02 September 2016

Template Image for Blog Posts, Yes or No?

Template Image for Blog Posts, Yes or No? Semua blogger pasti sudah paham banget kalau image atau foto itu mendukung isi postingan, apalagi image yang dipakai di awal postingan, harus eye catching untuk menarik pengunjung. Karena itu usahakan setiap postingan ada gambarnya, ya minimal satu lah. Dan kalau memang ada lebih dari satu image di satu postingan, pasti kita akan memilih image yang paling bagus dong untuk foto utama.

Image yang digunakan sebagai foto utama tentunya ingin yang sesuai dengan tema postingannya, dan demi postingan yang kece, gak sedikit lho blogger yang mempersiapkan image dengan maksimal, bahkan mungkin lebih lama proses pengambilan foto daripada proses menulis postingan. Kalau tidak mau ribet mempersiapkan foto, bisa juga sih mengambil foto yang gratis di internet, yang kualitas fotonya tidak kalah dengan fotografer profesional.

template image, blogging, blog posts, free image, font, style, www.indahprimadona.com


Setelah mempunyai foto yang pas untuk mendukung postingan, langkah selanjutnya tentu mengedit foto tersebut dan menambahkan judul postingan menggunakan font yang menarik, iya kan. Nah bagian ini juga perlu proses yang gak sebentar, kadang-kadang harus memindahkan letak font berkali-kali demi mendapatkan layout yang bagus. Iya, jadi blogger itu emang kerjaannya banyak, gak hanya nulis terus publish *malah curhat*.

Untuk mengurangi kerepotan itu, aku sudah mulai menggunakan template image di setiap postinganku. Jadi kalau ada yang memperhatikan blogku, foto yang aku gunakan selalu sama, dengan style dan font yang sama, nah itu yang namanya template image. Pada postingan-postingan lama, aku hanya menggunakan font dan style penulisan yang sama, tapi dengan background yang beragam. Dan untuk beberapa postingan terbaru, aku sudah mulai menggunakan konsep pada setiap image yang aku gunakan di postingan blog.

template image, blogging, blog posts, free image, font, style, www.indahprimadona.com

Jadi aku menggunakan background foto yang digunakan berulang-ulang dengan cara penulisan yang sama, untuk semua postingan di blog. Tapi aku punya beberapa foto yang aku sesuaikan dengan tema postinganku, seperti foto yang aku gunakan di atas, itu adalah foto yang selalu aku gunakan untuk postingan yang bertema blogging. Untuk warna font aku sesuaikan dengan tema warna blog secara keseluruhan.

Kalau bikin foto begitu apa gak malah ribet? Apalagi tiap tema beda fotonya. Iya memang ribet, tapi ribetnya sekali aja waktu awal pengambilan foto. Harus menuliskan tema apa saja yang ada di blog, lalu menyiapkan properti foto yang sesuai dengan tema, dan harus berkali-kali ambil foto untuk mendapatkan image yang sesuai keinginan.

Jadi repotnya cuma diproses mempersiapkan image, setelah itu tidak lagi. Ada beberapa alasan kenapa aku lebih memilih menggunakan template image.

Lebih mudah untuk membuat image utama

Semenjak menggunakan template image, proses pembuatan image utama jadi lebih cepat. Tinggal menambahkan tulisan untuk judul dan memilih font. Font yang aku gunakan juga sudah ditentukan, jadi  tidak harus berlama-lama memilih font yang sesuai. Tidak sampai 5 menit sudah selesai.

Tidak repot mempersiapkan image

Kalau dulu biasanya aku harus memikirkan image apa ya kira-kira yang sesuai dengan tema postingan. Kalau sudah ada ide, baru aku mulai mengambil foto, atau malah mencari foto di internet. Supaya postinganku nantinya tetap menarik dengan foto yang mendukung. Tidak jarang untuk mempersiapkan foto saja perlu waktu yang lama, apalagi tugas utamaku adalah ibu rumah tangga yang masih punya bayi, jadi harus bisa mencari waktu yang pas untuk mengambil foto supaya tidak mengganggu kegiatan yang lainnya. Malah bisa berhari-hari hanya untuk dapet satu foto yang pas hehehe. Ketika sudah menggunakan template image, tinggal fokus di tulisan aja.

Punya ciri khas

Dengan menggunakan template image, kita bisa menciptakan ciri khas untuk blog kita. Jadi setiap ada yang melihat foto blog post kita, pasti pembaca sudah tahu itu foto dari blog siapa.

Template image itu sebenarnya tidak harus fokus fada fotonya, bisa juga memilih gambar background yang berbeda-beda, tetapi memiliki format tulisan yang sama, terutama dalam pemilihan font dan layout. Aku punya ide untuk membuat template image ini karena pernah melihat beberapa blog  atau website menggunakannya, dan memang mereka jadi memiliki ciri dan style yang khas.

Image yang digunakan Lauren di setiap postingan di blognya sederhana sekali, hanya background polos dengan judul postingannya. Dia hanya bermain di warna background, untuk font dan layout peletakan font sudah ditentukan. Ketika dia menggunakan image yang berbeda pada postingannya, dia tetap mempertahankan font dan layoutnya.

template image, blogging, blog posts, free image, font, style, www.indahprimadona.com

image: Elle & Co

Template image yang dibuat oleh Caitlin ini benar-benar eye catching. Konsepnya menggunakan permainan background lalu judul  post di bagian tengah. Dia menggunakan font dan cara penulisan yang sama.

template image, blogging, blog posts, free image, font, style, www.indahprimadona.com
image: Caitlin Bacher

Menurutku Jen menciptakan template image yang paling unik. Pemilihan background yang beragam, tapi dengan tone gambar yang senada. Yang unik yaitu cara dia menuliskan judul tiap postingannya di image tersebut. Dia selalu membagi judul menjadi 3, dan ditulis di dalam 3 kotak terpisah.

template image, blogging, blog posts, free image, font, style, www.indahprimadona.com
image: Jen Carrington

Cara membuat template image itu sama saja seperti membuat image untuk judul postingan biasanya, tinggal kita menentukan konsep yang ingin kita pakai seperti apa, font yang dipakai yang mana. Dan usahakan setiap image yang dibuat selalu ada benang merahnya, yang paling mudah yaitu pemilihan font dan cara penulisan yang seragam.

Kamu bisa menggunakan program desain apa saja yang kamu punya, tapi kalau mau yang gratis, kamu bisa coba Canva. Di Canva sudah ada format untuk blog graphic, kita bisa pilih background yang ada atau menggunakan free foto yang sudah disediakan oleh Canva. Kalau mau menggunakan foto sendiri juga bisa kok. Tinggal tambahkan tulisan dan elemen lainnya, lalu susun sesuai konsepmu.  Canva juga menyediakan layout-layout yang menarik yang bisa kamu edit dan gunakan untuk template image di blogmu. Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpan desainmu, karena bisa digunakan lagi untuk postingan selanjutnya.

Intinya template image itu memudahkan, tidak repot memikirkan desain seperti apa yang mau dipakai, karena tinggal menggunakan desain yang sudah ada. Tentunya pengerjaannya akan lebih cepat. Kalau tidak mau menggunakan template image juga tidak masalah, namanya blog pribadi ya suka-suka yang punya blog kan ya hehehe. Kalau kamu lebih suka template image atau tidak?

Happy blogging ^_^




41 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. iya mbak. keren dan hemat tenaga pas mau posting.

    cuma...apa ga bosen mbak lama-lama? atau dibuat beberapa template lalu dirolling gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara sih belom bosen, gak tau kalo nanti hehehe

      Delete
  2. bagus mba tulisannya aku nggak kepikiran ada template image ini hihi
    cussah bikin formatnyaa :D

    ReplyDelete
  3. Kalau template image nya kece gitu, mudah menarik pembaca ya.

    ReplyDelete
  4. Kalau yang di blog ini agak random ya model gmbarnya. Hehe. Kalau saya sendiri pake gambar black and white tanpa caption. :D

    ReplyDelete
  5. Nice info, mba. Kadang saya image-nya cuma tulisan aja dengan background hitam trus tulisannya putih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah bisa dibilang template juga sih, kalau selalu begitu nulisnya

      Delete
  6. Mbaa aq mau dong dkasih tahu huruf latin di template image mba dona, jika berkenan si :)
    Suwun mba

    ReplyDelete
  7. Yes, perlu banget buat branding... Aku sih suka, tp kadang ga konsisten hehehe...

    ReplyDelete
  8. Waaa...cantik-cantik Mbaa...
    Boleh nih idenya. Kalau aku juga udah mulai sih, pake template image gini. Apalagi untuk postingan yang sama misal #MondayMarriage. Tapi jujur image yang sekarang belum terlalu sreg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ada temanya ya mbak, nanti pasti ketemu gambar yang pas :)

      Delete
  9. sharingnya bikin aku jd terhibur, selama ini memang bikin image cukup menyita waktu, apalagi sama nih nasibnya, masih punya baby.. ternyata ada yg sederhana ya, cukup dgn latar image juga udah kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jdi cepet deh bikin imagenya mbak, gak perlu repot pilih gambar

      Delete
  10. Sangat bermanfaat artikel ini bagi saya, terima kasih

    ReplyDelete
  11. Aku biasanya bikin pake GIMP karena gak punya potosop, mehong potosop, haha.
    Imagenya ngambil di pexels, haha. Terinspirasi dari image di Blogger Perempuan.

    ReplyDelete
  12. Iya blognya mbak Dona fotonya sangat khas sekali, didepan ada tulisan dikit habis itu baru dimasukkan foto ukuran besar dan tulisan dominan pink. Ciri khasnya kuat. Saya belum bisa buat begitu, fotonya masih acak, dari ukuran, tulisan dan warna. Pengen nyoba buat yang begitu, bisa nggak ya? :)

    ReplyDelete
  13. Benar juga ya. Saya kadang memilih foto saja bisa setengah jam sampai lebih dan bisa jadi tambah lama kalau mood lagi nggak bagus.

    ReplyDelete
  14. Aku lagi mencoba mencirikan di font sih mba...kalau image masih aku sesuaikan dengam konteks artikel

    ReplyDelete
  15. terima kasih infonya,malahan akumah gk pake gambar sama sekali,,

    ReplyDelete
  16. Inspirasional!
    Saat bertandang ke sini, rasanya adem sekali. Berasa jadi princess.

    ReplyDelete
  17. kalao bisa caranya praktis ya mbak hehe, sayangnya aku masih suka bingung

    ReplyDelete
  18. Yay!

    Setiap ngelihat blog yang pakai template image somehow rasanya blognya lebih konsisten atau punya branding tersendiri gitu mbak. Jadi kalau ada ngeliat postingan yang ada thumbnailnya terus kita tahu itu ciri khas blog siapaa otomatis blognya bakal diinget terus.

    Kalau saya sendiri beberapa bulan belakangan juga udah mulai ngekonsep buat template image ini, tapi sekarang lebih ke font sama penempatannya, berhubung gambarnya masih suka beda". Soalnya saya suka bosenan,hehehe. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi keliatan ciri khasnya ya mbak ^^

      Delete
    2. Iya mbak, jadi ada ciri khasnya gitu. Dulu waktu liat template image post di blog mbak Indah saya juga terinspirasi jadinya mbak. Cakep, ngeliatnya aja udah semangat pengen baca. :)

      Delete