24 May 2016

Puding Gula Merah

Puding Gula Merah. Semenjak pulang ke Indonesia, belum pernah mencoba resep-resep baru lagi. Masih berkutat dengan barang-barang pindahan, dan peralatan masak disini belum lengkap, tidak seperti waktu tinggal di Jepang. Tapi peralatan masak di sana warisan turun-temurun dari orang Indonesia yang lebih dulu tinggal di Jepang dan sudah kembali ke Indonesia, jadi tidak perlu beli. Dan ketika aku kembali ke Indonesia, peralatan masak tersebut juga kuwariskan kepada orang Indonesia yang baru datang ke Jepang, jadi tidak kubawa ke Indonesia.

Rencananya sih mau beli peralatan masak juga di sini, seperti oven untuk membuat kue, tapi sepertinya harus menabung dulu hehehe. Pengennya beli oven yang agak besar, tidak seperti oven yang aku punya di Jepang, oven toaster dengan ukuran yang kecil. Waktu masih tinggal di Jepang, aku masih sempat mencoba resep-resep baru dan belum sempat aku publish di blog. Seperti resep puding gula merah ini.

puding gula merah, puding gula merah enak, puding gula merah mudah, www.indahprimadona.com


Waktu lihat resep ini di blog Bunda Nina, langsung teringat masa kecil di Palembang. Sering menemukan puding gula merah ini kalau beli pempek. Dan karena bahan-bahannya mudah didapat, jadi langsung bikin deh.

Bahan:

1 bungkus agar-agar bubuk plain
750 ml santan
250 gr gula merah (aku pakai gula merah bubuk)
100 ml air
1 butir kuning telur, kocok lepas
1 helai daun pandan, simpulkan

Cara membuat:

  • Masak gula merah dan air hingga gula larut.
  • Masukkan santan, daun pandan dan agar-agar bubuk.
  • Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
  • Ketika hamper mendidih, ambil 2 sendok sayur larutan agar-agar, lalu masukkan ke dalam kuning telur. Aduk rata dan masukkan kembali ke dalam larutan agar-agar.
  • Aduk cepat dan didihkan.
  • Matikan api, lalu tuang agar-agar ke dalam cetakan.
  • Setelah dingin, masukkan agar-agar ke dalam lemari es.
  • Sajikan dingin.
puding gula merah, puding gula merah enak, puding gula merah mudah, www.indahprimadona.com


Kuning telur yang dimasukkan terakhir membuat gula merah akan terpisah dari santan. Jadi puding yang dihasilkan akan membentuk lapisan, lapisan gula merah dan lapisan santan. Kebetulan waktu aku bikin puding ini, bisa terpisah, soalnya pernah bikin juga dan tidak membentuk lapisan, padahal sudah menggunakan cara yang sama. Mungkin waktu memasukkan kembali kuning telur ke dalam agar-agar waktunya kurang pas dan kurang cepat mengaduknya. Tapi hasilnya tetap enak.

Untuk takaran gula merahnya aku kurangi menjadi 250 gr, di resep aslinya sebanyak 300 gr. Pernah membuat dengan takaran 300 gr dan menurutku hasilnya terlalu manis. Jadi sesuai selera saja ya, kalau suka manis gula merahnya bisa ditambah, dan kalau suka tidak terlalu manis, bisa dikurangi lagi.

puding gula merah, puding gula merah enak, puding gula merah mudah, www.indahprimadona.com

Ini resep puding favoritku, karena mudah membuatnya, bahannya mudah didapat dan rasanya enak. Ketika di Jepang jadi sering membuat puding ini, rasanya bikin nagih dan sebagian besar aku yang makan hehehe.

Puding ini teksturnya tidak kaku, karena aku pakai agar-agar bubuk. Jadi kalau mau dicetak dengan cetakan puding yang besar, harus hati-hati memotongnya supaya puding tidak hancur. Atau kalau mau praktis gunakan cetakan puding yang kecil-kecil. Jika ingin tekstur yang lebih kaku bisa menggunakan Nutrijell yang plain.

Puding ini cocok dinikmati ketika panas, jadi segar setelah makan puding. Kebetulan sebentar lagi Ramadhan kan ya, puding ini juga pas disajikan ketika berbuka puasa. Bahkan cocok juga untuk sajian waktu Idul Fitri. Yuk bikin puding gula merah.

Happy cooking ^_^




37 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Happy blogging ^_^

  1. Nyam-nyam..... enak banget kayaknya mbak, tapi porsinya mini banget bagi anak kost macam gue.... Hahaha

    ReplyDelete
  2. Puding klasik yang ngangenin.
    Meskipun banyak varian baru, Puding gula merah punya tempat istimewa karena Puding ini sering dibuat Ibu saya.

    ReplyDelete
  3. enak tuh mbak, udah pernah bikin :)

    ReplyDelete
  4. Fotonya cantik-cantik dan resepnya simple. Bisa dicoba

    ReplyDelete
  5. Enak nih kalau buat agar2 gula merah dan di makan pas udara lagi panas-panasnya. Mba, kalau pakai gula merah utuh sepertinya harus di saring lagi ya biar ampasnya bisa lenyap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau resep aslinya sih begitu, karena aku sudah pakai yang halus, jadi gak perlu disaring

      Delete
  6. wah lama gak main ke sini ternyata udah pulang ke Indonesia ya mba ^^
    kebetulan nih aku sedang giat belajar masak, resep ini perlu dicoba dehh :*

    ReplyDelete
  7. suka bgt dengan puding yg satu ini.. saya biasa bikin tanpa telur dan alhamdulillah santan dan gula merahnya misah sendiri.. :)

    ReplyDelete
  8. Selama ini blum pernah pke kuning telur klo untuk puding aku mb
    Kliatannya seger nih dingin nyummmm

    ReplyDelete
  9. Aku baru lihat entri mba di dashboardku eh ternyata memang jarang update yah. Habis pindahan nieee. Selamat datang ke Indonesia lagi, xixixi

    ReplyDelete
  10. Anakku doyan puding, boleh nih dicoba resepnya, thanks for sharing Mba'.. :)

    ReplyDelete
  11. cocok nih untuk menu buka puasa nanti mak :)

    ReplyDelete
  12. pastinya enak, resepnya juga sederhana , siapapun bisa nyoba

    ReplyDelete
  13. Kue kesukaan yang sering saya beli diwarung. Habis enak bangad puding beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah kok sama om :D saya juga paleng sering beli puding :D hehhe

      Delete
  14. Hallo mbak Dona, apa kabar? Lama nggak ketemu ya :)

    Warna pudingnya cantik ya mbak coklat muda, dan cara membuatnya juga simple. Apalagi kalau sebelum dimakan dimasukkan kulkas dulu, duh pasti enak tuh. Cocok buat buka puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga mbak anjar, iya nih sudah lama gak main-main :)

      Delete
  15. welkom hom uhuyy

    aku puding sering tapi kalau pake gula merah belum pernah nyoba ah nanti
    btw makasih ya yang cara ilangin border pada image blog ^^ it works. dari tadi bingung kok g bisa2 ternyata kudu dienter gitu doang --"

    ReplyDelete
  16. maaak legendeeerrr adhem banget di mulut .. yummm !
    nambah lagiiii mba Dona, rasanya enaak secantik penampakannya.

    puding gula merah .. semua sukaaaaa :)

    ReplyDelete
  17. Cocok banget buat buka puasa nih mbak :D

    ReplyDelete
  18. Ini fav aku banget! Puding masa kecil yg sering dibuat mamih, jadi kalau makan puding ini sekarang, kayak flash back kembali ke masa lalu.. Jadi kangen & pengen bikin, makasih resepnya mba :)

    ReplyDelete