09 July 2016

Foto Karya dengan Kamera Ponsel

aku dan kamera ponsel giveaway, kamera ponsel asus, asus zenfone laser, Zenfone 2 Laser ZE550KL, www.indahprimadona.com


Foto Karya dengan Kamera Ponsel. Zaman sekarang rata-rata setiap orang pasti punya ponsel, kemana-mana juga pasti selalu membawa ponsel. Ponsel tidak hanya berfungsi untuk menelepon atau SMS, tapi juga bisa untuk aktifitas lainnya seperti berfoto karena setiap ponsel biasanya sudah dilengkapi dengan kamera yang kualitasnya tidak kalah dengan kamera digital. Yang suka selfie atau foto OOTD misalnya, bisa setiap saat berfoto ketika ada kesempatan, dan kamera ponsel sangat membantu karena ponsel selalu dibawa-bawa. Berhubung aku orangnya gak fashionable jadi gak pernah foto OOTD, aku manfaatkan kamera ponsel untuk foto yang lain.

Dari kecil aku sudah tertarik dengan craft, dan baru-baru ini mulai tertarik dengan lettering sejak banyak bermuncullannya desain-desain lettering di instagram. Kalau melihat hasil karya mereka, jadi ingin mencoba juga, tidak hanya mencoba karyanya saja, tapi juga mencoba menghasilkan foto yang menarik seperti mereka. Aku sering  memperhatikan bagaimana komposisi fotonya, atau bagaimana mengatur propertinya, karena memang foto yang menarik itu bisa mendukung karya yang kita buat, apalagi kalau ingin dipasarkan. Yang sudah profesional biasanya sih menggunakan kamera canggih untuk memotret karya mereka, sehingga hasilnya fotonya pasti bagus, tapi ternyata banyak juga yang menggunakan kamera ponsel, dan hasil fotonya pun tak kalah bagusnya.

aku dan kamera ponsel giveaway, kamera ponsel asus, asus zenfone laser, Zenfone 2 Laser ZE550KL, www.indahprimadona.com

Setiap hasil karya yang aku buat, pasti akan selalu aku foto umtuk dokumentasi, apalagi dulu juga pernah menjual hasil karyaku berupa aksesoris rajutan, jadi foto hasil karya adalah hal yang wajib dilakukan. Tapi dulu sih belum memperhatikan tampilan foto, hanya asal jepret saja lalu langsung diposting, kameranya juga pinjem punya suami, itu pun belum paham cara pakainya. Pokoknya fotonya seadanya lah.

Kalau sekarang aku sering menggunakan kamera ponsel untuk mengambil foto hasil karya-karyaku, karena ponsel zaman sekarang pasti sudah dilengkapi dengan kamera yang juga sudah bagus kualitasnya dan menurutku lebih gampang dan praktis pemakaiannya. Fitur-fitur yang ada di kamera ponsel pun sudah lumayan lengkap, sehingga foto yang dihasilkan tidak kalah bagusnya dengan foto dari kamera yang canggih.

aku dan kamera ponsel giveaway, kamera ponsel asus, asus zenfone laser, Zenfone 2 Laser ZE550KL, www.indahprimadona.com

Salah satu kamera ponsel yang bisa digunakan untuk foto hasil karya yaitu Zenfone 2 Laser ZE550KL, dengan kamera 13 MP pasti bisa menghasilkan foto yang tajam. Fitur otofokus pada kameranya membuat foto tidak buram, apalagi jika ingin memotret karya dari jarak dekat. Kamera Zenfone 2 Laser ZE550KL juga dilengkapi Mode Low Light, agar foto yang dihasilkan tetap bagus ketika minim cahaya.  

Selain kamera sebagai pendukung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untu menghasilkan foto karya yang bagus. Aku bukan ahli fotografi sih, tapi ada hal-hal yang sering aku lakukan pada saat mengambil foto supaya foto yang dihasilkan lebih bagus.

Pencahayaan


Gunakan cahaya alami untuk menghasilkan foto yang cerah, karena itu ambil foto ketika pagi hari atau sore hari ketika cahaya matahari tidak terlalu terik. Dulu waktu tinggl di Jepang, tempat tinggalku dilengkapi jendela yang besar-besar, jadi kalau mau ambil foto bisa di dekat jendela, tapi sekarang aku lebih suka mengambil foto di teras, tidak langsung terkena sinar matahari tapi tetap bisa menghasilkan foto yang cerah.

Properti


Properti atau perlengkapan foto ini bisa mendukung penampilan foto yang dihasilkan. Bagusnya sih properti yang digunakan masih berhubungan dengan objek utama foto, supaya foto lebih bercerita, tapi gak usah terlalu dipaksakan ya, gunakan saja apa yang ada di rumah, kecuali kalau memang punya dana lebih untuk beli property foto,  ya sah-sah saja. Properti foto yang selalu aku gunakan di setiap fotoku yaitu bunga-bunga atau daun-daun, supaya ada ciri khasnya, padahal sih karena cuma punya itu hehehe.

Alas foto


Hasil karyanya sudah oke, tapi fotonya di lantai yang kelihatan garis natnya, hmmm hasilnya jadi kurang menarik ya. Sekarang sudah banyak yang menjual alas foto dengan motif yang beraneka macam, bisa pilih yang sesuai selera dan sesuai dengan tema foto. Aku lebih suka dengan alas putih polos, karena itu aku menggunakan karton sebagai alas foto, lebih murah dan ukurannya lebih lebar. Punya meja kayu yang unik? Atau punya kain dengan motif lucu? Bisa dijadikan alas foto juga lho.

Edit foto


Setiap foto karya yang aku buat selalu aku edit sebelum dipublish. Tapi jangan terlalu banyak yang diedit ya, kalau kurang terang, bisa diedit brightnessnya, dan jangan lupa beri watermark. Sudah banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan di ponsel, jadi setelah dipotret langsung bisa diedit, lalu dipublish.


aku dan kamera ponsel giveaway, kamera ponsel asus, asus zenfone laser, Zenfone 2 Laser ZE550KL, www.indahprimadona.com

Hasil karya yang bagus dan didukung dengan hasil foto yang cantik bisa membuat karya kita jadi lebih menarik, walaupun hanya dipotret dengan kamera ponsel. Kenali dulu fitur-fitur yang ada di kamera ponsel, sehingga  kita akan tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menghasilkan foto yang bagus. Dan jangan lupa harus sering-sering berlatih ya.

'Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com'.

Happy crafting ^_^

post signature

58 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. Asal cerdik mosisiinnya, gak akan kalah sama kamera profesional juga ya Mak :') Aku belum mahir nih, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus bisa meletakkan objek dengan baik supaya terlihat bagus

      Delete
  2. nice framing :)..fotonya cakep-cakep deh..

    ReplyDelete
  3. ini sih apik banget, bisa bikin properti dan mengambil angelnya juga bagus, sudah ahli

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan aja pas bagus mbak, yang salahnya banyak kok >_<

      Delete
  4. Good luck mbak untuk GA nya. Btw aku juga lebih mengandalkan kamera ponsel, karena ya selain gampang mengoperasikannya, kamsel juga banyak fiturnya.
    Tapi aku ga jago edit foto huhuhuuu

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Mbak Indah :D makasih tipsnya buat ngambil foto biar tampil lebih kece :D bgus artikelnya mbak :)

    ReplyDelete
  6. ahh,, cantik-cantiknya fotonya mbak,, ciamik lah,, semoga beruntung ^_^

    ReplyDelete
  7. Fotonya bagus-bagus ya, apalagi kalo dijadikan pendukung tulisan di blog :D

    ReplyDelete
  8. Hasil crafting pun menarik meski difoto pakai kamera henpon ya mbak? Tapi emang gak penting ok kameranya pakai apa, yg penting keahlian yg motret hehe

    ReplyDelete
  9. Karyanya cakeppp. Fotonya juga kece amat. Saya masih harus banyak belajar buat menghasilkan foto yang baik dengan bersenjatakan kamera smartphone,

    ReplyDelete
  10. WAh bagus mbak :D
    kamera hp sekarang udah setara dg slr ya,, apalagi yg motret juga pinter pasti bakalan nambah nilai plus tersendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal bisa memanfaatkan dengan baik hasilnya pasti bagus kok ^^

      Delete
  11. Mbaaa, aku selalu suka banget ngeliat hasil rajutannya. Mana fotonya bening-bening kek orangnya hehe.
    Rapiii gt rajutannya, keren ;)

    ReplyDelete
  12. Mbak Dona mah foto-fotonya bagus-bagus, kameranya pasti juga bagus

    ReplyDelete
  13. Gantungan kuncinya lucu. Eh, cara fotonya biar keren kaya foto-fotonya di atas gimana? Saya perhatikan, hasilnya nggak kalah sama yang dihasilkan kamera profesional. Cakep bangad hasil jepretannya.

    ReplyDelete
  14. Subhanallahh... poto2nya cantiknya mbak.
    MEski dri kamera ponsel, ga kalah sma kamera digital hhee

    ReplyDelete
  15. mb donna aku malah belom bisa watermark mb...huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling gampang sih tinggal dikasih nama di fotonya mbak Nita

      Delete
  16. Memag harus sabar supaya hasil maksimal ya

    ReplyDelete
  17. Pengen bisa kasih watermark dari kamera ponsel. Pake aplikasi apa mbak?

    ReplyDelete
  18. Mbak ... cakeppp bgt crochet-annya ... pengen belajarrrr ... plus foto dan penataannya yg keren jd tambah kece :) gluck GA nya yaaa mbak ...

    ReplyDelete
  19. Iya foto-foto mbak Dona yang tampil di blog memang selalu bagus, selalu memposisikan objek yang difoto dengan tepat, perpaduan warnanya juga oke. Saya harus banyak belajar nih :)

    Semoga sukses GA nya ya mbak Dona :)

    ReplyDelete
  20. Hai Mbak Indah, saya baru sempat mampir nih abis liburan ^^
    Ini semua pake kamera ponsel ya mbak, termasuk pic-pic di banyak blogpost lainnya, lha sedari awal saya ngira pake kamera gendong itu, soalnya kayaknya jepretnya dalam ruangan. Cakep banget, mulus.
    Yang saya suka, semua gambar mbak punya karakter gitu, ada kesan bening dan softnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semua pake kamera hp, gak bisa pake kamera yang bagus soalnya, gak ngerti >_<

      Delete
  21. Suka sama rajutan hatinya, Mbak.
    Yaps, intinya sering-sering berlatih ya, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus :)

    ReplyDelete
  22. Terimakasih BY, menambah inspirasi. Sekarang hp hp seperti xiaomi juga sudah didapati hasil yang canggih.

    ReplyDelete
  23. walaupun banyak fitur di kamera ponsel, aku masih sering pake mode otomatis mbak.. hahaha susah soalnya kalau harus pakai mode manual :D

    ReplyDelete
  24. Fotonya cantiik... aju masih belum bisa motret dengan bagus huhuhu...

    ReplyDelete
  25. kayaknya memang udh waktunya beli property foto :D.. selama ini aku jg ga terlalu serius saat memfoto makanan yg mau aku review di blog.. Hsilnya juga jd ga maksimal.. :)..

    Kalo ttg kameranya sih, aku memang lbh suka kamera hp yg udh bagus specs nya mbak.. soalnya males aja fotoin makanan tp pake dslr ato mirrorless.. praktis pake hp kan :D. dslr itu aku pake cuma kalo utk motret pemandangan ato saat traveling..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata properti foto itu mendukung banget lho, beda banget hasilnya

      Delete
  26. Fotonya bagus-bagus nih Mba Indah.

    Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    ReplyDelete
  27. pencahayaan juga memiliki peranan penting untuk menghasilkan gambar yang bagus

    ReplyDelete
  28. Alas foto dan properti foto emang bisa memunjang hasil foto. Aku aja kelabakan kalo gak punya properti & alas foto ..pff

    ReplyDelete