25 August 2016

3 Alasan Ingin Belajar Menjahit

3 Alasan Ingin Belajar Menjahit. Aku selalu kagum dengan orang yang bisa menjahit, bisa memakai barang-barang yang dijahit sendiri. Ibuku bisa menjahit, tapi dulu sih belum kepikiran mau minta diajarin menjahit. Namanya juga anak-anak masih mikirin main aja. Tapi semenjak jadi ibu rumah tangga, kok malah pengen belajar ya. Aku pernah ikut kursus menjahit, tapi sempat terhenti karena harus pindah ke Jepang. Dan ketika tinggal di Jepang, jadi semakin pengen belajar setelah melihat banyaknya buku kerajinan tentang jahit-menjahit.

Mesin jahit ibuku masih model lama yang manual digerakkan dengan kaki. Tapi sekarang sudah banyak jenis mesin jahit portable yang menggunakan listrik, dengan bentuk yang lebih kecil dan praktis bisa dibawa-bawa. Keunggulannya, mesin jahit ini sudah memiliki banyak jenis tusukan untuk beragam jenis jahitan, jadi lebih praktis. Dan mesin jahit ini masih ada di daftar wish list, karena harganya yang tidak murah.

crochet coaster, crochet pattern, coaster pattern, crochet tutorial, www.indahprimadona.com





Sebenarnya ada 3 alasan utama kenapa aku ingin sekali belajar menjahit.

Suka dengan craft

Berkreasi membuat craft atau kerajinan itu merupakan 'me time' buatku, untuk refreshing. Ya walaupun tidak selalu yang dibuat itu pasti bagus, tapi sudah mencoba saja rasanya sudah senang. Dan aku suka mencoba belajar kerajinan-kerajinan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Kalau akhirnya nanti merasa kurang menguasai, ya tidak masalah, yang penting sudah pernah mencoba. Dan setelah dulu pernah belajar menjahit, aku merasa ingin lebih tahu lagi, jadi masih punya keinginan untuk terus belajar.

Mendekorasi rumah

Kalau dekorasi rumah pasti banyak yang bisa dibuat dengan kain, seperti gorden, taplak, sarung bantal atau seprei, dan pengennya nih bikin sendiri juga. Selain rumah jadi unik, bisa menyalurkan hobi dan menghemat. Asal suamiku tidak marah aja kalau nanti semuanya motif bunga-bunga hehe.

Memakai hasil jahitan sendiri

Pernah gak suka dengan satu model baju, tapi ketika mencari di pasar atau di mall tidak pernah menemukan yang pas di hati, gak jadi beli baju baru deh. Aku sering tuh, pengennya punya baju gamis modern yang lagi ngehits, tapi sudah keliling toko pakaian tidak menemukan yang cocok, atau malah ukurannya yang tidak pas.

Kalau membuat sendiri baju gamis modern yang sesuai keinginan tentu lebih enak, bisa pilih motif kain yang disuka, ukurannya pun bisa pas di badan, dan tentunya akan percaya diri kalau memakain baju jahitan sendiri karena berbeda dari yang lain. Model baju gamis juga sudah beragam dengan motif dan aksesoris cantik yang membuat tampilannya semakin menarik. Seperti model baju di MatahariMall.com ini.
crochet coaster, crochet pattern, coaster pattern, crochet tutorial, www.indahprimadona.com

image: MatahariMall.com

Selain baju, tas juga bisa lho dijahit sendiri. Banyak sekali tutorial menjahit tas di internet, terutama di Pinterest. Dari tas model pouch sampai tas ransel, bisa dipelajari dari tutorial yang diberikan. Aku pernah mencoba satu tutorial membuat tote bag, karena tidak punya mesin jahit, tote bag itu aku jahit tangan, kalau jahit menggunakan mesih jahit pasti lebih cepat pengerjaannya. Dan setelah mencoba membuat tote bag itu, aku tambah penasaran ingin mencoba membuat tas model lainnya.

crochet coaster, crochet pattern, coaster pattern, crochet tutorial, www.indahprimadona.com

Sebenarnya kalau ingin belajar menjahit, bisa secara otodidak dengan melihat tutorial di internet atau menonton video di youtube. Karena sudah banyak yang membagikan cara belajar menjahit. Tapi kalau mau intensif sih memang harus belajar kepada yang sudah ahli, jadi bisa bertanya kalau ada yang tidak dimengerti, belajarnya juga jadi lebih maksimal.

Selain untuk menyalurkan hobi, belajar menjahit juga bisa jadi modal untuk punya usaha sampingan. Kalau nanti sudah bisa menjahit, bisa membuka kursus buat yang ingin belajar juga, atau membuka butik dan menjual baju atau tas hasil rancangan sendiri misalnya. Jadi ilmu yang didapat bisa bermanfaat kan. Kamu juga ingin belajar menjahit? Atau malah sudah mahir menjahit? Boleh dong ajari aku hehehe.

Ini adalah artikel berbayar.

Happy crafting ^_^


24 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. belum bisa pakai mesin, hehehe. Terakhir bikin gamis (dengan sangat amat nekat) kemudian dipelototi ibu. Sebagian karena kaget, sebagian pengen nyubit anaknya yang dari dulu diajari jahit mesin nggak pernah mau :)
    Tote bagnya cakep mbak. Siap terima reseller mbak? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal udah ada yang mau ngajarin tuh mbak, kalau aku pasti mau diajarin :)

      Delete
  2. Aku belum bisa njahit baju mba. hihi. kalo pritilan kayak totebag atau kotak pensil masih belajaran.

    ReplyDelete
  3. betul mbak, aku belajar jahit dari SMA tapi gak pernah dipraktekan sekarang, paling buat ngebbetulin baju yang rusak dan amsih bisa diperbaiki saja

    ReplyDelete
  4. Sampai saat ini belum minat belajar jait, padahal kalau mau bisa mendapatkan penghasilan dari jaitanya ya mbak :-)

    ReplyDelete
  5. Sama, mbak, saya juga kagum banget dengan mereka yang pinter jahit walo bukan tukang jahit. Pingin bisa jahit, tapi belum punya mesin jahit :D

    ReplyDelete
  6. mbaaa aq jadi follower blogmu lhooo... btw template blognya unyu sekali boleh info beli dmn? haq..haq... gagal fokus tiap mampir kesini, blognya shabby bangettt jd pengen punya template kayak gini :D senang skli kl dikasih bocoran :D

    ReplyDelete
  7. akuu lagi belajar menjahit sekarang lagi kursus menjahit
    tapi sukaaa enggak sabaran kalo tiba-tiba benang putus, barang peralatan nyelip dimana
    huaaaaaaa :D
    perlu mood dan kesabaran memeang untuk menjahit >,<

    ReplyDelete
  8. alhaamdulillah, baju, celana, rok untuk sekolah, untuk bepergian, sebagian njahit sendiri. Simbok yang suka ngirit, lumayanlah, satu potong irit 30 rb rupiah. hehe. Terima kasih berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  9. Saya selalu kagum sama orang yang mempunyai nilai seni tinggi terutama hal jahit-menjahit.

    Sayang sekali saya suka nggak sabaran kalau menjahit. Dulu pernah coba kristik lalu berhenti soalnya males.

    Ah. Iya kebanyakan malas :D

    ReplyDelete
  10. Saya sebenarnya juga suka menjahit mbak Dona, tapi belum bisa-bisa karena nggak telaten dan kurang sabar. Dulu pernah beli mesin jahit tapi sekarang nggak pernah digunakan, bahkan sudah rusak, duh sayang ya mbak.

    Kepengen bisa memakai baju bikinan sendiri supaya agak irit, tapi apa daya saya malas belajar :(

    ReplyDelete
  11. Emang seneng ya mbak kalau bisa menjahit sendiri, minimal menjahit kemeja yang sobek atau jahitan celana yang lepas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa ngirit, gak usah ke tukang jahit :)

      Delete
  12. sama mbaaak...

    saya lagi pesan mesin jahit mini. tujuan utamanya sih biar bisa betulin sendiri kalo ada baju yang koyak.

    ReplyDelete