26 March 2014

Persiapan Tahun Ajaran Baru TK di Jepang


Yang namanya tahun ajaran baru pasti bikin ibu-ibu sibuk mempersiapkan keperluan untuk sekolah anaknya. Seperti anakku nih yang mau naik tingkat di TK. Sebenarnya semua peralatan sekolah sudah ada di sekolah dan tinggal di beli apa yang diperlukan. Bisa sih kalau mau membeli di luar, tapi aku biasanya beli langsung di sekolah saja biar sama dengan anak-anak yang lain. Toh harganya tidak berbeda jauh sama di luar sekolah.

Memang anak-anak sekolah di Jepang ini peralatannya sekolahnya sama semua, terutama di TK anakku. Mulai dari seragam, tas sekolah, buku, alat tulis, alat mewarnai, dll. Tapi memang tidak diharuskan membeli di sekolah ya. Dan karena banyaknya barang yang sama, dan supaya tidak tertukar, maka setiap barang harus diberi label nama masing-masing. Mulai dari baju, buku, alat tulis, tempat makan, tas, pokoknya semua supaya tidak tertukar.



Karena itu di sini banyak dijual label-label nama, ada yang berbentuk stiker, ada yang berbentuk kain, tinggal dipasang pada peralatan sekolah dan kita tinggal menuliskan nama anak dan kelasnya, praktis ya. Selain itu bentuk stiker atau label nama ini juga lucu-lucu. Dan ada juga kain untuk label nama pada baju, yang tinggal dijahit atau bahkan di setrika saja pada baju anak.


No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^