17 March 2016

Tips Membeli Kamera Digital Bekas

This is sponsored post.


Tips Membeli KameraDigital BekasSaat ini hoby fotografi memang sedang booming, apalagi bagi pengguna instagram. Banyak orang yang mendadak menyukai hoby ini karena menganggap lebih keren dan lebih asik dibandingkan dengan hoby lainnya.  Dan untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik, diperlukan kamera sebagai alat utama untuk memotret. Tapi tahu kan harga kamera digital tidak murah, apalagi yang memiliki spesifikasi yang bagus. Terus gimana dong? Salah satu solusinya adalah dengan membeli kamera second atau kamera bekas, karena saat ini sudah banyak kamera bekas yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau.  Walaupun namanya barang bekas, tapi kondisinya masih bagus dan tentunya masih layak pakai.

kamera digital bekas, tips membeli kamera digital bekas,kamera digital bekas berkualitas, kamera digital bekas murah


Alasan utama membeli kamera bekas biasanya adalah karena harga. Kalau membeli kamera yang baru tentu harganya lebih mahal, jadi alternatif lain adalah membeli kamera bekas. Meskipun kondisi barang masih terlihat bagus, tapi tetap harus teliti sebelum membeli, terutama untuk hal-hal berikut ini.

Garansi

Walaupun sudah termasuk dalam kategori barang bekas, tetap harus dipastikan apakah si penjual berani memberikan garansi. Contohnya garansi selama 2 hingga 3 minggu. Garansi pada kamera umumnya ada 2 yaitu garansi fisik dan garansi fungsi. Karena 2 hal ini merupakan hal yang sangat penting, jadi  harus lebih teliti memperhatikan masa garansinya. Selama masa garansi, cobalah beberapa macam fitur yang terdapat pada kamera.

Kelengkapan aksesoris

Ketika membeli kamera digital bekas, selain kamera, kita juga akan mendapatkan berbagai macam aksesoris pendukung. Kamera bekas dengan aksesoris yang lengkap tentu harganya lebih mahal dibandingnkan dengan yang tidak lengkap. Sebagian orang tidak terlalu memperhatikan aksesoris, yang penting kondisi kamera masih bagus.

Kelengkapan fisik

Kelengkapan fisik ini meliputi:

  • Karet penutup USB. Periksa apakah kondisi karet ini masih bagus atau tidak, begitu pula dengan slot USB-nya. Jangan lupa mencoba apakah slot USB ini masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Semua tombol fungsi. Cek semua kondisi tombol kamera, pastikan semua tombol berfungsi dengan baik, dan mudah ditekan.
  • Body kamera. Periksa seluruh bagian kamera, seperti pada bagian sudut kamera, dudukan flash eksternal ataupun internal, cek juga murnya, apakah sudah pernah di bongkar.

Fungsi kamera

Ini adalah hal yang paling penting diperhatikan kalau membeli kamera bekas. Karena percuma dong beli kamera tapi gak bisa dipakai untuk memotret. Bagian yang harus diperiksa yaitu tombol, LCD, dan on off. Pastikan LCD masih dalam kondisi yang baik, dan dapat digunakan untuk melihat hasil foto dengan baik.

Sudah siap membeli kamera bekas? Semoga tips membeli kamera digital bekas ini bermanfaat ya. Temukan juga tips dan cara merawat kamera terbaik di beritakamera. 



24 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Minusnya membeli dgn online itu kita gk bs mengecek secara lgsg kelengkapannya ya lb, seperti karet penutup USB tsb. Dilema, krn kadang via onlen lebih murah dobanding ofline yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih, makanya harus dipastikan ada garansinya

      Delete
  2. Garansi fungsi yg kadang ga dikover huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya mbak Nita, padahal itu yang paling penting ya

      Delete
  3. Wah terima kasih infonya mbak, ini saya lagi pengin nyari juga kamera portable selain kamera hp. Ternyata perlu dicek barang dan fungsinya ^^

    ReplyDelete
  4. Info yang bermanfaat. Udah lama pengen punya kamera, tapi karena harganya mahal jadi di pending dulu.

    Dengan adanya tips ini, aku jadi punya alternatif untuj memiliki barang satu ini.

    ReplyDelete
  5. Selain hal-hal yang disebut Dona di atas, saya biasanya juga tanya kepada penjual kamera bekas: Kenapa kamera ini dijual?

    Perlu dicurigai jika pada lensa terdapat artefak-artefak macam guratan mikro atau spot buram. Kalau lensanya pernah terjatuh atau lensa berjamur, tentu harga mengganti lensa lebih mahal daripada harga kameranya.

    ReplyDelete
  6. Hahahah iya..ini paling standar nya

    ReplyDelete
  7. Ini maksudnya kamera DSLR itu ya mbak Dona? Wah itu harganya memang sangat mahal mbak, saya nggak berani beli meskipun ingin sekali. Dan tips nya sangat membantu bagi yang ingin membeli kamera bagus tapi dana terbatas :)

    ReplyDelete
  8. Setuju mbak, beli kamera bekas no problem sebenernya cuma harus lebih hati-hati aja takutnya ada yang sudah tidak bagus komponennnya.. makasih mbak tipsnya

    ReplyDelete
  9. Angkat tangan kalau berurusan dengan body kamera, gak tau gimana2nya hihi
    Meski barang terlihat bagus, tapi kalau second tetap harus teliti ya, Mbak :D

    ReplyDelete
  10. tapi terkadang masih agak takut jika harus membeli barang elektronik secara online, tapi terimkasih atas ilmu dan informasinya

    ReplyDelete
  11. saya belum punya dana yang cukup untuk membeli kamera baru Mbak Indah, terimakasih untuk tips-tipsnya..

    ReplyDelete
  12. bener nihh, biar g ketipu dapet yg g berkualitas

    ReplyDelete