01 December 2015

[Tutorial] D.I.Y. Bookmark

[Tutorial] D.I.Y. Bookmark. Dari kecil aku sudah suka membaca, dari majalah Bobo, Donal Bebek, Lima Sekawan, Goosebumps, pokoknya punya banyak koleksi buku deh. Tapi akhir-akhir ini memang jarang baca buku, soalnya di toko buku gak ada buku yang pakai huruf Romaji, semua huruf Kanji, jadi jarang beli buku, paling buku kerajinan, soalnya yang dilihat cuma gambar dan polanya aja.

Untuk menandai halaman buku yang dibaca, biasanya aku pakai bookmark. Dulu sih dilipat doang ujung kertasnya, tapi kalau bukunya masih baru, udah ditunggu-tunggu terbitnya, bahkan sampe PO biar gak kehabisan, kalau mau baca harus cuci tangan dulu, bukanya pelan-pelan banget, terus kalau harus dilipat kan gak tega.

tutorial bookmark, diy bookmark, buat bookmark sendiri


Biasanya buku-buku juga sudah ngasih bonus bookmark yang setema dengan bukunya, tapi kalau mau bikin sendiri juga boleh kan. Gak harus untuk novel, untuk semua buku bisa kok, buku pelajaran, buku resep, buku catatan sampai buku keuangan juga bisa. Siapa tahu kalau pake bookmark yang lucu jadi semangat nyatet keuangan hehehe.

Bahan yang diperlukan:


  • Kertas tebal, berwarna-warni lebih bagus
  • Alat tulis
  • Pensil warna
  • Gunting atau cutter
  • Pembolong kertas
  • Tali atau pita
tutorial bookmark, diy bookmark, buat bookmark sendiri

Gunting atau potong kertas seukuran bookmark, punyaku 3.5 x 12 cm, bisa ditambah jika ingin ukuran yang lebih besar. Lalu lubangi bagian atas dengan pembolong kertas.

tutorial bookmark, diy bookmark, buat bookmark sendiri

Nah sekarang saatnya mendesain. Gunakan kreatifitas masing-masing. Bisa digambar dengan pensil warna, cat air atau lebih suka dengan pena saja. Aku juga pakai pembolong kertas dengan bentuk hati, hasilnya juga cantik.

tutorial bookmark, diy bookmark, buat bookmark sendiri

Terakhir pasang tali atau pita pada bagian yang berlubang. Bookmark siap digunakan :).

tutorial bookmark, diy bookmark, buat bookmark sendiri

Gak susah ya bikinnya. Kalau dikerjakan bareng anak-anak juga seru lho. Mereka pasti punya imajinasi desain yang lucu dan unik. 


Happy crafting ^_^


57 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. Wah, handmade bookmark. Bagus banget jadinya mba. Kalo bikin sendiri jadinya bisa sesuai keinginan dan selera masing-masing orang. Makasih udah share :D :D

    ReplyDelete
  2. anak saya juga sering pakai bookmark apalagi buku sekolah kan banyak ya mbak...tapi beli yang kecil-kecil warna-warni itu yang ditempel diujung buku...

    * kalau bookmark buatan mbak Dona istimewa deh... :)

    ReplyDelete
  3. Kreatif..dan cantik banget hasilnya mbak. Btw, yang hitam putih itu penanya pake pensil warna yang putih gitu? Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pengennya sih pakai pena warna silver atau gold gitu, tapi gak punya :D

      Delete
    2. Tapi bagus kok mbak, cantik hasilnya :)

      Delete
  4. Dulu pas kuliah suka banget nih bikin ginian... trus dipakai buat suvenir-suvenir acara gitu. Bikinnya ramai-ramai sama anak kosan, seru banget! sampai lembur malam-malam.

    ReplyDelete
  5. Bookmarked. Lucu nih kapan2 pengen bikin, pas banget buat aku yg sering baca dan pembatas halamannya sering diilangin, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti harus bikin yang banyak buat stok kalau hilang lagi :)

      Delete
  6. Waaahhh iya bookmark bukunya lucu-lucu Mbak,,, Iyaa sayang dong ya kalau beli buku baru terus ciri sampai halaman dibacanya dilipat, ah tapi kalau misalkan dipinjam, itu yang minjam tuh ya yang suka ngelipat halaman buku,waduh,,, minta dong satu Mbak bookmark yang lucunya, yang motif love Mbak ya... hehehehehehe :) Siiippp Mbak, kreatif bingit Mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spesial deh buat mas Diar ntar aku bikinin yang warna pink ngenjreng ya, biar gak mudah hilang :D

      Delete
    2. Hahahahaha boleh boleh Mbak wkwkwkwkwkwkwkwkwkw :)

      Delete
  7. waaa, cantikkk makk. aku suka yang warna item itu, jadi pengin bikin sendiri. :3

    ReplyDelete
  8. cantik banget...
    ini jav duduk di sebelah lgsg pgn bikin jg :D

    ReplyDelete
  9. Fotonya Mbak Indah keren keren, kapan bisa ketemu sama dirimu Mbak. Pembolongnya cantik ya, jadi membuat bookmark jadi lebih kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga-moga ada kesempatan ketemu ya mbak Astin :)

      Delete
    2. aku juga mau ketemu, minta ajarin foto2 cantik :D

      Delete
    3. Yuk kita kopdaran, aku mau belajar jahit padamu mbak :)

      Delete
  10. wah seruu juga y kayaknya bikin kayak ginian mbak hehe gak susah yah hehe....

    ReplyDelete
  11. bagus-bagus boomarknya. Memang enakan bikin sendiri :)

    ReplyDelete
  12. waktu smp saya sering bikin pas ada pelajaran ktk (kerajinan tangan dan kesenian)
    tapi sekarang mah udah lupa
    paling suka ngumpulin bookmark pas beli buku di gramed atau majalah :)

    btw, makasiiih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rata-rata beli buku udah dapet bookmark ya mas :)

      Delete
  13. Asyik dapat ide crafting bareng anak-anak. Mereka butuh pembatas buku juga. Makasih sharingnya Mak Primadona.

    ReplyDelete
  14. Kereeeen..
    Saya suka yg ada pembolong hatinya.

    ReplyDelete
  15. Aku klo bobo sukae pak janggut, tp baru nemu pdfnya di internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka Oki dan Nirmala, maklum dulu sukanya princess gitu :)

      Delete
    2. sekarang masih ada gak tuh majalah bobo?

      Delete
  16. ihh lucu ya pake plong kertas yang bentuk hati..
    Btw samaan nih artikelnya lagi bikin bookmark juga, hahaha..
    Tapi q bikin dari paperclip :D

    ReplyDelete
  17. Bener mbak, sekarang kalau mau lipat buku itu serasa eman kalo ada tanda lipatan...untuk buat bookmarknya sih bisa sampek potong kertas, tapi kalo gambar-menggambar seperti punya mbak indah, sepertinya saya kagak jago bikin yang cantik-canti kayak gitu mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak harus digambar kok, bisa ditempelin gambar aja, disusun-susun gitu udah cantik juga :)

      Delete
  18. hihihihi iya banget nih mbak, buku kesayangan kadang ngelipatnya keciiiil bgt. alhasil pas mau ngebaca lagi gk keliatan lipatannya. dan saking narsisnya bikin bookmark buku pun pake collage foto pribadi, dilaminating kemudian dibolongin dan diberi pita wkwkwk duh narsis oh narsis hihihihi

    ReplyDelete
  19. Mba dona, salam kenal yaah..aku chacha, istrinya joned 2000 ^^
    aku malah nemu blognya mba donna di blogger perempuan! hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo chacha ^^
      Wah ketemunya malah di blog, padahal kan kita sama-sama di Jepang 😆

      Delete
  20. kreatif pisan iki :D
    kerennnn kerennn hihi
    simpel juga yahh bikinnya hehe

    ReplyDelete