08 December 2015

Trip to Kumamoto

Trip to Kumamoto.  Setiap tahun di kampus suamiku ada kegiatan Basu Haiku, atau Bus Hiking, yaitu kegiatan jalan-jalan dengan menggunakan bis. Dua tahun yang lalu aku juga ikut kegiatan ini, mengunjungi pabrik bir Sapporo dan kebun Kaki, pernah aku posting di sini. Untuk tahun ini tujuannya adalah daerah Kumamoto. 

Kumamoto terletak di pulau Kyushu, kalau kota Kitakyushu tempatku tinggal berada di sebelah utara pulau Kyushu, sedangkan Kumamoto terletak di tengah pulau Kyushu. Di Kumamoto ini masih terdapat tram, yaitu kereta listrik dengan rel berada di tengah jalan. Kalau inget tram pasti kebayang San Fransisco di Amerika, ternyata di Jepang juga ada, tapi sayang tidak ada agenda naik tram.

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle



Kami berangkat dari kampus sekitar pukul 8.30 pagi, dengan menggunakan bis. Ya namanya juga Bus Hiking ya pasti naik bis dong ya, hanya 1 bis saja, karena memang dibatasi pesertanya. Untuk ikut kegiatan ini dikenakan biaya 1.000 yen per orang atau sekitar 100 ribu rupiah, sudah termasuk makan dan tiket masuk ke tempat wisata. Ini termasuk murah lho. 

Karena jarak antara Kitakyushu dan Kumamoto lumayan jauh, maka bis melewati jalan tol supaya cepat. Jalan tol di sini hanya satu, dan menghubungkan semua kota-kota yang ada di pulau Kyushu ini, jadi hanya sekali masuk pintu tol dan bayar tol. Kalau mau keluar tol tinggal mencari pintu keluar sesuai daerah tujuan, lebih praktis ya.

Suizenji Park

Tujuan pertama kami yaitu Suizenji Park. Kami sampai di sini sekitar pukul 11.00 siang, jadi perjalanan ke Kumamoto sekitar 2,5 jam, kalau lewat tol. Suizenji Park ini adalah taman dengan desain Japanenese Garden. Ketika baru masuk ke taman langsung berseru 'waaa', tamannya asri banget, dengan danau kecil membuat suasana tambah segar. Pohon-pohon momiji dengan daun-daun yang berubah warna menjadi orange kemerah-merahan menambah cantik pemandangan. Benar-benar menyegarkan mata.

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle


Di danau banyak terdapat ikan dan bebek-bebek yang berenang, bisa dilihat sambil menyeberangi danau melewati jembatan melengkung khas taman-taman Jepang. 

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle

Di taman ini terdapat miniatur gunung Fuji, dengan hamparan rerumputan yang hijau. 

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle

Selain itu juga terdapat duplikat Senbon Torii, yaitu gerbang berwarna merah yang terkenal di Kyoto, walaupun gerbangnya tak sepanjang di Kyoto.

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle

Taman ini tidak begitu luas, 1 jam sudah cukup untuk memutari taman ini. Masih pengen lama menikmati keindahan taman ini, tapi jam 12 sudah waktunya acara makan siang dan langsung lanjut ke tujuan berikutnya.

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle

Di gerbang masuk menuju taman ada kios-kios yang menjual aneka oleh-oleh khas Kumamoto, para wisatawan tidak perlu jauh-jauh mencari cinderamata.

Kumamoto Castle

Castle banyak terdapat di kota-kota di Jepang, dan memang menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi. Kalau di dekat tempatku tinggal ada Kokura Castle. Rata-rata bentuk castle sama semua, terdiri dari beberapa lantai, dengan bentuk yang mengerucut ke atas.

Kita bisa masuk ke dalam castle, dan di dalam berupa museum berisi sejarah Kumamoto. Ada barang-barang yang digunakan oleh kaisar, pemutaran video sejarah, miniatur kota Kumamoto, dan masih banyak lagi. Semua dikemas dengan rapi dan menarik, jadi jangan bayangkan museum yang membosankan. Untuk naik ke lantai atas hanya disediakan tangga, tidak ada lift, jadi perlu perjuangan untuk naik ke puncak. Dari puncak kita bisa melihat pemandangan kota Kumamoto dan sekitar castle.

jalan-jalan ke Kumamoto, Suizenji Park, Kumamoto Castle

Selain bangunan utama, di lingkungan castle ini juga terdapat taman dan bangunan-bangunan lainnya. Berhubung waktu yang disediakan hanya sebentar, jadi belum bisa menjelajah seluruh bagian dari lingkungan castle ini. Jam 15.00 sudah dijadwalkan untuk kembali ke Kitakyushu.

Di dekat castle ada ruangan menyusui dan mengganti popok bayi, jadi tidak perlu kuatir kalau jalan-jalan membawa bayi seperti aku. Tempatnya bersih dan nyaman, aku juga manfaatkan ruangan ini untuk sholat. Selain itu juga ada kios-kios  yang menjual oleh-oleh dan makanan.

Saatnya kembali ke Kitakyushu. Di perjalanan pulang ada acara game bermain Bingo, pasti ada hadiahnya dong. Tapi sayang aku tidak menang. Kemungkinan ini kegiatan Basu Haiku terakhir, semoga ada kesempatan keliling kota-kota di Jepang lagi sebelum pulang ke Indonesia.

Happy travelling ^_^


63 comments :

Silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak mengandung SARA, dan tanpa link hidup
Terima kasih ^_^

  1. Aih bersih tempatnya, cantik viewnya Mba Dona.Damai sekali kelihatannya, seperti di negeri dongeng.

    ReplyDelete
  2. Keren ya, bisa menikmat keindahan ciptaan Allah yang satu ini . Happy traveling

    ReplyDelete
  3. Kalo saya mah, destinasi wisata setelah indonesia adalah Jepang, setelah itu mungkin Tiongkok :D. Soalnya saya suka ke tempat-tempat yang bernuansa oriental gitu :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  4. Duh Masya Allah... indah-indah niaannnnn sihhhh....

    ReplyDelete
  5. wow gerbang merah ini ada duplikatnya jg di sini ya mbak, dan subhanallah awannya cerah bangeeeet. kek marsmellow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebetulan lagi cerah, tapi pas di castle agak mendung sih

      Delete
  6. Kumamoto castle sangat menakjubkan ya mbak, pemandangan lainnya juga sangat indah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, castle tempat wisata yang sering didatengin di sini

      Delete
  7. wahhhhh so beautipull sekalih..aku suka banget karena selain bersih, jepang tu amat ngejaga nilai nilai budaya ya mb dona...ampe tempat wisatanya pun dijaga sedemikian cakep n kayak baru dibangun terus gitu (kesannya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yang datang juga selalu menjaga supaya tetap bersih dan terawat

      Delete
  8. Aih. Jepang itu negara impianku sejak SMP. Semoga suata hari nanti bisa berkunjung :)

    ReplyDelete
  9. kesimpulan saya lihat foto2 di atas cuma 1: ga ada sampah!
    iri euy sama jepang yang disiplin banget :)

    ingat Kyushu jadi terbayang 70 tahun silam, waktu nagasaki dibom atom...
    keren mbak, narasi sama foto2nya apik bener

    ReplyDelete
  10. viewnya cakep mak. jadi makin pengin ke Jepang. semoga ada rezeki bisa ke sana. :)

    ReplyDelete
  11. cantik banget ya, banyak taman kalau di Jepang. Eheeem...puas-puasin ya menikmati pemandangan di Jepang.

    ReplyDelete
  12. Wah.. tempatnya bagus...
    Kapan yaa gue bisa kesana? ehekeekeke..

    btw, mau pulang ke Indonesia kak?
    Di deportasikah?
    Hahaha piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lah ntar gak bisa ke sini lagi dong, eh tapi kalo di deportasi itu biayanya ditanggung ya? *malah dibahas

      Delete
  13. Huahhhh ajak saya kesana mba ajak :(

    ReplyDelete
  14. kelilingnya cmn butuh waktu sebentar... tp mungkin foto2nya yg lama :D
    cantik2 ih...

    ReplyDelete
  15. Masya Allah.. undah sekali mbak :-)
    udah ngetrip sampai kesono sono, ane mah cuma di daerah sendiri :D wkwkwkw

    ReplyDelete
  16. waaaaa mashaAllah indahnya....... keren y luar negeri mbak....

    ReplyDelete
  17. aduhhh mupeng pengen ke Jepang.. uaaaaa
    bersih banget ya..
    semoga aja semua lokasi di Indonesia seperti ini..
    sayang kalau harus rusak karena "sampah"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal masyarakatnya ikut menjaga kebersihan, pasti bisa kok

      Delete
  18. suasana gunungnya sangt indah dan menyejukkan hati

    ReplyDelete
  19. Indah banget tempatnya, Mbak. Rasanya tenang :)

    ReplyDelete
  20. Lihat bebek-bebek dan ikan berenang di danau itu menyenangkan kayaknya Mbak ya, mau dong Mbak travelling ke Jepang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo nabung dari sekarang, siapa tahu bisa honeymoon ke sini nanti ^^

      Delete
    2. Amiiinnn Mbak... :) arigato gocaimad hehehehehehe :)

      Delete
  21. Waaah... Senangnya liat poto2nya.

    Ga bisa ke sana soalnya..
    Hihihiii

    ReplyDelete
  22. Indah banget view-nya, negri sejuta castle ").
    bunga sakura yg bermekaran. itu pohonnya cantik banget, daunnya warna warni.

    terimakasih serasa diajak jalan2 di Jepang. Ijin follow blog-nya ya mba.

    ReplyDelete
  23. Wonderfuuuuulllll... Ngiler.. Ngiler...

    ReplyDelete
  24. Aduuh Jepang tuh musim apapun juga cakep aja yaaa. Soalnya dijaga rapi oleh masyarakatnya. Betaaah liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masyarakat Indonesia juga menjaga tempat wisata juga bisa seindah ini ya

      Delete
  25. subhanallah sungguh indah ciptaan tuhan, kapan bisa pergi kesana ya? :D makasih gan udah kasih infonya, salam kenal :)

    http://www.travelsurabayamalang.net

    ReplyDelete
  26. Duh... Jepang. Tulisannya bikin mupeng aja Mbak, apalagi pengen bangad bisa S2 di negeri yang menjadi salah satu kiblatnya dunia Teknik selain Jerman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tercapai ya mas, di Jepang memang enak buat study

      Delete
  27. Kereeen. Iya ya travelling dgn 1000 Yen murah bgt mba..Fotonya keren, jd mupeng ke sana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 1000 udah termasuk akomodasi, makan, sama tiket masuk tempat wisata
      Murah dan seru
      Mudah-mudahan ada kesempatan lagi ya mbak pipit, aku juga maksudnya >_<

      Delete
  28. sugooooiiiyy...!!! aq suka liat J-Drama sekaligus mengamati view lingkungannya. bersih2, minim sampah, dan hampir gak ada. tapi lihat ini, bener2 keren. jadi pengen banget ke jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggemar J-Drama ya? Aku kalau nonton J-Drama pasti nangis hehehe

      Delete
  29. jd pgn punya pintu ajaib doraemon, lalu menyusul dikau ke situ mbk dona, cakep bgd soalnyaaahhh

    ReplyDelete