatih dan belajar. Jadi mau belajar lewat buku pun tidak masalah.

Bagian awal buku ini menjelaskan tentang apa itu lettering, dan perbedaannya dengan typography dan  calligraphy. Jadi tidak bingung lagi nih membedakannya, karena pengertiannya hampir sama. Selain itu dijelaskan juga peralatan yang biasa digunakan untuk lettering ini, jenis pena, cat air sampai kertas yang digunakan.


Rata-rata seni lettering menggunakan font serif, sans serif, script dan dekoratif. Masih bingung membedakan empat jenis font ini? Di buku ini dijelaskan ciri masing-masing font dan contoh-contoh tulisan dari masing-masing font, bisa jadi referensi untuk menciptakan karya letteringmu.

review buku the abcs of hand lettering, review buku lettering, hand lettering book, www.indahprimadona.com

Di buku ini juga diperkenalkan artis-artis lettering, rata-rata berasal dari Philipina, karena memang pengarang buku ini berasal dari sana. Karya-karya mereka memang patut diacungi jempol, dan masing-masing artis sudah memiliki ciri khas desain sendiri. Bisa jadi penambah semangat bagi mereka yang ingin serius di bidang lettering, dan berniat menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Aku suka banget buku ini, desain di dalamnya memang lebih banyak ilustrasi lettering, ini yang membuatnya jadi lebih menarik. Desain letteringnya dengan berbagai macam gaya memberikan ide-ide yang bisa digunakan untuk menciptakan karya-karya lettering.

Tapi buku ini tidak seperti yang aku bayangkan sih, karena aku membayangkan isi bukunya adalah cara menulis huruf-huruf dengan versi lettering. Memang ada sih contoh-contoh huruf dengan berbagai macam font di dalam buku ini, tapi bukan cara menulisnya. Mungkin karena sudah banyak tutorial menulis huruf dengan gaya lettering di internet ya.

review buku the abcs of hand lettering, review buku lettering, hand lettering book, www.indahprimadona.com

Walaupun begitu, tetap tidak rugi kok mengkoleksi buku ini. Dan harapanku, semakin banyak buku seperti ini yang muncul di toko buku, terutama di toko buku Indonesia, apalagi kalau ditulis oleh letterer asli Indonesia.

Happy lettering ^^
post signature





18 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. Keren banget, :D Kok bisa ya nulis kaya gitu? ^_^

    ReplyDelete
  2. aku mau nyicil nih beli brush pen dulu mba...sama buku panduan. di gramed liat2 banyak juga tutorial hand lettering

    ReplyDelete
  3. ih mau beli ah, soalnay penasaran juga banyak yang bisa bikin tulisan ini dengan bagus

    ReplyDelete
  4. Aku juga dari dulu tertarik banget sma seni lettering, apalagi untuk menulis judul atau subject di buku catatan, rasanya menambah motivasi untuk menulis dan membaca. Sayang aku kenal seni ini di akhir sekolah, jadi gak bisa aku aplikasikan semasa aku sekolah. Tapi tetep, aku menghargai banget seni ini

    great post kakak

    nadithaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nulis catatan jadi lebih semangat ya ^^

      Delete
  5. Bukunya bagus, covernya juga menarik. Jadi tertarik untuk belajar menulis bagus dengan bantuan buku ini.

    ReplyDelete
  6. Wah, ternyata jenis-jenis font itu ada banyak yah. Saya jadi bertambah ilmunya, hehehe...

    ReplyDelete
  7. dulu waktu kecil susah payah setengah mati belajar menulis sambung, eh sekarang pake komputer udah bisa nulis sambung. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu waktu kecil ada pelajarannya ya :)

      Delete
  8. pengen banget yang namanya bisa lettering,,, tiap kali memulai langsung nyadar diri nggak bakat. Apa harus lebih tekun ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus banyak latihan mbak, aku dulu juga gak bisa :) semangat !!!

      Delete
  9. Duh aku jd pengen beli dehh..

    ReplyDelete