14 July 2015

Buka Bersama Keluarga Muslim di Kitakyushu

Tinggal di negeri dengan mayoritas non muslim bukan menjadi hambatan dalam melaksanakan ibadah puasa. Walaupun suasana selama bulan Ramadhan tidak sama dengan di Indonesia, tapi keluarga muslim yang ada di Kitakyushu ini tetap khusyuk menjalankan ibadah puasa. Untuk mempererat tali silaturahmi, serta keinginan untuk beribadah bersama, kami selalu mengagendakan acara buka bersama tiap tahun.

buka bersama, muslim, kitakyushu, ramadhan, ifthar


Rata-rata keluarga muslim yang tinggal di sini adalah para pelajar dari Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Iran, dan lain-lain, tapi memang lebih banyak pelajar dari Indonesia, yang sebagian besar mengajak keluarganya. Acara buka bersama ini tidak hanya dikhususkan bagi muslim saja, tapi kami juga mengundang beberapa orang Jepang untuk datang, seperti teman satu lab atau sensei. 

Karena di Kitakyushu belum ada Masjid, kami selalu meminjam aula kepunyaan kampus sebagai tempat acara buka bersama. Aula ini memang sering dipinjam untuk berbagai kegiatan, jadi jauh-jauh hari sebelum Ramadhan harus sudah dipesan untuk acara buka bersama, dan peminjaman ini gratis asal selalu menjaga kebersihan dan ketertiban.


Jadwal buka bersama yaitu di hari Sabtu atau Minggu setiap minggunya, jadi selama Ramadhan tahun ini ada 4 kali acara buka bersama. Waktu berbuka di sini sekitar pukul 19.30, jadi acara sudah mulai dari pukul 19.00 hingga pukul 21.00. Ini khusus untuk para undangan yang non muslim, bagi yang muslim masih ada kegiatan sholat Isya dan Tarawih bersama hingga pukul 22.00 malam.

Acara buka bersama ini gak hanya makan-makan lho, tapi juga ada acara seru-seruan seperti kuis, dan pasti ada hadiahnya dong. Acara kuis ini diadakan sebelum waktu berbuka, ya ngabuburit gitu deh. Setelah acara makan-makan dan sholat maghrib selesai, selalu ada sesi foto-foto. Harus tetap eksis dong ya.

buka bersama, kitakyushu, foto bersama, ifthar, ramadhan
photo by Fritz Nuzir
Terus bagaimana dengan menu berbuka? Semua keluarga muslim dibagi menjadi 4 kelompok, dan masing-masing kelompok bertugas mempersiapkan menu berbuka di hari yang sudah dijadwalkan. Satu kelompok kurang lebih terdiri dari 7 orang. Sebelum Ramadhan sudah diadakan iuran untuk menu berbuka, iuran tersebut didistribusikan kepada tiap kelompok melalui koordinatornya, dan digunakan untuk mempersiapkan menu berbuka.

menu, makanan, buka bersama, ramadhan, ifthar, kitakyushu
photo by Fritz Nuzir
Karena peserta tidak hanya dari Indonesia, menunya pun gak cuma makanan Indonesia, kesempatan dong cicip menu negara lain. Menunya lengkap mulai dari nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, es buah, puding, kue-kue, es krim, dan masih banyak menu lainnya. Harus siap tahan godaan biar gak kekenyangan hehehe.

menu, makanan, buka bersama, ramadhan, ifthar, kitakyushu
photo by Fritz Nuzir
Setelah acara selesai, dilanjutkan sholat Isya dan Tarawih bersama. Tapi khusus bagi kelompok yang bertugas, harus membersihkan aula yang dipinjam, yang tidak bertugas juga boleh membantu kok. Meja dan kursi harus dikembalikan dan disusun seperti semula, sampah-sampah dikumpulkan dan dibuang ke tempatnya, ruangan aula dibersihkan. Di aula ini terdapat dapur, yang luasnya lebih besar dari dapur di tempat tinggalku hehehe, dan peralatan yang ada di dapur ini boleh digunakan, bahkan lemari pendingin pun boleh digunakan. Dan setelah selesai, semua peralatan harus dicuci bersih dan diletakkan di tempatnya semula.

Kemungkinan tahun ini adalah tahun terakhir aku di Kitakyushu, karena insya Allah tahun depan suami sudah lulus, doakan ya. Jadi ini kesempatan terakhir aku ikut kegiatan seoerti ini. Bakalan kangen dengan kebersamaan dan kehebohan mempersiapkan menu nih, kok jadi sedih ya hiks hiks. Kamu juga punya cerita seru waktu buka bersama?




36 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Asyik ya bisa silahturahmi rame2 gtu :)

    ReplyDelete
  2. senangnya menjalin kebersamaan di negara org ya... dan makanannya itu.... banyak banget pilihannya :)
    semoga cepat lulus ya... :)

    ReplyDelete
  3. Senangnya mbak bisa buka puasa di Jepuunn.. Makanannya bikin haus nih liat siang begini, hihi :)

    ReplyDelete
  4. Duh, enak banget keliatannya :D

    ReplyDelete
  5. Nyum nyum...

    Enak ya di perantauan nambah banyak saudara....
    Nambah pengalaman kuluner juga hehehehe...

    Met lebaran, mbak.

    ReplyDelete
  6. Asyik juga yah bisa berkumpul bareng teman-teman muslim lainnya dan mengadakkan acara buka bersama plus seru-seruan dan lain-lainnya. Kebersihan selalu di utamakan ya kalau di Jepang, andai di Indonesia bisa seperti ini juga. Gak kebayang bagaimana bersihnya dan indahnya negeri ini.

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. iya, karna orang Jepang yang datang biasanya suka nanya nama makanannya apa, trus bahannya apa aja, daripada dijelasin satu-satu jadi ditulis aja

      Delete
  8. Asyik banget ya mbak. Aku belum pernah bukber atau puasa diluar negeri. Pengen mencoba deh :D

    ReplyDelete
  9. Seru ya mbak.

    Salam kenal dari surabaya

    ReplyDelete
  10. Wah...dah mau balik indonesia nih ceritanya....... Puas2in dulu di jepang nya mb....tulis ceritanya sebanyak yang mbak bisa:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak, padahal masih pengen lama di sini :D

      Delete
  11. sebelumnya saya mengucapkan kepada mbak indah

    Ruas jari sembiru belikar
    Terikat janji seribu intan
    Saya yakin ada kata-kata yang kasar
    Mohon kiranya pintu kemaafan

    Sambut Kemenangan & Mohon Maaf atas Segala Kesalahan
    Saya dan segenap Keluarga mengucapkan " Minal ‘aidin walfaizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin").

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf juga jika ada kata-kata yang salah dan menyinggung :)

      Delete
  12. Waah pasti seru ya Mbak bukber.. hehe.. tapi kayaknya gak ada nasi padang isi rendang tuh ya.. hehehehe :) Mohon maaf lahir dan batin Mbak.. Met lebaran.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf lahir batin juga, ah iya kalau ada rendang tambah mantap deh ya :)

      Delete
  13. wah.. tinggal di Jepang sama keluarga ya Mak.. cerita gimana sehari-hari kegiatan sama anak dong.. *selalu bermimpi sekolah lagi ke luar bareng suami, tapi selalu keder membayangkan membawa dua anak kesana :I

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, wah gimana ya? sama aja sih kayak di Indonesia, tapi kalau bapak ibu dua-duanya kerja atau sekolah dan anaknya belum usia sekolah, ada daycarenya kok mbak

      Delete
  14. Seruuu mba dona, apalagi icip2 makanannya hehe...

    ReplyDelete
  15. Seruu Mba acaranya.
    Wah kalau balik ke Indo bakal kangen banget ya.
    Semoga suaminya lancar ya, Mba urusannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  16. kunjungan pertama.....
    manfaat banget website/Blog nya.....
    keep posting yang positif gan/sist..
    ijin lihat-lihat blog/website nya ya.....

    jangan lupa kunjungi website saya ya :)

    Daftar rumah Murah Tambun-Bekasi tahun 2016

    ReplyDelete
  17. wah insya allah lulus dan sukses ya mbak suaminya...dan it will be the last bukber ya disana :)
    pastinya berkesan banget, itu bendera aja bermacam2 warnanya..huhuhu pie'nya bikin ngiler pisaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih mbak, iya nih buka bersama terakhir, pasti kangen banget nanti :(

      Delete