15 June 2015

Summer is Coming

Musim semi sudah lewat nih, sekarang saatnya musim panas. Yang namanya musim panas sudah pasti cuacanya panas terik, dan suhu juga meningkat. Kalau menjemur pakaian di musim panas nih, sebentar aja sudah kering saking panasnya *lebay*. Ada kebiasaan atau tanda-tanda yang bisa dijadikan patokan kalau musim panas sudah datang.



Perubahan suhu
Ketika musim semi, suhu berkisar antara 10-20 derajat celcius, sedangkan di musim panas suhu menjadi 20-30 derajat celcius bahkan kadang-kadang bisa lebih. Musim panas disini seringnya lembab, tanpa angin, jadi sering bikin gerah. Kalau musim semi biasanya masih mandi satu kali sehari, kalau musim panas mandi dua kali sehari rasanya kurang.

Baju musim panas
Semakin panas cuaca, semakin tinggi rok yang digunakan hehehe. Musim panas identik dengan baju tanpa lengan, tipis, rok dan celana pendek. Tapi walaupun begitu mereka tetap memakai stocking bahkan memakai sarung tangan panjang yang khusus untuk musim panas. Kenapa? Karena mereka tahu bahayanya sinar matahari, jadi mereka tetap melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Payung dan topi lebar
Orang Jepang tidak hanya sedia payung sebelum hujan, tapi juga membawa payung ketika panas, karena takut dengan sinar matahari. Dan payung musim panas disini motifnya lucu-lucu. Pengen punya satu sih, tapi harganya mahal hehehe. Kalau tidak memakai payung, biasanya mereka pakai topi yang lebar. Aku pernah bikin topi lebar ini dari rajutan.


Barbekyu
Musim panas saatnya kumpul bareng keluarga sambil barbekyu. Paling enak nih barbekyu di pantai, jadi anak-anak juga suka karena bisa sekalian main pasir dan main air. Tapi tidak semua pantai membolehkan untuk barbekyu, jadi harus tahu dulu peraturannya. Dan hebatnya nih, setelah barbekyu selesai, tempatnya pun kembali bersih seperti semula.

Semangka
Cuaca yang panas enaknya makan yang seger-seger, semangka salah satunya. Di sini semangka hanya ada ketika musim panas, dan dengan harga yang mahal. Tapi rasanya manis banget, jadi tambah enak dimakan ketika panas.


Kangkung
Iya disini kangkung hanya ada ketika musim panas, hiks hiks sedih. Kalo sudah inget kangkung jadi kangen Indonesia, dimana bisa makan kangkung kapan aja. Kalau disini musim panas selalu dinanti karena pengen makan kangkung. Jadi mumpung lagi musim, menu kangkung pasti selalu ada.

Kakigori
Kalau di Indonesia, kakigori ini mungkin disebut es serut. Jadi cuma es batu yang diserut lalu diberi sirup aneka rasa. Ini minuman khas dan hanya ada ketika musim panas. Apalagi kalau ada event seperti matsuri (festival) atau hanabi (kembang api), selalu ada stand yang khusus menjual kakigori, karena ini selalu jadi incaran pengunjung.


Yang dinanti ketika musim panas yaitu liburan musim panas selama satu bulan untuk yang sekolah atau kuliah, dan karena suamiku termasuk masih sekolah jadi ikutan libur panjang dan istrinya bisa jalan-jalan hehehe. Selain itu di musim panas biasanya banyak matsuri dan hanabi, jadi selalu ada tempat yang bisa dituju untuk mengisi liburan.



post signature

36 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. musim panas memang pastinya enak makan semangka dan es ya... :)

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran sama payung musim panas di Jepang tuh kayak gimana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sama aja kayak payung biasanya, cuma motifnya itu lho lucu-lucu, ada renda-renda, bunga-bunga, polkadot, warnanya juga cantik-cantik hehehe mungkin karna yang sering pake payung cewek-cewek kali ya

      Delete
  3. Wah...berarti skrng lg liburan ya mbak... asyiikkk...gk balik ke indo nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sih, liburannya mulai pertengahan juli sampai akhir agustus, tapi kayaknya gak balik ke Indonesia, soalnya tahun kemaren udah hehehe, maklum ngirit :D

      Delete
  4. plus minus juga ya tinggal di negara dgn 4 musim begini, dan kalo nggak salah skrg ini dikarenakan global warming, waktu 4 musim tsb jadi rada kacau..benarkah begitu mbak? karena di Indonesia sendiri yang cmn 2 musim udah gk jelas mana musim hujan mana musim kemarau, karna di Sbya mah mau hujan pun tetep aja panas hahaha *curcol

    btw tulisan Summer'nya itu pake aplikasi apa ya mbak? trims sebelumnyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurutku sih gak terlalu terkena dampak global warming ya, apa aku aja yang gak ngeh hehehe
      kalau musim dingin ya dinginnya kebangetan, kalau musim panas ya panasnya juga kebangetan hehehe
      yang tulisan summer aku pake font At Mahogany Script, bagus ya :)

      Delete
  5. Tingkat kesadaran dan pengetahuan warga jepang akan kesehatan kulit terlihat begitu tinggi. Kalau di Indonesia mah... musim panas/kemarau malah pada buka baju dengan alasan gerah. Kebersihan di situ juga benar-benar di perhatikan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tingkat kesadaran mereka tinggi dan bertanggung jawab

      Delete
  6. Foto esnya bikin ngiler aja :D

    ReplyDelete
  7. seru tuh kayanya kalau liburan di musim panas :)

    ReplyDelete
  8. walaaahhh...kasihannya mba dona, mau makan kangkung aja susah ya mba kudu nunggu musim panas haha...disini tiap hari ada kangkung mba ditukang sayur...paling enak itu oseng kangkung ma ikan peda mba, ugh maknyuuussss *nelen ludah* hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, kalo musim panas langsung deh kangkung jadi menu wajib :D

      Delete
  9. Es krimnya justru ngingetin aku karena sebentar lagi mau puasa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, selama disini juga puasa pas musim panas, jadi kalau berbuka pake ini enak banget deh :D

      Delete
  10. semangkanya kelihatannya enak tuh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangka disini enak-enak lho, dan harganya juga mahal-mahal :D

      Delete
  11. Baru tau nama lain dari es serut.. Hehee..

    Soup buah juga seger, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi disini gak ada sup buah, adanya kocktail, itu pun bikin sendiri :D

      Delete
  12. semangka nya ituh loh yang bikin ane ngiler :D

    ReplyDelete
  13. Salam kenal Kak Dona! :D
    Lah kirain aku malah di Jepang itu nggak ada Kangkung. Haha emang ya yang di Indonesia banyak dan murah, di Jepang susah banget. Kata pamanku, kalau pengen bikin nasi timbel yang dibungkus daun pisang, daun pisangnya aja bisa Rp100.000 per 10 lembar, haha :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harga kangkung aja disini 150 yen per bungkus, sekitar 15.000, dan satu bungkus itu dikit lho, kalo di Indonesia mah 1 iket udah banyak banget :D

      Delete
  14. segernya kebayang makan es disiang gini mantep :)

    ReplyDelete
  15. biasanya kalau musim panas datang, saya memperbanyak mengkonsumsi air putih dan buah-buahan mbak :D

    ReplyDelete
  16. es serutnya bikin mupeng, eeeh

    ReplyDelete
  17. tapi tetap, panasnya indonesia masih menang kan ya daripada di negeri sakura =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku lebih panas di Jepang
      Kalo di Indonesia, walaupun panas terik, masih ada angin semilir
      Kalau di sini, jarang banget ada angin, jadi keringet pasti bercucuran :D

      Delete