17 March 2012

Sehat dengan Tomat

Sehat dengan Tomat. Ternyata sayur yg satu ini selain enak rasanya, juga mempunyai beberapa manfaat terutama untuk kesehatan.

sehat dengan tomat, tomat untuk kesehatan, manfaat tomat
image: Pixabay
edit by Indah Primadona
Antioksidan
Tomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene yang tinggi, yang berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir zat radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Zat radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan Lycopene tingkat tinggi yang terdapat dalam tomat. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. 

Mata Sehat
Karena kandungannya akan vitamin A yang begitu besar, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan. Tomat akan menjaga mata dari kemungkinan penyakit rabun senja.

Mencegah Kanker
Banyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan Lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker kolorektal (usus besar). Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Dan yang lebih menarik lagi, tomat yang dimasak dapat memproduksi lebih banyak Lycopene daripada tomat mentah. Jadi cobalah rutin mengonsumsi sup tomat!

Menguatkan Jantung
Kandungan Kalium dan Vitamin B yang dimiliki tomat dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol tinggi. Zat ini, nantinya bisa membantu mencegah stroke, serangan jantung dan gangguan jantung yang mematikan lainnya.

Kulit Cantik
Tingginya jumlah Lycopene membuat tomat sangat baik digunakan untuk perawatan kulit. Lapisi kulit wajah dengan bagian dalam kulit tomat dan diamkan selama kira-kira 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Wajah akan terlihat bersih dan bersinar seketika.

Rambut Sehat
Masih ingat tentang banyaknya kandungan Vitamin A dalam sebuah tomat? Selain bagus untuk mata, gigi, kulit, dan tulang, Vitamin A juga bagus untuk menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

Tulang Kuat
Tomat juga memiliki kandungan Vitamin K dan Kalsium yang cukup untuk membantu tulang menjadi lebih kuat.


post signature

No comments :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^