11 April 2017

Faux Calligraphy + Tutorial

Faux calligraphy + tutorial. Apa itu faux calligraphy? Faux sendiri berasal dari bahasa Perancis, yang berarti palsu atau tidak asli. Jadi faux calligraphy bisa diartikan tulisan yang palsu. Hah kenapa palsu? Palsu disini bukan berarti tulisannya palsu ya, memang tulisan yang palsu yang kayak apa? 

Palsu disini maksudnya dibuat tidak sesuai dengan teknik menulis yang ada. Jadi misalnya calligraphy menggunakan brush pen, memang ditulis menggunakan brush pen, menciptakan garis yang tebal dan tipis secara alami menggunakan brush pen. Sedangkan faux calligraphy berarti menulis calligraphy hanya menggunakan pena biasa tetapi bisa menghasilkan tulisan yang mirip dengan tulisan yang dibuat dengan brush pen. Jadi tidak asli kan ya.

faux calligraphy tutorial, calligraphy, pen calligraphy, font calligraphy, calligraphy tutorial, tutorial kaligrafi, www.indahprimadona.com


Teknik menulis dengan faux calligraphy ini digunakan jika kamu memang cuma punya pena biasa, tapi pengen menulis tulisan calligraphy. Bahkan ada yang mencoba menulis dengan brush pen, tapi kurang puas dengan hasil yang didapat, akhirnya mencoba menulis dengan teknik ini dan bisa lebih puas. Jadi alasan masing-masing menggunakan teknik ini bisa berbeda-beda, tapi bukan berarti karena namanya palsu lantas teknik menulis ini jadi berkesan negatif ya. Ini hanyalah teknik yang memudahkan.

Untuk menulis faux calligraphy ini, yang dibutuhkan hanya pena dan kertas. Pena yang digunakan bisa jenis pena apa saja, pena gambar atau ink pen biasa. Tapi pilih pena yang tintanya keluar dengan baik ya, tidak macet sehingga hasilnya juga bagus.

Karena pena yang digunakan hanya pena biasa, kertas yang dibutuhkan pun tidak harus kertas yang tebal. Buku catatan pun boleh. Bahkan teknik menulis ini bisa digunakan untuk mempercantik buku catatan yang kamu punya, sehingga bisa lebih semangat belajar dan lebih semangat menulis.

Pertama-tama tulis satu kata, tulis dengan tulisan sambung. Aku menulis menggunakan drawing pen.

faux calligraphy tutorial, calligraphy, pen calligraphy, font calligraphy, calligraphy tutorial, tutorial kaligrafi, www.indahprimadona.com

Lalu tebalkan bagian yang memang harus tebal. Dalam teknik calligraphy, ketika menarik garis ke atas, garis lebih tipis dan ketika menarik garis ke bawah, garis lebih tebal. Jadi tebalkan garis yang ketika kamu tulis, ditarik dari atas ke bawah. 

faux calligraphy tutorial, calligraphy, pen calligraphy, font calligraphy, calligraphy tutorial, tutorial kaligrafi, www.indahprimadona.com

Caranya dengan membuat garis di sampingnya sehingga ada dua garis.

faux calligraphy tutorial, calligraphy, pen calligraphy, font calligraphy, calligraphy tutorial, tutorial kaligrafi, www.indahprimadona.com

Blok atau warnai ruang di antara dua garis tadi, sehingga membentuk garis yang terlibat lebih tebal.

faux calligraphy tutorial, calligraphy, pen calligraphy, font calligraphy, calligraphy tutorial, tutorial kaligrafi, www.indahprimadona.com

Tulisan sudah selesai. Mudah kan. Kalau kita sudah paham teknik calligraphy, membuat faux calligraphy ini akan menjadi lebih mudah.

Jadi sekarang sudah bisa kan membuat faux calligraphy. Memang kayaknya kok curang ya bisa membuat tulisan calligraphy dengan cara yang mudah dan peralatan yang seadanya. Tapi membuat faux calligraphy juga tidak semudah yang dibayangkan sih hehehe.

Kalau mau belajar brush pen calligraphy, kamu bisa belajar dari basic brush lettering. Masih bingung pilih brush pen yang mau dipakai? Silahkan baca brush pen review dulu, karena banyak pilihan brush pen yang bisa dipakai, jadi pilih yang cocok untuk pemula dan tentunya yang pas di kantong.

Happy lettering ^^

post signature




14 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. waah Mbak Indah total belajar tentang teknik penulisan begitu. Aku nyoba untuk selingan aja, heheee...gampang moody nya. Eh iya, aku mau bikin blog baru lagi belum sempat untuk header darimuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya sih emang buat selingan aja, tapi makin lama makin asik ^^
      gpp mbak Astin ^^

      Delete
  2. Iya biasanya cara ini dipakai sama orang-orang yang brush pennya habis atau memang tidak punya. Kreatif juga ya mbak :D

    ReplyDelete
  3. dapet ilmu lagi ni, makasih ya mbak. Oya tutorial membuat bross ngak ada ya, istri mau belajar soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok crochet flower tutorial, bisa dibikin bros juga :)

      Delete
  4. Udah lama nggak nulis beginian, kebanyakan pake program gambar mulu. Sepertinya harus dilatih kembali nih tangan biar lincah kembali dalam menarik garis. Nggak cuma tulisan kaligrafi aja, tapi juga tulisan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, udah sering pake komputer jangan sampe lupa keahlian tangan sendiri

      Delete
  5. Keren mba. Makasih tipsnya. Ingin coba lettering sekali kali

    ReplyDelete
  6. Tulisan begini biasanya menghiasi lembaran notes kalo pas lagi training jaman ngantor dulu, melepas penat biar gk ngantuk hahaha. Eh skrg ngehits ya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu kalau udah mulai ngantuk pas kuliah pasti deh mulai corat coret, untung dulu belum ngehits, kalo udah pasti ngerjain lettering mulu bukannya dengerin dosen >_<

      Delete