26 December 2013

Mengenal Bahan-bahan Kue


Pasti suka bingung nih sama bahan-bahan kue yang banyak jenisnya, dan apa sih fungsinya masing-masing? 

Baking powder
Mengandung sodium icarbonate, cream of tartar dan bahan kering lainnya. Berfungsi untuk pengembangan tunggal. Baking powder akan bereaksi dalam keadaan lembab oleh karena itu harus segera dipanggang setelah masuk ke adonan. Anda bisa membuat sendiri baking powder dengan formula berikut: Baking powder = 2 bagian cream of tartar + 1 bagian baking soda.

Baking soda
Terbuat dari sodium bicarbonate saja. Berfungsi untuk pengembangan adonan dan rasanya pahit, sehingga dalam penggunaannya harus digabung dengan zat manis seperti buttermilk, madu, yoghurt, dan cokelat.

Base 2000
Digunakan dalam pembuatan es krim, agar es krim tidak mudah meleleh.

Bread improver
Bahan untuk membantu pengembangan roti, seperti ragi dan emulsifier.

Bread softener
Bahan untuk memperlembut tekstur roti.

Custard Powder
Campuran dari tepung jagung, perasa, dan garam. Penggunaannya digabung dengan gula dan susu yang menghasilkan tekstur seperti vla/saus. Banyak dipakai sebagai filling atau saus untuk desserts, cake, dan pastry.

Cream cheese
Soft cheese dengan rasa sedikit asin. Sering digunakan dalam pembuatan cheese cake.

Cream of tartar
Adalah potassium acid salt, digunakan untuk menstabilkan dan menaikkan volume putih telur yang dikocok.

Double acting
Baking powder yang bekerja ganda/ dalam 2 fase, sehingga jika adonan memakai double acting, adonan dapat didiamkan sebentar (tidak langsung dimasukkan ke oven).

Emplex
Bahan kimia berfungsi untuk merenyahkan kue kering.

Esens
Berfungsi untuk menambah rasa pada hasil akhir dan tidak berwarna.

Gelatin
Protein yang dihasilkan dari tulang/kulit sapi, kulit babi atau kulit ikan. Gelatin larut dalam air hangat dan mengeras kembali ketika dingin. Digunakan dalam pembuatan desserts seperti puding atau dicampur dalam whipped cream agar cream tidak mudah leleh. Tersedia dalam lembaran atau bubuk. Jika pada kemasan tercantum 'vegetable based' berarti halal untuk umat muslim dan vegetarian.

Keju tua
Dihasilkan dari kepala susu yang mengalami proses kogulasi dilanjutkan dengan proses fermentasi, bertekstur lebih keras dibanding soft cheese. Contoh: edam, parmesan, cheddar, gouda.

Korsvet
Pastry margarin mengandung hampir 100% lemak yang mempunyai titik leleh diatas suhu tubuh. Digunakan dengan cara dilipat-lipat dan menghasilkan produk akhir dengan banyak lapisan.

Mascarpone
Soft cheese jenis ini berasa tawar, lembut dan rentan terhadap suhu tinggi/panas. Jangan dibiarkan lebih dari 1/2 jam di luar lemari es. Banyak dipakai dalam pembuatan tiramisu.

Pasta
Menambah rasa dan warna pada hasil akhir.

Soft cheese
Keju muda yang dihasilkan dari kepala susu yang melalui proses kogulasi (pengentalan & penggumpalan), dan tidak dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu fermentasi. Tekstur soft cheese sangat lembut, bercitarasa ringan. Contoh: mascarpone, cream cheese, ricotta, neufchatel, cottage cheese.

Vanilla powder
Bubuk vanila yang berfungsi untuk mengharumkan kue.

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^