18 January 2022

Completed Coloring Pages December 2021

Completed Coloring Pages December 2021. Aku sudah mulai mendokumentasikan halaman-halaman yang sudah selesai aku warnai sejak bulan November kemaren. Dengan mendokumentasikan ini, aku bisa melihat progres dan menambah semangat untuk terus mewarnai.

Seperti postingan tentang completed coloring pages sebelumnya, aku menargetkan beberapa halaman yang ingin aku warnai di bulan Desember. Supaya selalu semangat, aku juga mengikuti coloring challenge. Dan di bulan Desember aku bisa menyelesaikan dua halaman yang dua-duanya merupakan bagian dari challenge.

adult coloring, adult coloring book, completed coloring pages, adult coloring book completed pages, adult coloring for beginner, adult coloring tips

Flower Frame (World of Flowers)

Untuk halaman pertama, aku memilih halaman dengan gambar bunga-bunga yang membentuk frame. Halaman ini aku pilih untuk mengikuti coloring challenge berupa palet warna. Host sudah menyediakan warna-warna yang harus digunakan, dan kita tinggal menggunakan warna-warna tersebut untuk mewarnai.

Warna-warna yang digunakan di challenge ini yaitu gradasi warna plum atau ungu tua dengan tambahan hijau, coklat dan krem. Sebelum memulai mewarnai, aku pilih dulu warna-warna yang sesuai dengan palet warna tersebut. Bisa dengan melihat color chart yang sudah dibuat untuk melihat kemiripan warna yang dipunyai dengan warna pada challenge.

Setelah mendapatkan warna yang pas, baru deh mulai mewarnai. Aku gunakan warna plum yang dipadu dengan warna krem untuk bunga-bunga, dan warna hijau serta coklat untuk bagian daun dan dahan.

Coloring challenge yang berupa palet warna ini sebenarnya susah-susah gampang pengerjaannya. Memudahkan karena kita tidak harus pusing memilih warna yang harus digunakan, karena sudah disediakan dan tinggal mengkombinasikan warna-warna tersebut. Tapi juga bisa sangat membingungkan, karena harus memilih gambar yang cocok untuk palet warna tersebut. Apalagi kalau warna yang digunakan itu adalah warna yang jarang digunakan untuk mewarnai.

Tapi aku suka dengan hasil warnaku di challenge ini. Ternyata kombinasi palet warna ini bagus juga ya.

Flower Pattern (World of Flowers)

Untuk halaman yang kedua, aku juga mengikuti coloring challenge dengan tema warna hijau. Jadi harus mewarnai satu halaman dengan hanya menggunakan warna hijau, bisa hijau muda, hijau tua, hijau lumut dan hijau-hijau lainnya, asalkan warnanya hijau.

Untuk challenge yang ini, aku pilih halaman dengan pola gambar bunga. Tinggal pilih saja mana yang diberi warna hijau tua, mana yang warna hijau muda dan begitu seterusnya. Mewarnai dengan warna monochrome seperti ini bikin rileks, karena tidak perlu bingung memilih warna supaya gambar menjadi lebih bagus. Pengerjaan halaman ini juga menjadi lebih cepat.

Sebenarnya untuk bulan Desember, aku menargetkan untuk menyelesaikan empat halaman di coloring book, tapi ternyata aku hanya bisa menyelesaikan dua halaman saja. Tidak apa, yang penting aku enjoy mengerjakannya. Tujuan aku mengikuti challenge ini sebenarnya supaya aku selalu semangat coloring, selain itu supaya coloring book yang aku punya bisa cepat selesai dan pastinya have fun.

Untuk bulan Januari ini, aku juga mengikuti beberapa coloring challenge.

Host coloring challenge ini, @colorfullyoptimistic, sudah memulai challenge dari huruf A, dan bulan Januari ini adalah huruf F. Peraturannya yaitu mewarnai menggunakan media yang berawalan dengan huruf F. Aku ikut challenge ini karena aku menggunakan pensil warna Faber Castell Polychromos yang dimulai dengan huruf F.

Challenge berikutnya yaitu #fantasyanimalsmania. Di challenge ini, kita harus mewarnai halaman dengan gambar binatang, tapi tidak boleh mewarnai binatang tersebut dengan warna aslinya. Misalnya ada gambar harimau, maka kita tidak boleh mewarnai harimau dengan warna coklat seperti warna aslinya.

Selanjutnya aku pilih challenge #johannajanuary2022, inti challenge ini yaitu mewarnai buku yang dibuat oleh Johanna Basford. Kebetulan aku punya buku Johanna Basford yang World of Flowers, dan aku selalu mewarnai di buku ini supaya buku ini bisa cepat selesai, jadi aku pasti ikut challenge ini.

Aku juga berencana ikut challenge #mushouseinjar_coloralong dari mbak Peni. Kita harus mewarnai gambar yang diberikan mbak Peni. Challenge ini berlangsung dari Januari sampai Februari, jadi ada lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Challenge selanjutnya yang mau aku ikuti yaitu #coloringexlibris2022, jadi challenge ini yaitu mewarnai lembar name plate di dalam coloring book. Name plate ini yaitu lembar yang biasanya berada di bagian paling depan, untuk menulis nama kita sebagai pemilik buku.

Di bulan ini aku juga ingin ikut palette color challenge, masih dari host yang sama yaitu @ipandacolours, dengan tema palet jack frost. Palete ini berisi warna-warna pastel. Aku harus mencocokkan warna di palet ini dengan pensil yang aku punya, untuk mencari warna yang mirip.

Terakhir aku mau ikut coloring challenge dari grup antusias ngelir. Challenge ini juga berlangsung dari Januari sampai Februari, jadi aku punya waktu yang lebih banyak untuk ikut challenge ini.

Bulan ini ternyata banyak challenge yang ingin aku ikuti. Semoga bisa dikerjakan semua ya. Kalau tidak semua juga tidak apa-apa, yang penting ada yang dikerjakan bulan ini. Sekali lagi challenge ini hanya sebagai penyemangat, jangan malah bikin stress.

Teman-teman yang suka coloring, pengen menyelesaikan berapa gambar di bulan ini?


post signature


5 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Jangan lupa follow IG @indahprimadona
Saran dan masukan ke hello.primadona@gmail.com
Terima kasih ^_^

  1. Wah cantik, semakin rumit aja, ya tantangannya tapi bagus jadi belajar banyak tentang coloring. Semangat di challenge berikutnya, Mbak!

    ReplyDelete
  2. Makin lama details banget ya hehe. Anyway, sulit sih untuk bikin color palet manual. Kalau digital kan bisa dibantu website atau aplikasi untuk padu padan ya. Aku jarang coloring maual nih, pingin nyoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus jeli matanya, emang gak bisa mirip banget sih, mendekati aja, apalagi beda merek pensil beda juga warnanya

      Delete
  3. semangat ngelir nya mbak dona.yeayy baru ketemu blog mu nh

    ReplyDelete